Panduan Jalan Hemat ke Hong Kong & Macau

Updated on December 2013.

Halo, selamat datang di artikel “Panduan Jalan Hemat ke Hong Kong & Macau”. Sama seperti artikel Panduan Jalan Hemat ke Eropa yang lalu, di sini saya akan mencoba menyajikan sebuah panduan untuk Anda yang ingin jalan-jalan ke HK-Macau tanpa bantuan tour, tentu saja dengan cara yang hemat.

Artikel ini akan terdiri dari beberapa page/halaman, yang saya tulis secara bersambung. Jadi jangan lupa untuk bookmark halaman ini supaya bisa datang lagi. Terima kasih atas dukungan Anda, halaman Panduan jalan ke Hongkong ini popularitasnya paling hit di javamilk.com.

Javamilk Travel HK

Airline Booking

Normalnya tiket pesawat ke Hong Kong pp adalah sekitar USD 350-500 dengan pesawat Garuda Indonesia, Cathay Pacific, Singapore Airlines, dan masih banyak lagi.

Jika Anda ingin menghemat (jika tiket ke HK sedang mahal) sekaligus jalan-jalan, gunakan Macau sebagai kota tujuan yang letaknya tidak jauh, atau bisa juga ke Senzhen (tetapi perlu visa). Beberapa low-cost airlines menawarkan tiket dengan harga miring, tentu saja dengan mengurangi sedikit kenyamanan untuk penerbangan sekitar 5 jam ini. Harganya bervariasi, kadang ada promo tiket murah hingga USD 0 (ditambah pajak). Harga nett rata-rata berkisar USD 100-200 untuk sekali jalan (berarti USD 200-400 utk pp).

Beberapa airlines yang menawarkan tiket murah ke Hongkong atau Macau :

Coba saja booking tiket Jakarta-Hongkong, pulangnya lewat Macau-Jakarta, atau dibalik Jakarta-Macau jadi cukup beli tiket HK-Macau ferry satu arah.

Dengan singgah di Macau, kita bisa dapat jalan-jalan di ‘Las Vegas’-nya Asia, dan nantinya dengan kapal jet Ferry menuju ke Hong Kong (HKD 135 satu arah, waktu sekitar 1 jam).

Sedikit catatan: mulai 28 Maret 2010, penerbangan Viva Macau telah dihentikan oleh pemerintah Macau. Penjelasannya dapat dibaca di artikel Goodbye to Viva Macau.

Hong Kong diambil dari Victoria Peak

Tiba di Hong Kong International Airport

Jika kita menggunakan pesawat ke Hong Kong, maka akan tiba di HK International Airport yang terletak di sebuah pulau buatan. Airport ini modern dan efisien, termasuk 10 airport terbaik di dunia.

Hong Kong International Airport – layaknya sebuah mall

Untuk menuju ke kota (Kowloon atau Central), ada beberapa opsi yang bisa kita pakai:

  • Taxi, sekitar HKD 250-300
  • Airport bus shuttle ($33-40)
  • MTR / Airport Express Train ($180 return)

Penjelasan transportasi beserta nomor bus untuk menuju hotel Anda silakan baca di artikel Transportasi Hong Kong Airport.

Ada opsi untuk langsung ke Macau begitu mendarat tanpa melewati imigrasi di HKIA jika Anda ingin berwisata ke Macau dulu, silakan baca di fasilitas Air-to-Sea di HKIA.

Jika Anda naik Ferry dari Macau menuju Hong Kong, scroll ke bawah atau klik di sini untuk langkah detilnya.

Transportasi di Hong Kong

Moda transportasi di Hong Kong berupa subway yang dinamakan MTR, bus, ferry, serta tram (hanya di HK Island).

MTR

Untuk transportasi Anda tidak perlu bingung atau pusing, jalur MTR mengcover hampir seluruh wilayah Hong Kong, termasuk jalur khusus ke Airport, bahkan bisa sampai Shenzhen.

Mungkin Anda akan sedikit terbalik-balik menyebut MTR dan MRT, di HK perusahaan yang mengelola adalah MTR Corporation, makanya disebut MTR. Sedangkan MRT adalah nama umum kereta mass-rapid di seluruh dunia.

Modal utama Anda adalah kartu contactless yang dinamakan Octopus Card, bentuk dan fungsinya sama seperti Oyster Card di London atau ez-Link card di Singapore. Anda bisa beli di semua stasiun MTR, misalkan initialnya HKD 200, ini udah lumayan banyak bisa 4-7 hari. Jika nanti mau pulang tinggal minta refund. Hebatnya Octopus ini selain bisa dipakai untuk naik MTR, bisa juga untuk naik Bus, Tram, Ferry, serta sebagai alat pembayaran di toko-toko, persis seperti Flazz card BCA.

