Panduan Jalan ke Thailand

Halo selamat datang di artikel Panduan Jalan ke Thailand. Artikel ini akan terdiri dari beberapa page dan akan terus saya perbaharui dan lengkapi seiring waktu.

Atas undangan Pak Indra Nugraha, dari Tourism Authority of Thailand (TAT) Jakarta office, saya berkesempatan mengunjungi Thailand bulan Maret 2010 lalu sekaligus menghadiri perayaan Golden Jubilee TAT. Oleh-oleh dari sana tentu saja coba saya share berupa panduan jalan ke Thailand ini semoga bermanfaat untuk Anda.

Setelah Singapore dan Malaysia, tujuan wisata terdekat untuk orang Indonesia adalah Thailand. Turisme di Thailand mengalami booming sejak beberapa tahun terakhir ini dengan membludaknya turis dari Eropa yang datang. Umumnya kota tujuan yang menjadi favorit adalah Bangkok dan Phuket. Terlebih dari Jakarta terdapat penerbangan langsung AirAsia menuju kedua kota tersebut.

Artikel Panduan Jalan ke Thailand ini tidak ditulis dalam urutan hari (seperti Panduan ke Hong Kong – Macau) namun dalam urutan kota. Jadi Anda tinggal pilih kota tujuan di bawah ini untuk membaca lebih lanjut. Di kemudian hari akan saya lengkapi kota lain yang belum sempat saya kunjungi seperti Pattaya, Chiangmai dll.

1. Panduan Jalan ke Bangkok

2. Panduan Jalan ke Krabi – Phi Phi Islands

3. Panduan Jalan ke Phuket

Merencanakan Perjalanan

Berapa hari yang cukup untuk mengelilingi Thailand? Pertanyaan gampang dengan jawaban sulit, sama seperti bertanya berapa hari untuk ke Bali. Seorang bule dari Swedia yang saya ajak ngobrol dalam bus berkata ia tinggal 5 minggu di Bali dan tahun depan akan kembali lagi karena belum habis dikelilingi. So, setiap orang mempunyai jadwal dan preferensi yang berbeda, jadi tidak ada jawaban yang salah.

Sebagai perkiraan kasar dan minim, Anda memerlukan 2 hari penuh untuk Bangkok, minimal 1 hari untuk Koh Phi Phi, dan 1 hari untuk Phuket. Itu dengan kecepatan penuh jalan terus dan belum memperhitungkan waktu untuk pindah antar kota.

Penerbangan Murah ke Thailand

Budget airlines AirAsia melayani jalur Jakarta-Bangkok dan Jakarta-Phuket setiap hari. Harga tiketnya kalau lagi promo adalah IDR 250,000 satu arah, sedangkan normalnya bisa sekitar IDR 500,000-700,000 di luar long weekend atau peak season.

Untuk kenyamanan lebih, silakan cek juga maskapai Thai untuk rute Jakarta-Bangkok karena bisa saja harganya setara AirAsia untuk periode tertentu. Selain itu Thai juga menawarkan connecting flight ke kota lain di  Thailand seperti Chiang Mai.

Ada alternatif lain jika kedua airlines di atas lagi jual mahal, cobalah Garuda Indonesia (Jakarta-Bangkok), atau dengan Tiger Airways (Jakarta-Singapore-Krabi).

Urutan perjalanan juga perlu Anda rencanakan supaya efisien. Misalkan Jakarta-Bangkok dan pulang melalui Phuket-Jakarta, atau sebaliknya Jakarta-Phuket-Bangkok-Jakarta.

Jika ingin sekalian mengunjungi Phi Phi Island atau pulau sekitarnya, mungkin menjadi flight Jakarta-Bangkok, flight Bangkok-Krabi, Krabi-Phi Phi dengan boat, Phi Phi – Phuket dengan boat, dan flight pulang Phuket-Jakarta. Rute bisa ditukar misalkan  Bangkok-Phuket, lalu baru ke Phi-Phi, dan kembali ke Phuket-Jakarta.

Biaya hidup dan makanan

Biaya hidup di Thailand relatif mirip seperti jika kita ke Malaysia. Mata uang yang dipakai adalah Baht Thailand (THB), mungkin cukup sulit mencari money changer di Jakarta yang punya stok Baht. Jika tidak ketemu jangan khawatir, cukup bawa uang USD/EUR dan ditukar begitu tiba di Bandara sana. Ada beberapa counter bank yang melayani tukar valas. Exchange rate di bandara sama dengan di kota. Ratenya sedikit lebih rendah dibanding ditukar di Indonesia. (1 Baht setara IDR 280-305).

Makanan dengan stempel halal mungkin cukup sulit ditemukan di wilayah utara, namun di Thailand selatan (seperti Phuket dan Phi Phi) yang penduduknya sebagian muslim lebih mudah.

Bahasa yang dipakai adalah Thai, bahasa Inggris tidak umum dipakai. Pengalaman saya, Sopir taksi hingga satpam umumnya tidak bisa bahasa Inggris, jadi kumpulkanlah istilah dan tujuan perjalanan Anda dan minta translate staff hotel ke dalam versi tulisan Thai sebagai pegangan. Untungnya daerah yang banyak turis seperti Phuket, orang-orangnya lumayan bisa mengerti Inggris.

1. Panduan Jalan ke Bangkok
2. Panduan Jalan ke Krabi – Phi Phi Islands
3. Panduan Jalan ke Phuket

Cari Hotel Murah:
  • Pingback: Out of Office: Going to Thailand

  • Pingback: New Travel Series: Thailand

  • Freddy

    MO rencana libur akhir tahun ke Bangkok .
    Sekitar tgl 29 des 12 – 04 Jan 13 .
    Makasih.
    Salam,
    Freddy

  • suzy

    bingung klo mw k bangkok sendiri jd d tunda dl.. pnasaran jg pengen libran ke thailand …

  • refagon

    Dimana tmpat nginap di hotel murah tp bagus
    Tmpat blanja
    Dekat monorail

    • Djonichew

      Ibis siam bangkok hotel

  • herman

    jika ingin menginap ditengah kota bangkok yg dekat dng shopping center dan dekat dng pasar tradional,hotel yang cocok dan bagus apa ?

    • Djoni

      myhotel di Pratunam atau Ibis siam bangkok hotel dekat mbk shopping ctr

  • suta

    Dari dulu pengen jalan-jalan ke thailand belom kesampaian…mudah-mudahan tahun depan…http://balidriverblog.com

  • surabaya_spot

    saya rencana kesana 19 dec ’12.

  • ryan

    malam, saya ingin tanya kira2 untuk sekarang budget yg dibutuhkan ke thailand mengikuti guide saudara berapa yah, untuk keberangkatan des ’13 (peak season)

    • marlene

      up-date donk. plannya uda smpe dimana?
      soalnya sy jg ada rencana mo pergi ke thai di periode yg sm

  • tina

    Saya rencana kesana buln nov,des 2013 ini