Mengurus Visa Turki Secara Online

Published on

Hagia Sophia

Turki (Turkey) adalah salah satu negara yang pariwisatanya berkembang pesat dalam 5 tahun terakhir ini. Digabung dengan maskapai Turkish Airlines yang juga banyak mendatangkan penumpang transit, tentu Istanbul bisa menjadi titik masuk yang menarik untuk menjelajah negara Turki. Biasanya orang kalau mengunjungi 2 tempat di Turki: Istanbul dan Capadoccia.

Bagi WNI pemegang paspor Indonesia, kita harus apply visa untuk bisa masuk ke negara Turki. Ada 2 cara mendapatkan visa: melalui program Visa On Arrival (VOA) atau apply via Internet (online). Tarifnya berbeda untuk kedua cara ini walaupun hasilnya sama, Anda akan dapat akses single entry dan berlaku 30 hari stay. Untuk VOA kita bayar saat tiba di Bandara Ataturk di Istabul, sebesar USD 35 atau 27 Euro (as per 2016), sedangkan apply online via Internet dikenakan biaya USD 25 dan harus membayar menggunakan kartu kredit (plus beberapa dollar utk fee kartu kredit).

Saya sarankan apply via online dengan pertimbangan biaya dan tidak repot. Kekurangannya adalah kita harus set tanggal masuk, jadi jika ada perubahan rencana terbang bisa jadi visa yg sudah kita dapat ini tidak berlaku. Anda bisa apply visa online seminggu bahkan hingga 48 jam sebelum masuk negara Turki.

Jadi kali ini saya jelaskan bagaimana cara apply visa Turki secara online, mudah kok. Secara umum dibagi 3 step, kita mengisi formulir secara online, lalu lakukan pembayaran dengan memasukkan data kartu kredit, dan terakhir dokumen visa (PDF) siap di-download dan di-print.

Pertama, kunjungi website Turkey EVisa, lalu klik New Application. Kita akan diminta untuk memasukkan data negara dan jenis passport kita (pilih Ordinary Passport). Di layar berikutnya adalah memasukkan rencana tanggal kita tiba di Turkey. Walaupun tidak harus sesuai dengan tiket pesawat, tapi sebaiknya saya sarankan Anda isi tanggal yang pas. Visa yang dikeluarkan berlaku 6 bulan dari tanggal masuk yang kita tulis di sini, jadi kalau pun kita mundurin jadwal kedatangan masih aman.

Di langkah ketiga, kita harus memasukkan data pribadi seperti nomor passport, tanggal berlaku, tanggal lahir dan sebagainya.

Jika kita apply beberapa orang dalam keluarga, sekalian bisa diisi dengan klik tombol Add a New Person. Maximum 10 orang sekaligus bisa apply dalam proses ini.

Langkah berikut sistem akan mengirim email verifikasi. Jadi buka Inbox Anda, cari email tersebut dan klik tombol Approve. Next nya adalah mengisi form pembayaran dengan data kartu kredit kita.

Jika semua sudah sukses, tinggal tunggu informasi di Inbox email kita. Paling sekitar 1-2 menit kita akan dapat email yang berisi link untuk download dokumen e-visa yang sudah di-approve.

Ingat! Anda harus print dokumen PDF ini (tidak boleh hanya softcopy di handphone) dan ditunjukkan ke petugas imigrasi saat tiba di Turki.