Jalur MTR di HK ada 6 line, walaupun tidak serumit Paris atau London, Anda bisa melihat dan merencanakan perjalanan peta jalur MTR di website MTR. Jalur yang paling sering dipakai adalah Red line, ini yang melewati Mongkok, TST, Kowloon, dan menyeberang tunnel bawah laut ke Central. Jalur MTR Orange bisa membawa Anda hingga ke Airport (via Tsing Yi) dan Hong Kong Disneyland (via Sunny Bay).

Harga MTR dihitung berdasarkan jarak, termurah adalah HKD 3.6 untuk 1-2 stasiun, dan termahal sekitar HKD 22. Tetapi menjadi lebih mahal jika pindah jalur/warna atau menyeberang tunnel. Misalkan dari Tsim Tsa Tsui (TST) ke Central (jarak 2 stop), karena menyeberang lautan menggunakan tunnel harganya adalah HKD 7.70. Pertimbangkan juga untuk membeli MTR Tourist Pass jika kemungkinan banyak menggunakan MTR.

Sedangkan untuk jarak dekat, Anda bisa menggunakan bus kota yang nyaman dan bersih. Biasanya dipakai untuk jalan dari Mongkok ke Tsim Tsa Tsui, dsb. Untuk mengetahui rute dan stop bus, Anda cukup mencari halte lalu lihat papan petunjuknya.

Bus kota tarifnya ditentukan dari saat kita naik, jadi sebenarnya bukan persis berdasarkan jarak tempuh kita. Semakin dekat halte kita dengan tujuan/terminal akhir bus, tarifnya semakin murah. Tarif bus ditulis jelas di papan bus stop.

Ferry

Star Ferry bersandar di sisi Kowloon dengan background Hong Kong Island

Ferry (dengan nama StarFerry) dipakai untuk menyeberang dari Kowloon/TST ke Central atau Wanchai. Ferry adalah alat transportasi yang paling murah untuk lintas laut ini (lebih murah dari pada menggunakan MTR) walaupun waktunya sedikit lebih lambat. Interval keberangkatannya sangat cepat, sekitar 10-20 menit sekali dan lamanya menyeberang adalah sekitar 15 menit. Oh ya, Ferry ini sudah menjadi tumpuan hidup warga Hongkong sejak 100 tahun lalu, tidak pernah berhenti beroperasi kecuali lagi ada topan. Jadi pastikan Anda mencoba menyeberang dengan Ferry, recommended terutama scenic view dari Tsim Sha Tsui ke Central.

Tram

Transportasi murah meriah, santai dan klasik, itulah Hong Kong Tram. Tarif tram sekali naik HKD 2.30 (2013) tidak tergantung jarak. Naiknya dari pintu belakang, dan keluar bayar di pintu depan.

Jalur tram hanya ada di sisi Island, mulai dari Northpoint di sisi Timur hingga Kennedy Town di sisi paling Barat. Ada beberapa line, kita bisa lihat rutenya di halte tram. Sebelum naik pokoknya perhatikan papan di tram yang menunjukkan destinasi akhirnya. Tapi kalau mainnya cuma sekitar Sheung Wan, Central, Wanchai, Causeway Bay, bisa naik tram apa saja karena semua tram lewat.

Tram dan Bus difoto di Central

Hotel di Hong Kong

Untuk urusan tidur, bisa dibilang Hong Kong cukup mahal. Dan jangan heran properti di Hong Kong harganya selangit, bahkan artis-artis Hong Kong yang belum mapan juga tidak mampu mempunyai rumah sendiri.

Jika Anda mencari hotel, saran saya sebaiknya carilah yang di district Kowloon (TST, Mongkok, Jordan) atau di Hong Kong Island (Central,Wanchai,Northpoint, Causeway Bay). Hotel yang jauh seperti di Lantau Island sepertinya tidak menarik. Pertimbangan lain adalah kemudahan akses MTR atau bus.

Anda bisa coba cari dan booking lewat Internet:

Harga per malam berkisar USD 70-100 untuk bintang 2, sedangkan untuk budget USD 30-50 per malam, kita hanya akan mendapatkan kelas hostel. Jika Anda berniat untuk hemat, jangan ragu-ragu untuk memilih hotel murah seperti kelas hostel. Walaupun umunya dikelola oleh perseorangan, kamarnya kecil tetapi cukup nyaman.

