Tips

Wisatawan Ke Hong Kong Dapat Voucher HKD100

  • Published on

Tahukah Anda setiap turis yang mengunjungi Hong Kong di tahun 2023 ini bisa mendapat voucher gratis senilai HKD 100 (200rb rupiah) untuk dipakai belanja?

Program ini diselenggarakan oleh Hong Kong Tourism Board dengan dana bantuan dari pemerintah HK, berlaku dari 2 Februari hingga 31 Desember 2023, kecuali vouchernya sudah habis.

Syarat pemakaian voucher ini tidak rumit juga. Anda punya HKD 100 ya bisa dipakai untuk membeli barang hingga nilai tersebut, tidak ada minimum purchase, tidak ada blocking barang yang bisa dibeli. Sepanjang tokonya ikut berpartisipasi maka voucher itu setara derajatnya seperti uang tunai.

Rencana wisata ke Hongkong? Baca Panduan Wisata Hemat ke Hongkong.

Simak caranya.

Registrasi Akun

Untuk kemudahan Anda, registrasi akun Anda sebelum tiba di Hong Kong. Bisa sehari sebelumnya atau minggu sebelumnya. Jika Anda terlanjur tiba di Hong Kong juga tidak masalah, yang penting SIM Card Indonesia Anda bisa menerima SMS.

Website Officialnya bisa mengunjungi Discover Hongkong.

Nah di bagian paling atas website ini ada menu Login/Register, lalu Anda diminta mengisi nomor HP non Hong Kong.

Registrasi

Setelah registrasi dan verifikasi nomor HP (Anda dikirim kode angka melalui SMS), berarti akun Anda sudah siap dipakai.

Jika membuka link My Reward, terlihat belum punya e-coupon di akun.

Wallet

Cari Lokasi Mendapatkan Voucher

Ada 2 cara untuk mendapatkan voucher HK Goodies ini, secara online atau secara offline.

Untuk online, Anda bisa dapatkan dengan membeli produk atau tiket apa pun dari website partner travel online. Yang gampang adalah di Klook yang ada tulisan "HK Goodies", atau bisa start dari halaman khusus ini. Setelah Anda beli produknya, misal HK Disneyland Tickets, saat menerima email akan ada link khusus untuk redeem voucher HK Goodies, nantinya otomatis akan muncul di halaman My Reward.

Sedangkan offline, Anda bisa menemukan tempat penukaran voucher di website DiscoverHongKong tadi. ada 3 Outlet DiscoverHongKong: HK International Airport, Kowloon Visitor Centre (di Star Ferry Terminal), dan HK West Kowloon Visitor Center. Di ketiga tempat ini carilah outlet Discover Hongkong, bawa passport dan tinggal tunjukkan passport Anda. Biasa antrian tidak panjang karena petugas hanya melihat dan mencatat Passport Anda, lalu langsung memberikan amplop voucher; 1 passport dapat 1 voucher.

Redeem Voucher ke Merchant Pilihan

Setelah Anda menukar kode voucher menjadi My Reward, tinggal pilih mau di-redeem menjadi apa. Redeem bisa dilakukan instant, jadi bisa dilakukan saat Anda sudah memastikan mau pakai di toko ybs.

Pilihan Penukaran

Pada dasarnya ada 3 kategori: shopping voucher, dining voucher, dan welcome drink.

Untuk welcome drink Anda akan mendapat minuman yang telah ditentukan di restoran yang Anda pilih, biasa di tempat yang high-end. Yang lebih enak adalah dining voucher, walaupun juga restorannya bukan yang kategori 'budget'.

Saya pilih toko bakery King untuk dining voucher, jadi HKD100 bisa tukar roti sampai sejumlah tersebut (kira-kira rotinya berkisar $10-15).

Satu lagi yang lebih menarik adalah shopping voucher. Ada toko perhiasan, toko jam, atau yang kalau Anda tidak mau nambah uang terlalu banyak, tukarkan di toko baju sport: New Youth atau Wan Kee. Kedua toko ini ada multiple stores di Fa Yuen Street (yang dikenal dengan snicker street karena jualannya sepatu olahraga).

Pemakaian Voucher

Pastikan Anda terkoneksi ke Internet saat ingin ditukar/dibelanjakan. Masuk ke halaman My Wallet (setelah menukar kupon ke toko pilihan), lalu berikan hp Anda ke petugas kasir, biarkan ia yang melakukan scan barcode hasil redeem.

Note: jangan di-redeem sendiri sebelum Anda berada di toko.

Lumayan HKD 100 bisa mendapatkan 1 baju atau 1 celana olahraga, atau topi, whatever yang buat Anda merasa happy.

Happy travelling!

Komentar

Artikel Terbaru Lainnya

Baca juga artikel dan tips wisata terbaru.

Tentang Javamilk

Cari artikel lama? Ada di Archives