Onsen Terbaik di Jepang

Klook Kode Kupon 2019

Salah satu highlight yang harus dilakukan saat kita berlibur ke Jepang adalah mencoba onsen-nya. Onsen adalah permandian air panas, yang airnya dihasilkan oleh panas bumi. Jadi biasa onsen terdapat di kawasan kaki gunung, bisa kita jumpai langsung di alam, atau diangkut dalam pipa menuju hotel-hotel di sekitarnya.

Budaya berendam di onsen sudah sejak dulu kala bagi rakyat Jepang, serta negara jajahannya seperti Taiwan, China, maupun Korea. Cukup dengan berendam dalam air yang mempunyai kandungan belerang tinggi bisa membuat kulit semakin halus serta suhu panas sekitar 40 Celsius bisa melancarkan peredaran darah.

Air suci di Hakone Shrine

Di Jepang, kita bisa menikamati onsen di berbagai resort yang ada. Yang paling mudah dari Tokyo adalah di sekitar Gunung Fuji. Biasa ada website yang membuat peringkat onsen berdasarkan sifat airnya, alamiahnya, maupun service di penginapannya.

Menurut saya bukan lokasi atau berapa kandungan sulfur yang membuat sebuah onsen dikategorikan terbaik. Saya berpendapat bahwa onsen terbaik adalah onsen yang bisa saya cebur secara private kapan saja.

Maka kesempatan saya mencoba private onsen didapat dengan mengunjungi Hakone, selatan Gunung Fuji. Dengan menginap di Kisyunso, sebuah ryokan/penginapan kecil, tapi mengizinkan tamunya untuk mem-block onsen untuk pemakaian pribadi. Ada 3 buah onsen di sini, 2 berupa indoor onsen, dan satu lagi adalah open air yang saya recommend.

Outdoor Onsen di Kisyunso Ryokan

Sebelum masuk ke onsen, kita harus ikuti tata tertibnya. Syarat sebelum boleh masuk celup ke onsen adalah kita harus membersihkan badan dulu dengan bilas di shower, kalau perlu pakai sabun, sehingga hanya badan bersih dan tanpa busana yang masuk ke dalam air panas. Umumnya onsen di Jepang memang dipisah antara onsen pria dan wanita, tapi kalau untuk private onsen seperti yang ada di Kisyunso ini, bisa mixed gender.

Outdoor onsen yang saya pakai memang tidak besar, paling bisa muat 3-4 orang sekaligus. Terletak di halaman belakang hotel ini, pas di suasana winter yang dingin, top lah buat berendam bersama istri.

Pertama cebur pasti badan akan berontak ibarat katak masuk ke dalam kuali, puanas poll hingga ke selangkangan :) Tapi setelah beberapa saat, badan sudah terbiasa, lama-lama pasti berasa rileks dan enak.

Sedangkan untuk indoor onsen, banyak tersedia di hotel di Jepang bahkan yang di dalam kota seperti Tokyo dan Osaka, biasa dipompa dari air puluhan meter di bawah perut bumi.

Indoor Onsen di Kisyunso Ryokan

Design indoor onsen biasa memang sederhana, karena esensinya yang penting, berendam mendapatkan sensasi panas, juga bisa sambil sosialisasi bareng teman atau kolega bisnis.

Jadi pastikan jika Anda datang berwisata ke Jepang, jangan lupa menikmati onsen yang ada, tentu saja dengan bugil ria!

Airbnb
Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama