Cara Mendapatkan Istanbul City Tour Gratis

Published on

Turki adalah salah satu negara yang pariwisata-nya sedang berkembang pesat, terlepas dari terjadinya insiden sepanjang 2016 lalu. Kota utama turisme adalah Istanbul, kota yang di-claim terletak di benua Asia dan Eropa sekaligus, kota yang dibelah oleh Selat Bosphorus.

Untuk Anda yang ingin menikmati jalan-jalan di kota Istanbul, memang disarankan untuk tinggal setidaknya beberapa hari, terlebih jika ingin lanjut ke Cappadocia. Tapi kalau ingin coba mendapatkan highlight saja, kita bisa dapatkan dengan ikut Istanbul City Tour, gratis!

Cara Mendapatkan Istanbul City Tour

Turkish Airlines (TK) mempunyai program Istanbul city tour gratis yang bisa kita ikuti saat kita melakukan transit pesawat di Istanbul Atatürk Airport. Syarat utamanya tentu harus naik pesawatnya Turkish ke destinasi manapun dan punya waktu transit minimal 6 jam.

Jangan lupa Anda perlu mengurus visa Turki untuk bisa jalan di Istanbul. Bisa di-apply secara online atau via kedutaan.

Buka website TourIstanbul, lihat jadwal tour yang ada. Ada beberapa jadwal tour tiap harinya yang bisa kita pilih tergantung schedule transit kita, ada yang hanya 3 jam dan yang paling panjang adalah 9 jam. Catat jam yang tersedia, plus waktu 30 menit sebelumnya. Jadi kalau mau ikut tour jam 9 pagi, harus sudah mendarat di Istanbul setidaknya jam 8 pagi, utk clear immigration.

Berikutnya saat booking tiket di website Turkish, pilihlah yg transit time-nya di Istanbul lebih dari 3 jam, bisa saat rute pergi atau rute pulang. Perhatikan screenshot contoh booking Jakarta-Paris berikut.

Normalnya kita akan pilih waktu transit sesingkat-singkatnya (supaya cepat tiba di tujuan), tapi karena Turkish Airlines punya begitu banyak jadwal dari Istanbul, kita bisa pilih yang transitnya lebih dari 12 jam (baris paling bawah). Nah transit lama ini eligible utk ikut tour Istanbul gratis.

Kita tidak bisa booking online untuk city tour, jadi sifatnya first come first serve saat tiba di counter pendaftaran city tour. Tapi tenang kok, tidak akan kehabisan, bahkan jika cuma ada 1 peserta yang daftar tour tetap jalan.

Saya ceritakan pengalaman saya untuk transit di hari Senin (tiba jam 4 pagi dan next flight jam 6 sore), saya ambil city tour jam 9.00 - 15.00. Karena saya mendarat jam 4-5 pagi, jadi masih kepagian, saya tidur2an dulu di area ambil bagasi (karena lebih sepi) hingga sekitar jam 7 pagi baru keluar ke Arrival Hall.

Saat Tiba di Istabul

Nantinya saat mendarat di Istanbul Airport, keluar imigrasi (ingat Anda harus punya Turki Visa), begitu di arrival hall, belok ke kanan sampai ke ujung akan terlihat kedai Starbucks. Sebelum kedai kopi ini akan ada counter TourIstanbul. Serahkan passport dan boarding pass Anda, nanti akan disuruh tunggu panggilan. Anda bisa duduk atau tiduran di Starbucks (tentu harus beli segelas kopi ya).

Counter Pendaftaran City Tour Turkish Airlines

Nantinya daftar peserta tour akan dipanggil sekitar 5 menit sebelum jadwal tour. Lalu kita akan diperkenalkan dengan tour leader, sekaligus dibawa ke tour bus yang sudah menunggu.

Istanbul Highlight

Sepertinya layaknya tour biasa, di dalam perjalanan bus ke kota (sekitar 40 menit-1 jam) kita akan diperkenalkan dengan beberapa informasi tentang Turki, sejarah negara dan kota Istanbul.

Lalu tergantung jadwal tour, untuk yang mulai tour jam 8-9 akan mendapatkan breakfast along the way. Disajikan beberapa jenis keju turki, yang semuanya enak2.

Ingat tour ini GRATIS, jadi makan pagi dan siang (kalau ada) sudah include dalam paket TOUR GRATIS ini, dan kita tidak perlu kasih tips. Jadi sebenarnya tidak perlu tukar uang Turkish Lira sama sekali.

Breakfast

Setelah breakfast, mulailah perjalanan (walking tour) di area old city center. Jadwal tour saya adalah mengunjungi Serpentine Column, Blue Mosque, Topkapi Palace, melewati Haggia Sofia museum, dan ditutup dengan lunch di restoran dalam Topkapi Palace.

Blue Mosque

Semua peserta termasuk yang non-muslim juga boleh masuk ke dalam Masjid Sultan Ahmed (yang dikenal oleh turis sebagai Blue Mosque). Turki adalah negara yang sekuler walaupun mayoritas penduduknya beragama Islam.

Tidak jauh dari Blue Mosque, dalam perjalanan ke Topkapi Palace, kita akan melewati Aya Sofia, dulunya adalah gereja, di-convert jadi mesjid, dan sekarang adalah museum. Kita tidak masuk ke museum ini karena jadwal tour hari senin adalah masuk ke Topkapi Palace.

Aya Sofia

Istana ini sangat luas, kita akan melalu beberapa penjagaan security untuk bisa sampai inner court. Di dalamnya selain areal taman, juga terdapat bangunan yang berisi relique dan peninggalan dari Nabi Muhammad SAW.

Topkapi Palace

Pada akhir tour, lunch disajikan di restoran yang menghadap ke Selat Bosphorus yang indah ini. Lunch kali ini adalah daging kebab turki yang lezat. Bisa saya bilang makanan-nya cocok dan enak di lidah.

Terakhir sebelum dibawa kembali ke bandara Atatürk, foto dulu dong di sini, dengan latar belakang Selat Bosphorus dan Jembatan Bosphorus nun jauh di belakang sana.

Foto dengan latar Selat Bosporus