Hotel Murah Hong Kong

Nathan Road adalah jalan panjang di district Kowloon, di sini sepanjang jalan terdapat ratusan tempat belanja, kira-kira seperti Orchard Rd Singapore (dugaan saya Orchard Road di Singapore meniru konsep HK). Tidak heran di sinilah tempat tinggal favorit para turis baik yang berkocek tebal maupun budget minded.

Ada 2 gedung yang bisa dibilang paling terkenal bagi kalangan budget traveler di daerah Tsim Tsa Tsui. Walaupun kesannya agak kumuh dan ramai, tapi memang beginilah keadaan gedung-gedung di daerah Kowloon. Umumnya walau disebut hotel, sebenarnya cuma kelas hostel.

  • Chungking Mansion
    Di gedung puluhan tingkat ini terdapat puluhan hostel yang harganya murah meriah. Jika pernah nonton film Chungking Express, mungkin Anda akan mendapat bayangan hotel ini. Anda harus jeli mencari hotel dan membandingkan review customer untuk mengetahui kualitas tiap hotel.

  • Mirador Mansion
    Mirip dengan Chungking, dan letaknya hanya beda beberapa gedung, Mirador Mansion juga berisi puluhan hostel murah. Sebenarnya gedung ini adalah gedung residensial, tetapi disulap oleh beberapa pemiliknya menjadi hotel. Saya lebih prefer gedung ini dibanding Chungking, pengalaman saya lewat Chungking isinya banyak turis dari Afrika.

    • Cosmic Guest House, USD 34. Pengelola hotel ini ternyata bisa berbahasa Indonesia! Dilengkapi dengan free wifi (dgn bandwidth 2Mbps) rasanya tidak keberatan tinggal di kamar yang kecil.
    • USA Hotel

Selain ini masih banyak hostel murah di daerah lain seperti:

Hotel Berbintang

Jika Anda ingin tinggal di kelas yang lebih tinggi, beberapa list hotel yang bisa saya tulis di sini. Rate Hotel Hong Kong paling murah dimulai dari sekitar HKD 550-600 (USD 60-65, per 2010), di bawah ini pasti kelasnya hostel. Perlu diingat bahwa harga kamar di Hong Kong fluktuatif dan bisa naik secara drastis tergantung season dan event yang sedang diadakan di sana. Beda 1 minggu saja bisa menyebabkan harga naik 2x lipat. Harga yang saya tulis di sini bisa jadi merupakan harga terendah, jadi bisa jadi Anda akan mendapat rate lebih tinggi.

Tempat Wisata di Hongkong

Tempat wisata di Hong Kong bisa dibilang banyak sekali. Waktu seminggu juga belum tentu cukup untuk mengunjungi semua tempat wisata di sini. Namun yang bisa saya highlight di sini:

Mau mulai dari mana? Bebas, atau ikuti saja itinerary seperti yang saya tulis di bawah ini jika Anda punya 7 hari. Kalau kurang? Simpan untuk kunjungan berikutnya. Hong Kong tidak habis dalam satu dua kali kunjungan!

Next, Detil perjalanan saya:

Ferry dari Macau ke Hong Kong

Kadang tiket murah dapatnya ke Macau, tapi Anda ingin ke Hong Kong juga. Bagi Anda yang ingin menempuh jalur ini, berikut saya terangkan caranya. In summary, tiba di Macau lalu naik kapal ferry ke Hong Kong. Waktu yang diperlukan dari Jakarta hingga Hongkong dengan cara ini setidaknya 7 jam.

Dengan penerbangan murah seperti Tiger atau AirAsia, Anda akan tiba di Macau International Airport (MFM). Tergantung preferensi Anda, apakah mau menginap dan jalan di Macau dulu baru ke Hong Kong, atau nanti dari Hong Kong baru jalan di Macau. (Saran saya adalah ke Hong Kong dulu).

Setelah keluar dari imigrasi dan arrival hall Airport, kita harus menuju Macau Ferry Terminal. Ada bebeberapa pilihan moda transportasi, yang paling gampang, cepat tapi sedikit mahal adalah dengan taxi sekitar MOP 50-60. Taxi selalu tersedia di airport dan kita tidak perlu banyak pilih, semua sama dan aman. Tinggal sebut ke driver kalau Anda ingin menuju Ferry Terminal yang paling dekat. Anda bisa bayar dengan mata uang lokal yang namanya Patacca atau bisa juga Hong Kong Dollar dengan rate yang sama (1 MOP = 1 HKD).

