sky100 Hong Kong Observation Deck

Published on

Naik ke Victoria Peak menggunakan Peak Tram mungkin adalah cara terbaik dan termudah untuk melihat pemandangan Hong Kong dari atas. Nah sekarang ada alternatif lain yang tidak kalah menariknya.

Gedung ICC adalah gedung tertinggi di Hong Kong saat ini, di-claim sebagai commercial building tertinggi nomor 5 di dunia, di bawah Taipei 101 dan Shanghai World Financial Tower. Di sinilah terdapat sky100 (天际) Hong Kong Observation Deck di lantai 100 untuk melihat Hongkong yang berada di sisi Kowloon (menghadap Hong Kong Island).

[

Untuk menuju ke sini cukup mudah. Naik MTR jalur Orange (Tung Chung Line) dan keluar di stasiun Kowloon. Begitu keluar dari gate, ikuti saja papan petunjuk menuju sky100 karena sebenarnya stasiun Kowloon ini kurang lebih di bawah gedung ICC langsung. Beberapa lantai bawah gedung ICC adalah high-end shopping mall, kurang lebih seperti Pacific Place lah tenant-nya.

[

Tiket sky100 bisa dibeli secara online lewat website mereka, atau bisa juga beli on-the-spot. Karena masih baru jadi tempat ini belum begitu ramai dan populer, tapi kalau mau aman baiknya beli ticket secara online saja. Harga tiket sky100 adalah HKD 160 / adult, lebih murah jika beli paket seharga HKD 409 yang mencakup 2 adults + 1 child.

Jika mau menarik, di-recommend datang sekitar jam 5 sore sehingga bisa dapat 2 view, day-view dan night-view.

[

Setelah dapat tiket, tinggal ikuti jalan one-way menuju lift. Ada beberapa yang bisa dilihat di sini sebelum lift, berupa cerita sejarah Hong Kong dan pertumbuhan gedung pencakar langitnya. Lift yang kita pakai tidak kalah menarik, bisa naik ke lantai 100 dalam waktu 60 detik.

[

[

Begitu tiba di lantai 100, maka kita akan difoto untuk souvernir (kalau fotonya mau diambil harus bayar HKD 100, recommended!). Selanjutnya adalah 4 sisi alias 360 derajat full-view of Hong Kong. Tentu saja yang menghadap utara atau Hong Kong Island adalah yang paling menarik.

[

[

Overall, kita bisa menghabiskan waktu sepuasnya di sini. Untuk keperluan planning, mungkin cukup 1 jam lebih untuk objek wisata ini.

Untuk informasi tempat wisata di Hong Kong yang lain, simak juga artikel lengkapnya di Panduan Jalan Hemat ke Hong Kong.

[