News

Alternatif Kartu Suica dan Pasmo di Jepang

  • Last updated on

Mulai 2 Agustus 2023 lalu penjualan kartu transportasi Pasmo dan Suica dihentikan untuk sementara waktu di Jepang, (link announcement).

Alasan utamanya adalah masalah produksi/supply chip yang dipasang di dalam kartu ini mengalami keterbatasan sejak pandemi. Juga bayangkan turis wisata ke Jepang sebanyak 20+ juta orang setahun dan misalnya 30% saja membawa pulang kartu itu alias tidak dikembalikan / refund.

Nah sejak 2 Agustus ini, bagi Anda yang mendarat di bandara Tokyo (Haneda atau Narita Airport) yang biasanya perlu beli kartu transportasi untuk naik kereta harus mencari alternatif kartu lain.

Apa saja alternatif pengganti Suica dan Pasmo? Ini dia.

Welcome Suica Card dan Pasmo Passport

Welcome Suica dan Pasmo Passport

Ini adalah kartu yang disarankan oleh biro turisme Jepang. Anda (sebagai turis) disarankan membeli kartu khusus untuk turis: Welcome Suica (milik JR East) atau Pasmo Passport (milik konsorsium kereta metro). Design kartu-nya lebih menarik daripada Suica dan Pasmo biasa, makanya diarahkan untuk jadi souvernir turis.

Kartunya dibeli dengan harga 2000 Yen, dimana isinya adalah ¥1,500. Tetapi biaya kartu 500 yen lagi dihapuskan untuk sementara ini.

Kartu Welcome Suica bisa dibeli di lokasi berikut:

  • JR East Travel Service Centers at Narita Airport Station (T1 T2 T3) atau Haneda Airport Terminal 2-3 Station,
  • Welcome Suica vending machines at Narita Airport Station (T1 T2 T3) atau Haneda Airport Terminal 2-3 Station

Kartu Pasmo Passport bisa dibeli di lokasi berikut:

  • Haneda Airport Station (Keikyu Line) dan Keikyu Tourist Office
  • Narita Airport Station (Skyliner dan Keisei Office)
  • Tokyo Metro Station yang besar (Ueno, Ikeburo, Ginza,dll)

Kartu ini hampir persis seperti Suica atau Pasmo biasa, tapi ada dua kelemahannya: sisa saldo tidak bisa di-refund dan masa berlaku hanya 28 hari.

Jadi begitu Anda ingin pulang ke tanah air, harus menghabiskan isi kartu ini, naik kereta sampai habis dan jika ada sisa: belanja dan bayar pakai kartu ini di minimart seperti 7-Eleven.

Suica Named Card

Ini tergolong sedikit hack. Kartu Suica yang dibeli di mesin biasanya adalah yang tanpa nama (un-named). Nah ternyata yang diberi nama malah masih dijual! Jadi jika Anda menemukan mesin Suica, coba pilih beli kartu Suica Named Card. Tinggal ketik nama Anda saat beli kartu, viola kartu Suica menjadi milik Anda.

Sedangkan untuk mesin kartu Pasmo, named card tidak dijual lagi.

Pasmo Card

Suica Card di iPhone

Jika Anda memiliki iPhone dengan kemampuan NFC (iphone 11 ke atas), bisa install aplikasi Suica lalu memasukkan sejumlah uang ke dalam wallet ini. Tiap kali melewati gate di stasion tinggal tap menggunakan iPhone.

Kalau saya sih tetap pecinta kartu fisik untuk transportasi, just in case baterai hampir habis kan repot.

Tokyo Subway Pass

Subway Pass

Kartu Pass ini kalau Anda pakai bikin biaya transport jadi irit banget. Pass 3 hari bayarnya cuma 1500 Yen, bisa naik metro Tokyo sepuasnya selama 72 jam.

Kekurangannya pass ini hanya bisa dipakai untuk naik jaringan kereta metro/subway. Untuk rute commuter atau private line tidak bisa. Tetapi jika Anda plan dengan baik, mestinya semua rute ke tempat wisata di dalam kota Tokyo bisa pakai kartu ini.

Jika Anda ingin tahu lebih detil cara pakai kartu ini, silakan baca artikel saya khusus Tokyo subway pass di sini.

Bawa kartu Suica/Pasmo lama Anda

Sebenarnya Kartu Pasmo dan Suica tetap bisa dipakai, hanya beli baru yang ditiadakan sementara. Makanya bagi penduduk Tokyo berita ini biasa saja karena mereka pasti sudah punya.

Kartu Suica atau Pasmo umurnya adalah 10 tahun. Jika Anda pernah bawa pulang saat ke Jepang dulu, mestinya masih berlaku. Tinggal bawa lagi dan isi saldo untuk pemakaian selanjutnya.

Kartu Regional lain masih dijual

Untuk saat ini yang terdampak hanya IC Card yang dikeluarkan di region Tokyo (turis yang mendarat di Haneda atau Narita Airport). Untuk Anda yang mendarat pertama kali di Osaka Kansai Airport, tetap dapat membeli IC Card setempat yang namanya ICOCA, yang juga fungsinya sama dan dapat dipakai di Tokyo.

Perlu dicatat setiap kartu regional ini, jika anda ingin minta refund, hanya bisa di kantor region masing-masing. Jadi ICOCA hanya bisa dikembalikan di Kansai Region.

Tidak perlu khawatir sebenarnya karena IC Card ini umurnya panjang hingga 10 tahun, masak gak kembali ke Jepang lagi, ye kan?

Summary

Nah, setidaknya untuk tahun 2023 kondisinya akan tetap seperti ini. Mudah-mudahan supply chip dapat segera normal, atau ada kartu pengganti dengan opsi lebih baik.

Jika Anda tahu alternatif lain, silakan info di kolom comment bawah ya!

Komentar

Artikel Terbaru Lainnya

Baca juga artikel dan tips wisata terbaru.

Tentang Javamilk

Cari artikel lama? Ada di Archives