Alternatif lain menuju terminal adalah dengan bus kota (nomor: AP1), tetapi sering penuh dan repot jika Anda membawa koper besar. Selain itu kadang juga ada taxi ‘tembak’, yaitu mobil tanpa ada lisensi taxi. Satu lagi bacaan yang cukup penting adalah adanya layanan Express Link di Macau Airport sehingga Anda cukup lewat 1 kali imigrasi, lengkapnya bisa dibaca di Express Link Information.

Tiba di terminal Ferry (Anda akan di-drop langsung di depan departure hall), carilah loket yang menjual tiket ferry. Nah, sebelumnya Anda perlu tahu dulu tujuan di Hong Kong, apalah mau menuju Tsim Tsa Tsui di Kowloon atau menuju Central. Walaupun sebenarnya tidak terlalu masalah, sebaiknya pilih tujuan yang paling dekat menuju hotel Anda di Hongkong. Jika hotel berada di daerah Kowloon pilihlah ferry dengan tujuan Kowloon / Tsim Tsa Tsui, nama perusahaan ferry ini adalah FirstFerry. Sedangkan jika hotel Anda di daerah Central, Northpoint, Wanchai di Hong Kong island, pilihlah tujuan Central (tepatnya Sheung Wan) dengan kapal TurboJet.

Harga tiket ferry sedikit berbeda untuk kedua tujuan ini, jadi tidak usah banyak pilih. Yang perlu Anda tentukan adalah waktu keberangkatan sesegera mungkin. Interval keberangkatan umumnya setiap 30 menit sekali. Tiket menuju Kowloon/Tsim Tsa Tsui adalah HKD 135 di siang hari, malam hari harganya sedikit lebih mahal. Untuk detilnya anda bisa baca website First Ferry ini untuk tujuan TST dan website TurboJet untuk tujuan Hong Kong Island.

Setelah masuk dan melewati imigrasi, kita akan berada di departure lounge. Ruang tunggu ini cukup besar dan nyaman, dilengkapi dengan free wifi lagi. Duduk manis dan menunggu datangnya kapal. Tidak perlu berebut kursi di kapal, walaupun tiket diberi nomor kursi, pada umumnya orang boleh bebas memilih seat.

Perjalanan menyeberang laut ini ditempuh sekitar 1 jam (tergantung cuaca), kita bisa tidur-tiduran karena ayunan ombak. Bagi Anda yang pernah menyeberang Batam ke Singapore, kira-kira seperti itulah rasanya.

Tiba di Hong Kong

Jika Anda tiba menggunakan pesawat di Hongkong International Airport, silakan baca artikel tentang transportasi dari Airport ke Hong Kong city.

Pengalaman saya menggunakan First Ferry tujuan Kowloon, saya tiba di China (HK) Ferry Terminal di daerah Kowloon. Sedangkan jika Anda naik TurboJet jurusan Central, akan tiba di Hong Kong Macau Ferry Terminal di daerah Sheung Wan (Central).

Tiba di Sheung Wan sebenarnya lebih enak, karena langsung terhubung dengan stasiun MTR, atau bus di depan gedung Shun Tak Centre, bahkan bisa langsung naik tram menuju hotel Anda (walaupun agak sulit naik tram jika bawa koper besar)

China Ferry Terminal di Kowloon

Melewati imigrasi yang tidak banyak tanya, begitu keluar terminal kita langsung disambut dengan shopping mall. Yah, jangan bingung karena Hongkong adalah surganya belanja. Cukup cari pintu keluar.

Untuk menuju stasiun kereta MTR terdekat, begitu keluar dari gedung Anda harus jalan arah ke kanan, lewati 2 lampu merah dan belok kiri. Anda akan menemukan Kowloon Park di sebelah kiri, jalan terus hingga menemukan Nathan Road. Di sini Anda bisa turun ke stasiun MTR Tsim Tsa Tsui, atau naik bus ke jurusan lain.

Cari Hotel Murah:
  • Debby

    Halo,

    Senangnya menemukan tulisan ini, rencananya saya mau ke Hongkong dan Macau dalam waktu dekat,boleh saya tahu sewaktu di Hongkong dan di Macau stay di hotel apa dan 1 malam harganya berapa?

