5 Tips Mengamankan Koper

Klook Kode Kupon 2019

Berita akhir-akhir ini tentang petugas porter bandara yang mempunyai pekerjaan sampingan sebagai maling membuat kita yang sering bepergian dengan pesawat menjadi khawatir.

Untuk itu kita perlu memahami apa yang ada di pikiran si 'maling' dan jalan pikirannya. Dari situ baru kita bisa berpikir bagaimana mengamankan barang di dalam koper kita.

Sumber foto

Point utama mengamankan koper kita adalah pakai common sense saja, kalau barang Anda anggap berharga yah gunakan segala cara utk melindunginya. Kurir narkoba saja menelan dan membawa bungkus obat terlarang di perut, masak kita masukin handphone ke dalam bagasi.

Point selanjutnya adalah bagaimana membuat koper kita 'bukan target utama'. Ini mirip seperti menghindari pencurian mobil: yang dipasang kunci stir setidaknya resikonya tidak sebesar mobil yang tidak dipasang kunci stir, karena si 'maling' mau yang bisa cepat aksinya.

Berikut Javamilk rangkum 5 tips untuk mengamankan barang bawaan kita di pesawat.

  1. Jika barang tidak banyak, yah pakai koper kecil saja sehingga bisa masuk kabin alias hand-carry. Selain aman, juga bisa menghemat waktu saat checkin dan saat tiba di bandara tujuan.
  2. Jangan menyimpan barang berharga di koper. Walaupun terdengar sepele, ternyata masih ada yang menyimpan jam tangan Rolex di dalam koper bagasinya. Barang seperti jam dan handphone sebaiknya Anda pakai atau minimal ada di bagasi handcarry sehingga bisa selalu di dalam pengawasan kita dan bisa masuk ke dalam kabin.
  3. Untuk koper bagasi yang mempunyai resleting, pasangkan handle resleting itu ke kunci nomor kombinasi. Hal ini bisa mencegah oknum utk menggunakan trik pakai bolpen, karena begitu resleting terbuka maka tidak bisa menutup lagi tanpa bantuan handle resleting. Tentu si oknum ingin mengembalikan koper ke kondisi 'asal', jadi koper dgn kunci seperti ini bukan menjadi pilihan utama. Trik Bolpen
  4. Jika ada barang yang kita rasa sangat berharga tapi tidak bisa dibawa hand carry, gunakan fasilitas wrapping yang ada di bandara-bandara besar. Wrapping bukan sekedar dengan tali, tetapi dibungkus plastik full seperti mummy. Walaupun tidak menjamin, minimal tas kita bukan target utama karena untuk membongkar wrapping ini perlu cutter dan waktu yang tidak singkat. Baggage Wrapping Service Sumber foto
  5. Konyolnya adalah barang yang tidak kita anggap berharga seperti powerbank dilaporkan menjadi sasaran pencurian juga. Nah barang-barang seperti ini sebaiknya simpan saja di tengah, dihimpit oleh pakaian. Sehingga tangan yang 'merogoh' cuma mendapati pakaian.

At the end,

tidak ada security yang bisa menjamin 100% barang kita aman. Paling cilaka adalah sekoper-kopernya ikut hilang (walaupun kemungkinan lebih kecil).

Airbnb
Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama