Tips Mengunjungi Hong Kong Disneyland

Published on

Mengunjungi Disneyland seperti bersiap mengeluarkan uang yang banyak untuk mendapat pengalaman yang tak terlupakan. Tapi bukan berarti kita tidak bisa berhemat di sini. Kali ini Javamilk memberikan tips untuk berhemat baik uang maupun waktu saat Anda main di Disneyland Hongkong.

1. Hemat Waktu dan Uang dengan Beli Online

Jika sudah punya tiket, kita bisa langsung masuk ke taman tanpa perlu antri lagi beli tiket on-the-spot. Tiket bisa dibeli online di website resmi, travel agent, 7-Eleven di Hongkong, dan Klook.

Membeli lewat travel agent mungkin memang lebih convenient (atau murah) bagi beberapa orang, tapi website resmi Disneyland Hong Kong kadang memberikan penawaran menarik. Misalnya untuk 2017 ini, jika kita beli online tiket 1-day seharga HKD 589, akan mendapat voucher meal yang bisa kita pakai untuk makan siang (harga typical lunch adalah HKD 110 per orang).

Atau tambah sedikit kita bisa mendapat ticket 2-day visit (HKD 629), tapi ini tidak mendapat voucher makan. Jadi hanya nambah kurang dari 100rb rupiah kita dapat mengunjungi Hongkong Disneyland 2 kali dalam periode 7 hari.

Bagi kebanyakan orang, 1 hari sudah cukup (dapat main 80-90% wahana), tapi jika Anda berencana menikmati semua wahana dan melakukan photo spot bersama tokoh Disney, pertimbangkan beli 2-day visit ticket.

2. Hindari Weekend dan Hari Libur

Datang saat weekday (Senin-Kamis) dan Anda akan menikmati Disneyland Hongkong yang relatif tidak crowded. Ya, semua sudah tahu tapi kadang tetap ngotot mau datang. Ada juga periode Golden Week untuk turis dari China Mainland libur, yaitu sekitar 1 Oktober dan libur Imlek. Anda bisa cek di blackout calendar Disneyland ini.

3. Ambil FastPass

Wahana seperti Winnie the Pooh, Iron Man Experience, Hyperspace Mountain, adalah beberapa wahana yang antriannya perlu minimal 30 menit. Anda bisa menghemat waktu antrian dengan mengambil FastPass begitu masuk ke Disneyland. FastPass ini ibarat reservasi waktu. Caranya adalah dengan mendatangi wahana yang bersangkutan, cari mesin FastPass, scan ticket Disneyland Anda, nanti akan keluar tiket FastPass yang tertulis jam Anda bisa kembali ke wahana tersebut melalui jalur antrian FastPass (biasa hanya 5 menit).

Tiket FastPass

4. Brunch dulu

Untuk yang perutnya kuat, Anda bisa makan ala brunch (9-10am) dulu sebelum masuk ke Disneyland. Dim Sum di Tim Ho Wan mungkin? Jadi nanti Anda bisa skip lunch, dan makan di dalam Disneyland sekitar jam 3-4 sore, dan makan malam jam 10pm di One Dim Sum (一点心, MTR Prince Edward, buka sampai tengah malam). (ini hanya suggestion yah hehehe).

5. Beli 3-in-1 Combo Meal

Biasa orang akan main dari jam taman buka hingga jam 9 malam saat ada event Disneyland Firework. Tentu jika Anda bisa 'menyelundupkan' makanan atau ikut metode Bruch di atas, bisa jadi solusi hemat. Tapi kalau datang bersama keluarga (kids), urusan makan mungkin lebih rumit. Satu lunch meal combo rata-rata adalah HKD 100-120, porsi nasi sih lumayan besar.

Nah, pertimbangkan beli 3-in-1 meal voucher di City Hall (sebelah kiri begitu masuk Disneyland Park) seharga HKD 235. Dengan kupon ini kita bisa mendapat 1 lunch meal, 1 dinner meal, 1 popcorn (ini enak banget!) atau 1 ice cream (biasa untuk foto instagram), serta potongan HKD 5 untuk beli minum soda. Secara hitungan ibaratnya Anda mendapatkan gratis popcorn (harga sekitar HKD 35).

3-in-1 Meal Voucher

6. Bawa botol kosong

Water fountain tersedia hampir di tiap bagian theme park ini, jadi Anda tidak perlu beli air mineral atau air soda botol yang harganya fantastis. Satu botol air dijual HKD 20 ke atas!

7. Bawa Stoller sendiri

Buat yang bawa anak yang masih perlu gendong-gendong, sewa stroller di sini bisa mahal banget, jadi pertimbangkan bawa stroller sendiri. Cukup pastikan Anda menulis nama, stroller bisa ditinggal saat kita masuk ke wahana permainan.

8. Disney PhotoPass

Bagi kebanyakan orang, membeli foto jepretan photographer Disneyland memang terhitung mahal. Tapi banyak kasus foto mereka lebih bagus dari jepretan kamera SLR atau handphone Anda, tempting untuk beli.

Motode baru saat kita melakukan photo bersama tokoh seperti Mickey, Pooh, dkk, sekarang kita diberi 1 kartu PhotoPass dengan QR code (dulu berlembar2 kertas bernomor). Setiap kali mau foto, tinggal tunjukkan kartu PhotoPass ke fotographer ini supaya semua foto kita terkumpul jadi satu. Install app Disneyland PhotoPass di iPhone atau Android, scan QR code tersebut dan kita bisa langsung lihat preview foto kita!

Nah, 1 foto digital yang ingin kita download harganya HKD 68, tapi jika beli Disney PhotoPass+ bisa download unlimited adalah HKD 398. Terlihat mahal, tapi kalau Anda datang sekeluarga 5-8 orang, ongkosnya bisa dibagi menjadi irit kan :)

PhotoPass App

9. Cek Ramalan, bawa payung atau jas hujan

Jika apes datang tanpa lihat ramalan cuaca, Anda akan berakhir dengan membeli jas hujan dengan logo Disneyland yang mahal. Harga jas hujan di supermarket Wellcome adalah HKD 10, di 7-Eleven dijual HKD 25, jadi di Disneyland adalah ... (isi sendiri).

10. Upgrade ke Annual Pass

Walaupun terdengar bukan cara berhemat, jika Anda berencana mengunjungi Disneyland Hong Kong setidaknya 3x dalam setahun, maka belilah Annual Pass (dikenal dengan Magic Access). Coba hitung: harga 1 day visit adalah HKD 589, 2-day visit HKD 629, dan Annual Pass tipe Silver adalah HKD 1178. Tipe Silver ini adalah yang paling murah, unlimited visit setahun asalkan datangnya weekday (Senin-Jumat).

Baca juga artikel Jalan Hemat ke Hongkong dan Macau.