    Terima kasih

    Debby

  • Charles

    halo saya + 2 anak (7 & 12 th) mo ke HK. Saya tertarik nginap di CosmicGuestHouse, apakah room/hostel cukup nyaman untuk tidur dgn anak? lingkungan sekitarnya apakah nyaman? Dibandingkan dgn daerah kowloon (vs tsim tsa shui)mana lebih baik? Thanks atas tulisannya yg sangat membantu GBU

  • alin

    Hi,

    saya sdg atur perjalanan untuk ke Hongkong dan Macau sekitar pertengahan September 2009 ini. Pls info kalau untuk keluarga
    5 org dewasa sebaiknya saya menginap di hotel mana ya?
    Yang transportasinya mudah, hotelnya nyaman dan harganya dibawah
    U$ 100/malam.

    Dan sebaiknya rute perjalanannya lebih murah mana ke hongkong dulu
    atau ke Macau.

    Thanks buat infonya.

    • Alist

      @alin, Kalau bersama keluarga dan ingin nyaman, saran saya adalah memilih hotel berbintang seperti Bridal Tea House atau Ramada hotel. Mengenai lokasi, semua hotel rata2 punya lokasi yang strategis dan dekat dengan stasiun MTR. Harga tergantung season tapi umumnya sekitar USD 70-100. Silakan lihat daftar hotel yang saya tulis di bagian atas page ini.

      Antara HK dulu atau Macau dulu, itu tergantung preferensi karena sebenarnya sama saja. YAng pasti jumlah hari di HK harus lebih banyak dibanding di Macau. Macau cukup 2 hari saja.

      • MIRA

        @Alist,
        Mau tanya dong..tahu pemandu wisata berbahasa indonesia yang bisa disewa di hongkong gak???tks

  • Irwan Mastana

    Salam Hangat,

    Saya ada rencana jalan2 ke Hong Kong dengan tujuan utamanya Disney Land, saya bawa isteri dan 1 baby umur 1 tahun, saya mo infonya nih : – Hotel terdekat dari Disney Land dengan budget dibawah 1juta + Resto, trus tempat rekreasi apalagi yg ada di sekitar Disney Land dan tidak jauh dari Hotel, contohnya sperti Orchard road Singapore dan yg ada resto Halal nya, rencananya saya akan jalan2 di Hong Kong 3-5 hari awal Januari 2010.
    Please Infonya, Thank’s..

    • Alist

      @Irwan Mastana, Secara ukuran, HK hanya sedikit lebih besar dibanding Singapore. Jadi kalau mencari hotel, point pertama kalau bagi saya adalah lokasinya dekat dengan stasiun MTR sehingga tidak perlu keluar ongkos taksi.

      Tidak ada benefitnya mencari hotel di dekat Disneyland, jadi sebaiknya mencari hotel di tengah kota dengan pertimbangan ke mana-mana dekat dan punya banyak tempat makan. Naik MTR ke Disneyland Hongkong hanya perlu waktu sekitar 30-45 menit.

  • Gracia

    Hi,

    Saya akan pergi ke hongkong tgl 30 Juli, waktunya sudah semakin dekat tapi hotel belum dapat. Minta referensinya mengenai:

    1. Apakah boleh di hongkong tinggal di hotel sebenarnya hanya untuk 2 orang tapi yg datang 3 org? karena saya cari di website hotel2 di daerah kowloon max untuk 2 orang.

    2. Hotel2 apa saja mungkin tahu yang tarifnya tidak lebih dari Rp 700.000?

    3. Kalo guest house/hostel sebenarnya masuk budget, tapi apakah ada selain di mirador mansion? soalnya setelah saya lihat foto tampilan gedung tsb kok agak2 “seram”.

    Please infonya… Thanks

    • Aming / Kristina

      @Gracia,

      Hi,sudah dapat hotel belum..?

      1) Hotel Hong Kong boleh kok satu kamar 3 orang.

      2) Ada sich harga segitu, tapi lokasinya jauh dari city,karena di hong kong kalau pas peakseason atau pas ada pameran, hotel di hong kong mahal banget.

      3) guest house di hong kong banyak kok,cuma tergantung dengan budgetnya.

      kalau kurang jelas atau tanya-tanya tentang hkg dan sekitarnya,km bisa kirim e-mail ke saya.
      karena saya kerja di travel agency yang lokasinya di hong kong.

      tks

  • Linda

    kalau di Bridal Tea House, boleh tidak yah 1 kamar diisi untuk 3 orang tanpa menambah extra bed lagi?

    • Aming / Kristina

      @Linda,

      Bridal Tea House, boleh tuch 1 kamar 3 orang, cuma kamarnya kecil banget, dan lokasinya jauh tuch dengan city.

