Tempat Wisata di Balikpapan yang Keren dan Seru, Liburan ke Sini Yuk!

Sebagai kota terbesar di Kalimantan Timur, nama Balikpapan lebih dikenal masyarakat luas daripada Samarinda yang merupakan Ibukota Provinsi ini. Banyaknya perusahaan tambang membuat Balikpapan tak pernah sepi, dan perkembangannya pun amat pesat. Kota ini adalah salah satu barometer ekonomi di Indonesia, dan menjadi salah satu kota terbesar di negeri ini.

Tak hanya punya banyak tambang, Balikpapan juga memiliki tempat-tempat wisata yang menarik. Kalau kamu sedang berkunjung ke kota ini, nggak ada salahnya buat mampir menikmati liburan seru di sini. Sebelum cari tiket pesawat, penginapan atau sewa mobil di Balikpapan, Kalimantan Timur, cek dulu yuk mana saja tempat wisata yang bisa kamu kunjungi.

Hutan Mangrove Margomulyo

Hutan Mangrove Margomulyo, foto:@yosden26

Udara Balikpapan memang panas, karena lokasinya tepat di tepi laut. Tetapi bukan berarti kota ini nggak punya tempat sejuk buat liburan loh.

Coba deh jelajahi Hutan Mangrove Margomulyo yang berada di Jl. AMD Gunung Empat, Balikpapan Barat. Hutan bakau ini sangat rindang, dengan jembatan-jembatan kayu nan eksotis. Cocok untuk kabur dari siang yang terik di kota ini.

Pantai Kemala

Pantai Kemala, foto:@plesir_jalanjalan

Santai di tepi pantai dengan pasirnya yang putih bersih, main aja ke Pantai Kemala. Di sini, kamu bisa main air laut yang ombaknya cukup tenang, jadi bisa berenang sampai puas.

Menikmati sinar matahari terbenam alias sunset sambil menyantap makanan di warung dan cafe yang bertebaran di tepi pantai pun bisa jadi kegiatan yang seru di sini.

Danau Cermin Lamaru

Danau Cermin, foto:@nisahoo

Saking jernihnya air di danau ini, sampai-sampai kamu bisa melihat bagian dasarnya dengan jelas. Itulah mengapa tempat ini dinamakan Danau Cermin.

Lokasinya berada di Desa Lamaru, di tengah hutan yang dulunya cukup sulit dituju. Tapi sekarang akses ke sini sudah mudah, pastikan saja ke sana sebelum gelap ya.

Pantai Melawai

Pantai Melawai, foto:@adhikabayu

Bicara soal sunset, Pantai Melawai nggak kalah indahnya dengan pantai-pantai di Bali. Dari sini, kamu bisa menikmati indahnya matahari terbenam dengan warnanya yang jingga keemasan.

Beberapa cafe dan resto pun ada di tepi pantai, langsung menghadap ke arah matahari terbenam. Cocok banget buat kamu yang suka suasana romantis.

Kampung Atas Air Margasari

Kampung Air Margasari, foto:@pata_movic

Tak jauh dari hutan bakau, ada Kampung Atas Air Margasari yang keren. Kampung ini dibangun di atas air laut dengan penataan yang sangat cantik. Untuk menuju satu tempat ke tempat lainnya, kamu bisa jalan-jalan di jembatan kayu atau dengan menumpang perahu kecil.

Luas kampung ini 6,7 hektar, dengan kayu ulin sebagai bahan bangunan utama. Mau santai duduk di jalanan kampung atau main air bersama anak-anak penduduk sekitar, hayuk aja.

Balikpapan memiliki banyak moda transportasi yang disediakan pemerintah. Tetapi untuk menikmati semua tempat wisata dengan santai dan puas sewa mobil di Balikpapan, Kalimantan Timur adalah solusi terbaik.

Jarak antara satu tempat wisata ke lokasi lainnya cukup jauh. Dengan sewa mobil kamu nggak perlu buru-buru ketika menikmati satu lokasi. Pun bisa mampir ke banyak tempat lain dan menjelajah kuliner dengan diantar supir yang telah berpengalaman.

Jika kamu menuju kota ini dengan menumpang pesawat terbang, jangan lewatkan pemandangan Bandara Sepinggan yang megah. Bahkan di malam hari pun, bandara ini sangat cantik untuk diabadikan dalam foto.

Airbnb
Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama