Hotel Review: ibis Hong Kong Central and Sheung Wan

Published on

Mencari hotel berbintang di Hong Kong yang murah dan nyaman adalah perkara yang cukup sulit. Untuk budget hotel yang kualitasnya sudah bisa kita bayangkan cobalah ibis Hong Kong Central and Sheung Wan Hotel.

Terletak di sisi Hong Kong Island, tepatnya Jalan 28 Des Voeux Road West, daerah Sheung Wan, tentu membuat kita tinggal di hotel yang centrally located. MTR Sheung Wan Station bisa dicapai dengan jalan kaki santai sekitar 10-15 menit, sedangkan halte tram terlihat dari depan hotel. Menuju ke Central, Causeway Bay, atau Kowloon tidak menjadi masalah karena bisa dicapai kurang dari 30 menit.

[

Seperti ibis Hotel lain di Asia Pacific, kita tidak akan menemukan kejutan berarti. Bentuk/layout ruangan sama (dengan ibis Bencoolen Singapore, ibis Novena, ibis Bangkok, dll), perabot hampir sama, ukuran kamar mandi sama, hingga pelayanan check-in sama.

Yang beda tentu adalah view di luar jendela. Ya, ini adalah Hong Kong, dan ini view dari kamar saya (Kamar yang saya dapat adalah Harbour-view rate, sedikit lebih mahal dari city-view):

[

... Melihat Victoria Harbour sambil tiduran.

Melongok keluar jendela, kita bisa melihat situasi sekitar. Perhatikan ada satu strip putih di jalanan, itu adalah halte tram.

[

[

Perlu diperhatikan kalau lobby hotel tidak di lantai dasar, karena areanya dipakai oleh kedai Starbucks, juga akses ke restaurant lain. Untuk check-in atau receptionist kita harus naik lift ke lantai 5.

Proses check-in pengalaman saya cukup cepat, namun bisa cukup lama jika sedang ramai. Tersedia Free Wifi di lobby juga di kamar, jangan lupa minta dengan staff.

[

Sekeliling hotel ini terdapat mini market untuk belanja keperluan seperti minuman atau snack. Restaurant juga ada beberapa namun tidak sempat saya coba. Yang unik di lokasi ini adalah munculnya bau ginseng dan dried food. Yup nama lain lokasi ini adalah dried seafood street karena banyak toko yang menjual makanan atau herbal kering.

View Larger Map

Seperti yang saya tulis di atas, hotel ini mudah dicapai dengan moda transportasi terutama tram. Naik tram adalah solusi paling mudah dan murah, cuma HKD 2.30. MTR (subway) terdekat ada di Sheung Wan tidak jauh dari Western Market (ujung barat untuk line Biru, akan di extend hingga Kennedy Town sekitar 2015-2016). Kita bisa sambung ke jalur MTR lain di Central atau Admiralty tergantung tujuan. Bahkan Hollywood Street dan Man Mo Temple bisa dicapai dengan jalan kaki sekitar 15-20 menit dari hotel.

Jangan lewatkan artikel tempat wisata menarik Hong Kong dan panduan jalan hematnya di sini.

Overall hotel ini sesuai dengan yang saya expect dari ibis Hotel mana pun: harga bersahabat, kamar bersih dan cukup besar, dan pelayanan baik, tak lupa lokasi strategis.

Rate kamar mulai dari 890 HKD, akan berfluktuatif tergantung season dan demand. Bisa di book dari website Accorhotels langsung, atau dicoba book dengan Agoda mana yang lebih murah.

Jika Anda mengikuti javaMilk update, kadang akan ada promo stay 3 pay 2 atau 40% off. Jadi jangan lupa follow Twitter atau Facebook javaMilk.