  • sian

    Hai, ikutan nimbrung pengalaman yah. tahun lalu saya nginep di USA Hostel, Mirador Mansion, Roomnya lumayan tapi harus minta yang ruangan baru. 1st day kita dikasih ruangan yang lama, ampun kecil banget apalagi WCnya mau BAB susah tutup pintu, saking mungil. Naruh koper juga susah. Setelah complain berat barulah pindah ke room baru. tapi terpaksa 1 kamar berempat. Sistem harganya /person.
    Harganya Okelah murah, booking aja di Hostelworld. Jangan lupa bawa handuk sendiri, soalnya handuknya bolong2 “jijay”, pantesnya buat lap pel. He…He…., ada harga ada rupa. Lokasinya oke, dipusat keramaian, dekat MRT. Buat yang Back Packer okelah USA Hostel.

  • ita

    Salam hangat
    saya ada rencana ke hongkong dgn suami,dan 2 anak saya (11thn),(9 tahun )
    kalau utk guest house hitungannya perkepala or perkamar…?kok kl saya bilang utk 4 org jd nya 2 kamar, sementara kita ingi 1 kamar ber 4..dan saya tertarik dgn comic guets house.. bisa kiranya saya mendapat info or saran…
    terimakasi,

  • http://dokterpim.com Deny

    Kenapa mainnya langsung ke Hongkong bukan Macau dulu ? Maybe di Macau tak ada apa2 ?

    Or maybe plg nya kan ke Macau lagi karena tiket pesawat pp dari sana betulkah ?

    Bagaimana ttg visa perlukah ?

    Thanks

  • novi

    hai salam kenal, rencana sy mau kehk+macau naik viva macau, ada yang ingin saya tanyakan :
    1. saya tinggal di gold coast daerah tuen mun, dari macau biar sampenya lebih dekat, sy harus turun dan naik ferry yg mana ke hk nya.
    2. krn sy tinggl di tuen mun slm 7 hr, bisa kasih recomendasi gak tempat mana dulu yang harus sy kunjungi selama di hk dan macau secara berurutan biar gak bolak balik
    3. masalah mata uang, perlu gak bawa usd kesana.
    thanks

    • http://nasheed-download-lyrics.blogspot.com/ afaries

      @novi,
      1-langsung naek turbojet aja setelah di hk bs naek bis ato mtr ,
      2-panjang ni jawabnya soalnya banayk bgt tempat nya pm aja siapa tau saya bs bantu,saya bukan pemandu wisata lo cmn saya tinggal disini dah agak lama aja,
      3-ga usa bawa usd ,bs tuker dr rupiah ke hkd langsung banyak money exchange disini,

  • xueli

    hi,
    aku baru liat foto2 n video untuk USA hostel.. kira2 rate harganya brapa ya?
    untuk 3 orang ato 2 orang brapa ya?
    thx for helping…

  • zefanya

    Hi!
    kira2 untuk perjalanan Hong Kong & macau ini (seminggu ya?)berapa dana keseluruhan yang dikeluarkan untuk transportasi, akomodasi, makan, dll untuk berdua ya? pengen banget pergi tahun depan….

    thx…

  • Sarah Irena

    Hello semua mau sharing yach, kebetulan sekali aku ketemu website ini pas lagi di hkg. Aku check in dihotel Casa Hotel, Nathan Road 487, hotel ini baru ajah opening last year jadi masih baru. Aku dpt hotel ini dari http://www.wotif.com (sistim pembyrn lsg debit kkredit), bisa juga dengan http://www.ratestogo.com. Kedua website ini sering saya gunakan dan harganya ok kok. Casa Hotel bintang 3, krn saya sendiri, jadi saya pilih single 2 malam hkd 775 yg enak lagi dekat kemana2 krn di YAU MA TEI MRT STATION exit C, jg yg penting free wifi nich. interior baru semua sekelas Mercure/Ibis deh kalo di Jakarta. bersih maklum baru sich. aku emang sengaja cari yang baru nich biar tidak jijik. Utk hostel sebaiknya jangan deh, mumpung lagi krisis kita tggl di hotel ajah (lagi pada turun harga). Hotel lain lagi yang bs saya suggest dengan harga OK di STANFORD HOTEL, SOY STREET, MONGKOK, juga free wifi n OK Sekali.

    Selamat browsing hotel di kedua website diatas. Oya ada satu lagi info jika ke China, maka website utk bkg hotel yg nge top adalah: elong.net aku sich kagak pernah abis ud kebiasaan ke-2 website diatas.

    Semoga info diatas bermanfaat yach.

    • AMANDA

      @Sarah Irena, sarah mau nanya..casa daerahnya enak gk ya? soalnya kata temenku org HK sana..daerahnya agak2 gk enak..aku jg nanti brkt sendiri ksana..pls advise yah..thanks

  • niny chandra

    Hii…gue pengen nanya nich,,,klo kita dr Hk ke Macau,cr hematnya pake apa ya?gue dgr sih..ktnya melalui laut(ferry)kira2 waktunya brp jam ya?en kira2 brp budgetnya?tq!!

    • Alist

      @niny chandra, memang cara terhemat dari Hongkong ke Macau (dan memang satu-satunya yang feasible) adalah dengan ferry. Waktu tempuh kira-kira 1 jam, harganya 145-165 HKD/MOP (sekitar 180 ribu rupiah).

      Naiknya dari HK China Terminal di daerah Kowloon, atau dari HK Central. Pilih destinasi Macau International Ferry Terminal.

  • melissa

    Hi..

    akhir bulan ini saya berencana ke HK-Macau, beneran ga perlu visa khan ya? sori nanya2 mulu hihi abis takut tar repot di sana..

    oh ya untuk ferry dari Macau ke HK, untuk tujuan airport lebih deket yang pelabuhan yang central / tsim sha shui yah??

    thank you!

    • Alist

      @melissa, HK-Macau bebas visa bagi WNI.

      Sedangkan jika ingin menuju airport HK dari Macau, sebaiknya pilih destinasi HK Central, karena dari sini bisa lanjut naik kereta express menuju airport.

  • http://www.stayattheblue.com chishi

    dr ferry macau kalo mau ke nathan road di tshim sha tsui apa perlu naik mtr ato jalan kaki…?hotelku di chung king mansion.. kira2 berapa lama ya menuju kesana? tq

    • Alist

      @chishi, Coba lihat peta yang aku post di atas, Chungking mansion itu sekitar 500-700 m dari Ferry Terminal. Jalan kaki sekitar 10 menit, dan memang di ferry terminal ini tidak ada stasiun MTR. So jalan kaki aja..

  • rania

    mau tanya tempat rekreasi yang terkenal di hongkong mana aja? ada ngak info tempat belanja yang murah dan lengkap di hongkong? kl pakei tour guide lokal ada ngak? thanks infonya.

    • http://nasheed-download-lyrics.blogspot.com/ afaries

      @rania,
      ijin menjawab yah di hk yg terkenal si diantaranya the peak dream (central)ocean park disney land dan masih banyak laenya,,,

  • teti

    saya mau liburan di hongkong bersama keluarga selama 5 hari 4 malam… mau tanya hotel yang bisa sy tempati untuk 5 orang kira2 yang 1 kamar ada ga ya.. terdiri dari saya dan suami dan 3 anak kami. kra2 tempat yang besar ada ga ya

  • Vina

    hi, salam kenal ja. mau sharing nih minta infonya, saya rencana mau ke macau – hk dgn pasukan sekitar 9 org praktis ikut tour atau jalan sendiri untuk mencapai hasil maksimal waktu 4 hari terima kasih infonya.

  • Vina

    maaf ada jg ketinggalan, rencana perjalanan saya sama seperti jg kamu punya cuma bedanya dibalik macau dulu baru hongkong.

    perjalanan tgl.15 sampai 21 saran kamu dimacau 2 hari 1 malam jah cukup ngak aoalnya saya bawa ortu + anak + ponakan.

    berangkat ke disneyland enak pagi atau sore jah. soalnya saya pernah ikut tour siang panasnya minta ampun deh.

    ditunggu infonya, thank u ja.

  • febri

    oia sorry di nanya di hal yang berbeda.. kalau stay di HK hanya 4 hari enaknya ambil hotel di vitoria peak atau kowloon ya?
    FYI kami pergi ber3, ibu2 semua dan muslim krn concern sama makanannya nih..

    tks ya ditunggu info yang sangat berharganya..

  • Novi

    thanks atas info dan tawaran ke macau nya. tapi saya gak bisa gabung, krn sy sendiri ke macau tgl 3-17 desmber, ada yg mau bareng, brangkat dgn viva macau jam 19.10 wib.
    krn ini pertama kalinya, sy mau tanya,
    1. pas baru turun dari pesawat, kita ke counter mana dulu, apa imigrasi atau kemana dulu.
    2. pas akan pulang ke indo, kita datang, langsung cek-in, trus kemana lagi urutannya, maklum gak bs b.inggris apalg mandarin, tkt nyasar gak bs tanya2.
    tolong ya

  • Tonie

    @melissa
    mungkin saya bisa bantu sedikit, jika waktu anda mepet, sementara anda lagi catch a flight ke hk dari macau, maka alternatif macau – Hk international airport bisa di consider. jam operasi 08.15 -20.15 tarif sekitar HK 180.

