AirAsia Indonesia Tutup Rute Ke Macau

Published on

Penerbangan QZ-650, satu-satunya penerbangan direct AirAsia Indonesia ke Macau yang biasa dipakai sebagai rute termurah traveler Indonesia menuju Macau dan Hong Kong, akan menghentikan penerbangan ini di tahun 2018. Penerbangan terakhir yang terlihat di website AirAsia adalah tanggal 15 Januari 2018.

Umur penerbangan yang singkat, karena baru inaugurasi penerbangan di bulan Agustus 2017. Cuma sanggup bertahan 4-5 bulan berarti rute ini tergolong sepi, atau revenue nya tidak seperti yang diharapkan. Walaupun saya tidak pernah ikut penerbangan ini, tapi pernah beli tiket buat orang tua saya. Tiket pp Jakarta-Macau direct ini berhasil saya dapatkan dengan harga sekitar 500rb, plus bagasi jadi 1jt. Sangat disayangkan kita tidak punya kesempatan terbang murah lagi.

Bagi calon penumpang yang mendapat email atau sms flight cancellation dari AirAsia, Anda bisa menghubungi call centre AirAsia untuk melakukan rerouting penerbangan (via Kuala Lumpur), atau minta refund dalam bentuk credit shell. Jika ingin menghubugi AirAsia jangan pakai telepon (bisa 30 menit-1 jam onhold), juga jangan tunggu di web chat, kadang wait time bisa 1-2 jam. Paling cepat saran saya adalah lewat Twitter. Pertama Anda follow dulu @AirAsiaSupport, lalu mention problem Anda di timeline mereka dan pakai DM (Direct Message) untuk memberikan detil penerbangan (kode booking dan nama penumpang adalah hal rahasia yang tidak boleh di-publish di timeline). Pengalaman saya mention kita akan ditanggapi kurang dari 10-15 menit.

Happy Travelling!