Mobile Drip Coffee

Bagi saya minum kopi adalah rutinitas yang wajib hukumnya di pagi hari. Minimal dan normalnya cukup segelas espresso sudah bisa menghidupi baterai saya sepanjang hari :) Yah saya sudah termasuk addictive terhadap kafein, walaupun dosisnya masih segelas sehari.

Bagaimana jika sedang travelling? Kopi juga harus dikonsumsi setiap pagi. Jika breakfast included dalam room rate, biasa kopi hitam juga umumnya disajikan oleh hotel-hotel. Jika tidak dapat breakfast, dulu saat masih bisa menerima kopi sachet (sekarang sudah diharamkan), seduh air panas di dalam kamar hotel juga bisa dilakukan. Alternatif lain adalah cari kedai kopi di sekitar hotel sekalian ngemil pagi-pagi.

Nah, untungnya beberapa tahun terakhir ini muncullah kemasan kopi tubruk yang include bersama saringannya. Bahasa kerennya sih Mobile Drip Coffee. Harganya tentu lebih mahal dibanding bubuk kopi biasa, namun sudah di-pack per serving beserta filternya. Kemungkinan mahal juga karena ada patent-nya. Praktis dibawa untuk travelling karena tidak makan tempat, cukup bawa pack sesuai jumlah hari travelling ibaratnya drink as you go.. jiahh :)

[

Di Indonesia (Jakarta at least) dijual di supermarket atau hypermarket, yang saya lihat cuma ada 1 merek lokal yaitu Quintos (bukan promosi nih.. cuma kenyataan di Indo). Satu box untuk 4 servings, harga per serving kurang lebih sekitar 7000-8000 Rupiah. Cuma ada 1 variant dari Quintos jadi tidak ada pilihan. Rasanya seperti kebanyakan roasted ground coffee, pahit tetapi tidak asam.

Perjalanan saya terakhir ke Taiwan lupa bawa stok kopi ini, dan ada hotel yang kopinya awful. Terpaksalah pergi ke supermarket untuk mencari stok kopi. Dan ternyata saudara-saudara, mobile drip coffee ini bertebaran: banyak merek dan banyak variant pula. Taiwan yang bukan negara produsen kopi, ternyata mengimport biji kopi lalu diproses dan dikemas untuk dijual untuk konsumsi dalam negri dan ada pula yang di-export.

Harganya tidak terlalu mahal pula, per-serving jika dikonversi hanya sekitar 4000-5000 rupiah! Yang saya beli adalah merek OneFreshCup, punya beberapa variant seperti Dark Roast, French Roast, dan Mandheling Sumatra. Cukup miris melihat fakta kita negara produsen kopi, namun kalau beli kopi kemasan bagus di negar sendiri ibaratnya dengan harga import.

Bagi yang belum pernah coba, cara penyajikannya sama praktisnya seperti kopi sachet. Cukup ambil satu kemasan, dirobek bagian atas, lalu 'telinga'-nya dicantolkan ke bibir gelas. Seduh air panas (yang baru mendidih) ke atas filter ini maka perlahan akan mengalir keluar dari filter ke dasar gelas. Setelah beberapa saat, buang filter ini dan kopi siap diminum. Yang pasti tanpa ampas!

[

[

`

Airbnb
Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama