Visa

Persyaratan Visa China Update 2023

  • Published on
Klook.com

Xiamen Airlines

Salah satu visa yang paling mudah diurus sendiri adalah China Visa untuk berkunjung ke negara RRC. Menurut saya, Anda tidak perlu mengurus lewat agent untuk visa ini, kecuali Anda memang mempunyai masalah keterbatasan dgn waktu.

Proses pengurusan Visa sekarang dilayani oleh agent yang namanya CVASC, China Visa Application Service Center, terletak di gedung The East, Lantai 8, Mega Kuningan Jakarta. CVASC ini bekerja mirip seperti VFS Global, agent yang mengurus visa untuk Eropa, Inggris, Kanada, dll. Jadi kita tidak bisa lagi langsung mendatangi kedutaan untuk apply China Visa.

Untuk Anda yang tiba di artikel ini karena mencari Transit Visa atau cara mendapat bebas Visa, scroll ke bawah.

Dokumen Yang Diperlukan Untuk Visa China

Sebelum datang ke Visa Center, Anda harus menyiapkan sejumlah dokumen. Tenang kok, tidak terlalu banyak. Untuk lebih detil bisa juga dilihat di website resmi CVASC yaitu VisaForChina.

  • Passport Asli dan Fotokopi
  • Jika Anda pernah punya Visa China di passport sebelumnya, pasport itu juga harus di-copy halaman depan dan halaman Visa China dan dibawa.
  • Visa Form yang sudah isi online dan di print.
  • Pas photo ukuran 33mm x 48mm. Anda juga perlu file digital JPG 420px x 560px utk proses upload.
  • Copy KTP, KK, Akte Nikah.
  • Untuk anak-anak perlu akte lahir.
  • Copy tiket pesawat dan booking hotel

Syarat yg kadang berlaku saat pengetatan imigrasi: untuk passport baru (yang kosong blm pernah dipakai), harus menyertakan passpor sebelumnya. Ini biasa saat ada event besar: APEC, G20, acara olahraga, dll.

Visa bisa diurus 3 bulan sebelumnya, dan disarankan minimal 1 bulan sebelum keberangkatan.

Membuat Appointment

Mulai Agustus 2020 diwajibkan untuk membuat online appointment sehingga kita mendapat kepastikan slot waktu. Lakukan appointment di website di atas, lalu print bukti appointment tersebut.

Jika Anda tidak bisa datang sendiri, bisa juga diwakilkan oleh orang lain, tanpa perlu membuat surat kuasa. Orang tersebut (teman/keluarga) bisa memasukkan dokumen on behalf of Anda.

Biaya Visa

Sejak dipegang oleh CVASC ini, biaya mengurus Visa China menjadi membengkak :( Kita harus bayar 2 komponen: biaya Visa sebesar IDR 500,000/single entry atau IDR 1,000,000/multi-entry 6bln, plus CVASC Service Fee sebesar IDR 336,000. Jadi total biaya yang harus dibayar adalah IDR 836,000 per passport untuk single entry. Biaya ini dibayar terakhir saat pengambilan passport.

Lama Proses Visa China

Berdasarkan pengalaman, dalam 5 hari kerja setelah kita memasukkan dokumen, Visa sudah selesai dan kita bisa ambil kembali passport. Normalnya 99% aplikasi akan di-approve jika dokumen lengkap, tidak ada unsur magis ala Visa USA.

Cara Mendapatkan Bebas Visa

Untuk beberapa kasus, kita bisa masuk ke China tanpa perlu visa. Ini bukan Visa on Arrival (VOA) ala Shenzhen ya.

  1. Bebas Visa bagi kita yang naik pesawat yang perlu transit di bandara di kota2 China seperti Shanghai, Beijing, Xiamen, Fuzhou dan Guangzhou. Visa Transit ini diberikan 24 jam.

  2. Bebas Visa bagi passport ASEAN jika penerbangan kita via International Airport (HKG/SIN/KUL/TPE/BKK) ke Guilin Liangjiang Airpot (KWL), masuk dan keluar, dan ikut program tour yang authorized. Bebas visa berlaku 144 jam (6 hari) dan hanya berlaku di area Guilin/Yangshuo, jadi tidak bisa ke daerah lain.

  3. Bebas Visa ke Hainan, hanya penerbangan khusus yang diselenggaran tour agency yang ditunjuk.

Contohnya di artikel saya transit di Xiamen, menggunakan Xiamen Airlines. Transit ini (kurang dari 24jam) tidak perlu apply visa.

Komentar

Artikel Terbaru Lainnya

Baca juga artikel dan tips wisata terbaru.

Tentang Javamilk

Cari artikel lama? Ada di Archives