Tips

Panduan Cara Mengisi Q-Code untuk Masuk Korea Selatan

  • Published on

Setelah pandemi dianggap terkendali, Korea Selatan telah membuka border per tanggal 3 September 2022, dengan tidak mewajibkan pendatang atau turis melakukan test PCR sebelum keberangkatan.

Namun ada 1 hal yang masih harus dilakukan yaitu mengisi Q-Code. Ini adalah semacam e-HAC di Indonesia, atau gampangnya kita sebut PeduliLindungi.

Kita perlu mengisi dan mendapatkan Q-Code dalam 2 hari sebelum tiba di bandara Korea Selatan. Jangan diisi jauh-jauh hari karena tidak diperbolehkan.

Jika memungkinkan saya sarankan mengisi menggunakan komputer. Bisa juga dicoba mengisi menggunakan browser di smartphone, tetapi jika menemukan kendala, berarti Anda harus pakai komputer.

Berikut saya jelaskan langkah-langkah pengisian Q-Code

  1. Buka Website Q-Code

Gunakan browser Anda dan buka link ke Q-Code bahasa Inggris ini. Di halaman itu akan dijelaskan secara garis besar urutan yang akan kita kerjakan, jika Anda telah siap bisa klik menu INPUT yang ada di baris atas.

Pada dasarnya setiap orang harus mengisi Q-Code. Jadi jika Anda sekeluarga datang dengan anak-anak, juga harus diisi satu persatu.

  1. Isi Consent Form

Form pertama yang diisi adalah consent data collection, yaitu menyetujui terms condition dan data sharing. Juga diharuskan yang mengisi adalah orang yang berusia 14 tahun ke atas. Untuk anak-anak perlu diisi orang tuanya (nanti ada menu mengisi passport dan nama orang tua).

Di Form ini Anda cukup klik checkbox Consent maka otomatis semua isian di bawahnya sudah terpilih "Agree"

  1. Isi Data Passport dan Email

Layar berikut adalah mengisi nomor Passport, Anda perlu mengisi 2 kali nomor passport memastikan pengisian ini tidak salah.

Juga saat mengisi email, gunakan dropdown direct input untuk mengisi domain email.

  1. Isi Nama dan Tanggal Lahir

  1. Isi Tanggal Kedatangan, Alamat Hotel/Tempat Tinggal di Korea, dan Nomor yang bisa dihubungi. Jika Anda tinggal di hotel, coba dicari alamat hotel tersebut (lebih mudah dengan mengisi kode pos), baru mengisi detil nama dan alamat hotel.

  1. Deklarasi Kesehatan

di layar ini, bagian atasnya bisa Anda skip karena khusus visitor dari China, yang harus upload data PCR.

Anda cukup mengisi kondisi kesehatan sekarang di section bawah, apakah ada flu demam dll. Juga riwayat perjalanan dalam 21 hari terakhir. Jika melakukan transit dalam penerbangan sebaiknya juga diisi.

  1. Konfirmasi pengisian dan save/print Q-Code

Setelah Anda mendapatkan Q-Code, bentuknya memang seperti QR Code kita, segera disimpan di smartphone, juga saya sarankan di print ke kertas saja.

Selagi lagi saya ingatkan, satu orang harus mendapatkan 1 Q-Code, termasuk anak-anak.

Nanti begitu tiba di bandara misalkan Incheon, Anda tidak perlu mengisi lembaran Q-Code lagi (tetapi tetap harus mengisi arrival card dan custom declaration). Counter pertama yang harus dilalui sebelum imigrasi adalah scan Q-Code dan pengecekan suhu badan, jika tidak ada masalah maka Anda akan langsung diarahkan ke imigrasi.

baca artikel: Panduan Jalan ke Korea Selatan.

Happy travelling!

Komentar

Artikel Terbaru Lainnya

Baca juga artikel dan tips wisata terbaru.

Tentang Javamilk

Cari artikel lama? Ada di Archives