AirAsia Indonesia X Tutup Rute Direct Jakarta Ke Jepang

Published on

Setelah menutup rute ke Macau di awal tahun 2018, penerbangan direct AirAsia Indonesia X dari Jakarta ke Tokyo (XT 407/408) akan menghentikan penerbangan ini per 1 Oktober 2018. Penerbangan terakhir yang terlihat di website AirAsia adalah tanggal 30 September 2018.

Umur penerbangan yang lagi-lagi singkat, baru start di bulan Mei 2018 dan berakhir di September 2018, tragis hanya 5 bulan. Walaupun saya tidak pernah ikut penerbangan ini, menurut pengamatan dan berita di forum-forum penerbangan ini termasuk favorit. Hanya saja karena pesawat cuma ada 1, jadi jika ada kendala operasional maskapai ini harus menanggung biaya untuk rerouting penumpang. (Walaupun sesama AirAsia, tetapi Indonesia AirAsia X tidak bisa pinjam pesawat dari group AirAsia QZ atau AK)

Bagi calon penumpang yang mendapat email atau sms flight cancellation dari AirAsia, Anda bisa menghubungi call centre AirAsia untuk melakukan rerouting penerbangan (via Kuala Lumpur atau Denpasar Bali), atau minta refund dalam bentuk credit shell. Jika ingin menghubugi AirAsia jangan pakai telepon (bisa 30 menit-1 jam onhold), juga jangan tunggu di web chat, kadang wait time bisa 1-2 jam. Paling cepat saran saya adalah lewat Twitter. Pertama Anda follow dulu @AirAsiaSupport, lalu mention problem Anda di timeline mereka dan pakai DM (Direct Message) untuk memberikan detil penerbangan (kode booking dan nama penumpang adalah hal rahasia yang tidak boleh di-publish di timeline). Pengalaman saya mention kita akan ditanggapi kurang dari 10-15 menit.

Happy Travelling!