Tips

Parkir Inap Mobil di Bandara Soekarno-Hatta

  • Last updated on

Membawa mobil dan parkir di bandara kadang menjadi opsi yang layak dipertimbangkan jika kita melakukan short-trip wisata atau bisnis ke luar kota.

Kita bisa membandingkan biaya yang dikeluarkan jika menggunakan jasa angkutan bus DAMRI, tarif/argo taksi, serta jika membawa dan menginapkan mobil. Memakai bus DAMRI jelas paling murah namun bisa jadi memakan waktu paling lama. Taksi satu arah setidaknya di atas Rp 70,000 jika dari wilayah Jakarta Barat, di luar biaya tol. Bagaimana dikomparasi dengan membawa mobil?

Lokasi Parkir Inap Bandara Soekarno-Hatta

Di Soekarno-Hatta Airport, tersedia 2 lokasi parkir inap mobil secara official. Parkir ini relatif aman karena dibuat khusus untuk lahan parkir inap. Yang satu dikelola oleh Angkasa Pura, ini yang sudah ada sejak dulu, dan yang terbaru dikelola oleh Soewarna Business Park.

Jika Anda berencana parkir lebih dari 12 jam, disarankan parkir di lokasi parkir inap, karena tarifnya jauh berbeda dgn parkir mobil penjemput.

Lokasi Parkir Inap milik Angkasa Pura ada 2. Mereka menyebutnya Inap 1 (Timur) dan Inap 2 (Barat), tepat di tengah antara Terminal 1 dan Terminal 2.

Lokasi Inap 1 lebih dekat ke Terminal 1, teorinya bisa nyebrang jalan kaki (tidak disarankan), terletak tepat di sisi kanan jalan saat terjadi percabangan jalan masuk Terminal 1. Bisa juga masuk dari pintu satunya lagi, jika lewat jalan perkantoran Angkasa Pura, tepatnya di seberang kantor Imigrasi Soekarno-Hatta.

Lokasi Parkir Inap 2 (Barat) ada di dekat stasiun kalayang bandara (terkoneksi dengan stasiun kereta bandara), pintu masuknya ada di sisi kanan jalan saat percabangan masuk ke terminal 2.

Tersedia mobil antar jemput (free) ke terminal tujuan kita. Jadi setelah kita memarkirkan mobil, akan diberikan selembar kertas sebagai bukti parkir, serta nomor telepon. Saat kita mau ambil mobil lagi, cukup telepon ke nomor tersebut untuk minta di-pickup. Kelebihan parkir inap milik Angkasa Pura adalah mobil shuttle nya lebih banyak, jadi tidak perlu menunggu lama.

Lokasi Parkir Inap

Lokasi lama yang kecil di terminal 1B sudah tidak ada. Terminal 3 juga tidak ada parkir inap.

Parkir inap kedua dikelola oleh Soewarna Business Park. Letaknya ada di sebelah kiri jalan jika datang dari Jakarta setelah pertigaan Hotel Sheraton Bandara. Perhatikan signage besar Soewarna di sisi kiri jalan, Anda akan melewati SPBU Shell, belok kanan lalu melewati Cengkareng Golf, lokasi parkir inap ada di sisi kanan.

Baca juga: Rute Airport Shuttle Bus Bandara ke Mal dan Hotel Jakarta.

Tarif Parkir Inap Bandara

Berapa biaya parkir inap Angkasa-Pura di bandara CGK ini? Perhitungannya cukup sederhana

  • Blok 4 jam pertama adalah Rp 30,000
  • per jam berikutnya Rp 6,000

Jadi jika Anda parkir 2 hari (mungkin sekitar 44 jam), total bisa kena Rp 270,000 (= Rp 30,000 + 40x6,000).

Sedangkan jika parkir di lokasi yang dikelola Soewarna; Tarifnya per jam Rp 4000, sehari hanya dihitung maksimal Rp 60,000. Misalnya parkir 2 hari, bayarnya Rp 120,000, lebih murah dari parkir resmi Angkasa Pura. Oh ya juga terdapat fasilitas shuttle car dari parkir inap ini ke Terminal 1-2-3, kekurangannya adalah perlu sedikit sabar menunggu shuttle ini (pakai 2 unit Mitsubishi Expander, terakhir sudah pakai mobil Elf).

WARNING: Tarif parkir ada 2 model tergantung lokasi. Jadi pastikan Anda parkir di parkir inap untuk long stay, di mana tarifnya masih sama seperti harga di atas. Jika salah parkir, Anda parkir di tempat regular (untuk penjemput) dikenakan progresif: 10 menit pertama gratis, menit 16 sampai 60 adalah Rp 5000. Jam 2-4 kena Rp 4000/jam, lebih dari itu adalah Rp 10,000 per jam.

Komentar

Artikel Terbaru Lainnya

Baca juga artikel dan tips wisata terbaru.

Tentang Javamilk

Cari artikel lama? Ada di Archives