5 Tips Terbang Hemat dengan Tiger Mandala Airways

Published on

Menyambung artikel tentang tips terbang hemat dengan Jetstar, kali ini mari kita kupas tips untuk maskapai budget lainnya: Tiger Airways dan Tiger Mandala Airways.

Sebagai latar belakang, Tiger Airways adalah low cost carrier yang beroperasi di Australia dan Asia Tenggara. Untuk rute Asia, dioperasikan dengan kode penerbangan TR dan DG (Philippines), sedangkan Australia menggunakan flight code TT.

Saat Tiger membeli lisensi dan operasional Mandala Airlines beberapa tahun lalu, dibentuklah perusahaan namanya Tiger Mandala, kode RI. Tiger Mandala ini cukup agresif dalam membuka rute baru. Domestik melayani Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Medan, dll. Tapi yang paling penting menurut saya adalah rute Internasional Jakarta-Hong Kong direct, juga ada direct dari Surabaya dan Denpasar Bali.

Rute Jakarta-Kuala Lumpur sepertinya per February 2014 sudah di-cancel alias ditiadakan.

Walaupun sekilas sama, sebenarnya ada beberapa perbedaan secara teknis antara RI dengan TR.

[

Yang pertama paling kelihatan adalah Tiger Mandala RI berangkat dari Terminal 3 Soekarno-Hatta Airport, sedangkan TR berangkat dari Terminal 2. Saya terakhir masih lihat ada penumpang yang lama antri check-in di Terminal 3 dan baru ngeh saat dikasih tahu petugas counter kalau mereka harus menuju Terminal 2, kebayang paniknya.

Nah, kembali ke tips kita. Tiger Airways itu terkenal dengan biaya-biaya silumannya. Namun demikian kadang kita akan dapat harga tiket lebih murah dibanding Jetstar atau AirAsia untuk rute yang sama.

Apa saja tips supaya bisa dapat tiket murah dan terbang hemat dengan Tiger?

1. Early Bird Fare

Untuk harga semurah mungkin, bookinglah jauh-jauh hari, ini berlaku umum untuk semua model budget airlines. Untuk Tiger Airways juga berlaku, tapi jauhnya tidak perlu terlalu jauh (kayak AirAsia yang setahun ke depan). Untuk penerbangan 3-6 minggu ke depan juga kita sudah bisa dapat harga early bird ini.

2. Beli saat Tiger Flash

Berlangganan newsletter dari Tiger, karena kita akan mendapatkan informasi lebih awal tentang adanya Tiger Flash. Setiap hari kamis adalah hari Tiger flash, istilahnya untuk mengisi pesawat yang masih kosong, dan promo ini biasa hanya berlaku 24 jam. Ada yang last-minute (untuk penerbangan besok hingga satu bulan ke depan), ada juga yang untuk penerbangan beberapa bulan mendatang.

Informasi promo juga bisa kita dapat lewat account twitter @tigerairmandala, asal Anda tahan dengan banyaknya retweetnya mimin di sana :) .

Kelebihan beli saat Tiger Flash adalah kadang biaya-biaya siluman ditiadakan atau at-least berkurang. Kadang saya dapat harga yang menggratiskan biaya ATM BCA.

3. Check-in Bagasi Gratis

Untuk penerbangan hari Selasa dan Rabu, hingga 31 Maret 2014, ada promosi gratis biaya bagasi check-in hingga 40kg, untuk semua penerbangan dari Indonesia (Bali, Bandung, Jakarta, Lombok, Medan, Pekanbaru, Surabaya, Yogyakarta) menuju Singapore. Sesuatu banget gak :) ? Jadi kalau waktu bukan masalah, coba pilih penerbangan hari Selasa atau Rabu.

4. Bayar Tanpa Kartu Kredit

Membayar tiket yang kita booking menggunakan kartu kredit, di Tiger akan dikenakan biaya yang lumayan besar. Kita akan dikenakan biaya kartu kredit sebesar Rp 27,000 per orang, per segment, yang dinamakan booking fee. Jadi semakin banyak orang kita, biaya ini semakin besar.

Ada pilihan pembayaran melalui ATM BCA/Mandiri/BNI, juga dikenakan biaya Rp 25,000-54,000 per penumpang untuk RI, dan Rp 56,000 untuk TR per orang per segment. (Kadang biaya ini bisa hilang, mungkin saat promo atau Tiger Flash).

Ada opsi yang tidak kena biaya yaitu pakai Mandiri clickpay. Jadi kalau punya teman atau family yang punya rekening tabungan Bank Mandiri, bisa minta aktifkan clickpay.

5. Menyiasati Biaya-Biaya

Standard Seat Selector RI dikenakan biaya Rp 25,000 (update: sepertinya sudah naik jadi Rp 50,000), sedangkan TR mengenakan SGD 5 atau Rp 50,000. Jika tidak terlalu pusing sama kursi, skip for that.

Biaya bagasi 15kg cukup mahal dikenakan oleh Tiger, yaitu Rp 126,000. Bisa kita siasati dengan beberapa cara. Yang paling umum dan dilakukan orang tentu adalah hanya bawa cabin baggage, dengan allowance hingga 10kg.

Anda perlu sedikit waspada jika cabin baggage ini lebih dari 10kg karena saat kita check-in biasa petugas akan menimbang juga tas hand-carry ini.

Mungkin Anda punya tips lainnya? Silakan isi comment box di bawah.