Tips

Siap-Siap JR Pass Naik Harga, Ini Alternatifnya

  • Last updated on

Bulan April ini ada pengumuman kenaikan harga tiket JR Japan Rail Pass (Whole Japan), link announcement berupa PDF bahasa Jepang dari website JR East. Berita dalam bahasa English di sini.

Harga baru rencananya akan berlaku mulai Oktober 2023 dengan perincian sebagai berikut.

  • 7-day pass: 29,640 yen → 50,000 yen (naik 69 percent)
  • 14-day pass: 47,250 yen → 80,000 yen (naik 69 percent)

Tidak ada informasi untuk kenaikan harga untuk JR Pass yang lain (yang model regional), jadi kita asumsi yang naik memang hanya yang Whole Japan Pass ini saja.

Tentu ini kabar buruk buat traveler yang berencana mau wisata ke Jepang nantinya. Masak tiket keretanya seharga tiket pesawat ke Jepang, 6 juta sendiri!

Untuk Anda yang belum punya tiket pesawat mungkin akan mulai memikirkan perubahan itinerary. Yang pertama kali ke Jepang dan biasanya akan mengunjungi Tokyo - Osaka - Kyoto sekaligus, masih bisa beberapa alternatif lainnya daripada membeli Japan Rail Pass yang mahal ini.

Stasiun Kereta Shinkansen

Berikut saya jelaskan beberapa opsi yang memungkinkan. Ini dalam komparasi sesama tiket kereta ya. Jadi kalau mau pakai moda bus antar kota tidak saya bahas di sini.

Beli Tiket Pesawat Jepang Open Jaw

Ini yang paling saya sarankan jika Anda belum membeli tiket pesawat ke Jepang. Atur rute pesawat Anda jadi bisa masuk lewat Tokyo dan pulang lewat Osaka, atau bisa dibalik juga. Ini lumayan menghemat waktu dan juga cost kereta.

Rata-rata Airlines bisa seperti ini kalau Anda beli online pakai menu Multi-City. Kalau beli pakai AirAsia atau Jetstar berarti Anda beli 2 tiket terpisah pergi dan pulang.

Berarti Anda cukup beli tiket kereta 1 arah (Tokyo - Shin Osaka) ¥14,520, plus rail pass regional yang diperlukan sesuai itinerary.

Beli Tiket Point-to-Point Tokyo - Osaka

Bagaimana jika tidak dapat rute pesawat open-jaw? Bisa beli tiket shinkansen point to point, artinya beli tiket satuan.

Jika Anda hanya ingin rute Tokyo-Osaka pp dan menjelajah sekitarnya: Kyoto, Fuji, Nikko. Dan tidak berencana ke tempat lain (misalkan ke Takayama/Nagano/Kanazawa), atau model jarak jauh Tokyo-Sapporo. Maka membeli tiket ketengan masih bisa menjadi opsi.

Tiket satu arah Tokyo - Shin Osaka dengan kereta Nozomi, 2 jam 54 menit, adalah ¥14,520. Berarti pulang pergi sekitar 28000 Yen sudah termasuk seat reservation.

Jika ingin menjelajah sekitar Osaka, bisa beli Kansai Area Pass, tersedia dalam 1,2,3,4 hari (¥2400-¥6800) dan Kansai Wide Pass utk 5 hari ¥10000.

Jika ingin menjelajah sekitar Tokyo (Narita Airport, Kawaguchiko, Nikko, Gala Yuzawa), bisa beli Tokyo Wide Pass 3 hari ¥10000.

Hokuriku Arch Pass

Hokuriku Pass Map

Pengganti yang mirip jika ingin pakai rute Tokyo-Osaka pp adalah menggunakan Hokuriku Arch Pass. Pass ini seharga ¥24,500 untuk pemakaian 7 hari berturut-turut.

Kita bisa naik Shinkansen dari Tokyo hingga Kanazawa (2 jam 53 min), lalu sambung kereta Limited Express Thunderbird dari Kanazawa hingga Shin-Osaka (2 jam 46 min). Total hampir 6 jam belum termasuk connecting dan waiting time. Memang secara waktu tidak bisa mengalahkan rute Tokaido Shinkansen (cuma 3 jam kurang 5 menit dari Tokyo sudah sampai Osaka).

Klook.com

Tentu ada yang dikorbankan kalau mau pakai pass ini, tidak bisa ke Nagoya, tapi mungkin kota ini juga tidak populer buat turis kecuali penggemar museum mobil .

Opsi Ke Sapporo

Hokkaido Shinkansen

JR East - South Hokkaido Pass ¥27,000 6 hari, adalah pilihan jika Anda ingin wisata dan menggunakan kereta dari Tokyo ke Sapporo.

Pass ini mengcover sekitar Tokyo (termasuk Karuizawa dan Gala Yuzawa), dan Selatan Hokkaido (Hakodate, Lake Toya, Otaru dan Sapporo), tetapi tidak bisa ke Asahikawa dan Furano.

Kalau datang dari Osaka, bisa pakai flight domestic ANA ke Sapporo (¥14000), lalu beli Hokkaido pass ¥ 20,000 5 hari.

Summary

Kembali disesuaikan dengan itinerary Anda sebenarnya.

Jika masih belum ada plan, bisa mulai dengan mencari tiket open-jaw dulu. Urusan selanjutnya baru memikirkan jumlah hari dan mau mengunjungi kota apa saja. Baru terakhir memilih pass yang ingin dipakai. Jangan dibalik ya: beli Pass dulu baru berencana mau ke mana, akhirnya tidak menikmati perjalanan Anda karena akan sibuk mengejar jadwal kereta.

Saran terakhir dari saya adalah Jepang tidak akan habis dan puas dikunjungi dalam satu kali trip. Jadi pertimbangkan misalkan trip pertama khusus main Tokyo dan sekitarnya saja (ini bisa seminggu sendiri). Next trip ke Osaka dan sekitarnya (Hiroshima dan Fukuoka). Next trip baru khusus main di Hokkaido. Ini menurunkan biaya perjalanan dengan kereta.

Saya ada artikel terpisah untuk Cara beli tiket kereta di Jepang, dan cara reservasi kursi. Bagi yang belum ada ide mau ke mana saja, bisa mulai dari artikel utama javamilk: Panduan Jalan ke Jepang.

Komentar

Artikel Terbaru Lainnya

Baca juga artikel dan tips wisata terbaru.

Tentang Javamilk

Cari artikel lama? Ada di Archives