Review: Island Pacific Hotel Hong Kong

Last updated on

Pada sebuah kesempatan di Hong Kong, Javamilk tinggal di Island Pacific Hotel HK. Hotel bintang 4 ini terletak di Sai Ying Pun, Western District, tidak jauh dari Sheung Wan - HK Island. Karena lokasinya bukan lokasi turis, hotel ini mengincar segment bisnis sebagai pasar utamanya. Room rate normalnya adalah di atas HKD 1200 per malam, namun saya berhasil dapat harga HKD 701 di malam pertama dan HKD 794 di malam kedua (memang rate hotel HK cukup fluktuatif tergantung hari, weekend, dan event besar).

Hotel bisa jadi merupakan komponen yang paling mahal saat kita travelling di Hong Kong. Dengan modal uang 500 ribu rupiah, mendapatkan hotel berbintang pun sudah sulit karena itu adalah rentang harga hostel di Hong Kong. Jadi siapkan budget di atas 600 ribu jika Anda ingin tinggal di hotel di Hong Kong.

Fasilitas seperti lounge bar dan kolam renang belum sempat saya coba (karena selalu keluyuran seharian), jadi review kali ini hanya pada pelayanan dan guest room.

Datang dari Hong Kong International Airport menggunakan Airport Bus A10 (HKD 48), dengan perjalanan sekitar 30 menit dan turun di Connaught Garden, lalu cukup jalan kaki 20 meter langsung tiba di gedung hotel ini. Doormen menyambut dengan ramah sambil membantu membawakan koper (suatu hal yang cukup langka di Hong Kong). Proses check-in cepat, staffnya professional dan mampu berbahasa Inggris dengan baik.

Kamar

Kamar saya terletak di lantai 20 mempunyai view hybrid yaitu city view (melihat hutan pencakar langit) namun juga masih melihat Victoria Harbour dari samping. Kamar yang kami pesan ini adalah dengan ranjang ukuran double. Kamarnya tidak terlalu besar (namun sudah besar untuk ukuran Hong Kong), bersih dan rapi. Dilengkapi dengan TV LCD (ada channel International seperti AXN, CNN) serta meja kerja yang dilengkapi kabel ethernet untuk Internet cepat (dan gratis pula).

Double Bed

Yang unik di kamar ini adalah tersedianya iPod dock, fasilitas yang baru kali ini saya temui di hotel (di 2011). Walaupun suaranya tidak terlalu bagus, namun untuk keperluan charging iPhone saya tidak perlu kabel khusus lagi.

Charging Dock

Kamar mandi ukurannya agak kecil, namun amenities yang disediakan lengkap. Adanya mini bathtub (istilah temuan saya karena ukurannya tidak sebesar bathtub biasa) menjadi kelengkapan yang cukup istimewa jika ingin berendam.

Pemandangan dari kamar ke Victoria Harbour

Sekelilingnya

Karena Sai Ying Pun adalah daerah residensial, mencari makan di pagi dan siang hari tidaklah sulit. Begitu keluar dari hotel, kita mudah menjumpai kedai makanan. Bahkan tidak jauh terdapat local market yang setiap pagi selalu ramai. Terdapat Circle K di seberang jalan untuk membeli keperluan snack atau softdrink (apakah Anda tahu kita bisa membeli ticket HK Disneyland di Circle K?).

Sedangkan di malam hari suasana sekeliling cukup sepi di saat jam 8 toko-toko sudah tutup, khasnya daerah HK Island. Tentu saja tetap aman saat saya pulang jam 10-11 malam menggunakan tram.

Jangan lewatkan artikel lengkap Panduan Jalan Hemat ke Hongkong dan Macau.

Transportasi

Hotel ini dilalui oleh jalur tram, tepatnya di halte Centre Road. Dengan tiket tram HKD 2 bisa mencapai Sheung Wan (Ferry Terminal, atau koneksi dgn MTR) dalam 5 menit dan Central dalam 15-20 menit. Jika Anda ingin sedikit lebih cepat, juga bisa naik bus arah Timur untuk menuju Central, Causeway Bay, atau ke arah barat ke Kennedy Town.

Pada tahun 2015 jalur operasi MTR Island Line telah diperpanjang hingga Kennedy Town, dan di dekat hotel ini jadinya ada satu stasiun baru bernama Sai Ying Pun, exit B1/B2 berjarak sekitar 300 meter dari hotel.

Summary

Jika Anda bisa mendapatkan harga murah untuk hotel ini, jangan sia-siakan kesempatan tersebut demi kenyamanan tinggal selama di Hong Kong. Hotel ini memberikan pelayanan yang baik menurut saya, petugas yang sopan dan professional. Fasilitas di kamar sepertinya tidak ada yang perlu di-complain. Lokasi hotel ini memang agak di luar jalur turis, namun bukan menjadi hambatan karena pilihan transportasi yang ada.

Island Pacific Hotel
152 Connaught Road West, Hong Kong Island

Transport: Tram, Bus, MRT.