  • Tonie

    Oh ya… Info tambahan, HK int airport bisa di capai dari beberapa daerah sekitar by ferry. seperti Zhuhai, Macau, & Shenzhen.
    Pernah sekali saya dari Zhuhai direct ke HK, ada sedikit kendala karena mungkin saya anda harus punya tiket penerbangan hari itu juga, kebetulan tiket penerbangan saya keesokan harinya, sedikit agak repot, karena petugas harus konfirmasi, akhirnya kami di ijinkan lewat juga.

  • lita

    Mau tanya saya rencana maret 2010 ke macau hk, klo mau ke shenzen bisavisa on arrival atau harus urus visa china di jkt , apakah 5 hari cukup untuk ke macau,hk,senzhenl. Tq

  • yayu

    Mas Alist,
    Sangat senang membaca tulisan Anda. Sangat bermanfaat lho..
    Saya ada rencana ke Hong Kong dan dilanjutkan ke Macau dan Beijing pertengahan November ini sendirian. Mohon masukan sbb: Apakah cukup aman untuk wanita jalan-jalan sendiri. Katanya kalo naik Viva Macau semua konsumsi harus bayar lagi? Berapa biaya nya, karena perjalanannya cukup panjang ya – 5 jam?
    Terima kasih

    Salam, Yayu

  • Felix

    Baru nemu blog ini, keren banget bro blog nya!
    Jadi pengen jalan-jalan lihat-lihat dunia.
    Ditunggu cerita-cerita selanjutnya yah.

    Salam,
    Felix

  • Suryadi

    Mr Alist,
    Saya mau tanya kalau tempat2 makan di Hongkong umumnya buka jam berapa? ada ngga yang buka pagi sekitar jam 7 atau 8 pagi? kalau ada, apakah di setiap wilayah / area ada? kalau simcard katanya ada yg bisa sms international, ada juga yg tidak bisa. yg bisa sms international tuh yg mana? minimum valuenya berapa

    Terima kasih

    • http://simon.permata@yahoo.co.id Simon

      Mr. Alist,
      Sore mas Alist, saya mau tanya kalau un tuk perjalanan ke macau perlu berapa hotel yang murah ( harganya ) dan kalau mau pakai guide bisa ngan yg bahasa indonesia.tks

  • Hendri

    Malam Pak Alist,
    Kalo di HK, apa hotel nya menjadi mahal saat weekend ? Belum pernah dibahas soal taxi. Apa tarif taxi cukup mahal ?
    Bagi teman – teman yang mau bergabung dengan keluarga saya ke Macau HK dan Shen Zen, bisa kontak2an di email saya yc1usb@gmail.com. Tapi emang masih lama, kemarin dapat tiket promo Airasia.

    Thanks ya

  • Lili

    Hi….

    Senang sekali membaca banyak petunjuk dari pak alist.Saya berencana akan traveling ke hongkong dan macau bulan januari tahun 2010 selama 3 atau 4 hari.Tapi banyak sekali jumlah hostel yang saya baca di internet.Dan harga antara di hostelsworld dengn di asiarooms bedanya sangat jauh.jadi bingung mana yang benar,dan hotel di macau ternyata cukup mahal yah.apalagi setelah saya membaca beberapa reviews customer ternyata ada beberapa penginapan yang cukup mengerikan seperti di chung king mansion.Menurut bapak mana yang lebih aman menginap di chung king mansion atau di mirador mansion.Saya akan traveling sendirian.Dan apakah ada tempat makan yang murah tapi sehat di daerah dekat nathan road Tsim Sha Tsui?Mohon bantuan bapak untuk memberikan informasi yang lebih lengkap lagi.Terimakasih

    • Alist

      @Lili, Perlu hati2 membaca harga di HostelWorld karena bisa jadi harga yang ditulis adalah per ORANG, bukan per ROOM. Jadi kalau sekamar 2 orang / double bed berarti harga harus dikali 2.

      Sedangkan Asiarooms dan http://www.Agoda.com/ harga yang ditampilkan adalah per-room.

      Chung King mansion vs Mirador Mansion, menurut saya sebenarnya sama saja. Jadi bagi yang belum pernah ke HK mungkin akan kaget melihat keadaan gedungnya yang padat. Tapi Mirador relatif mendingan karena tidak banyak orang dari benua Afrika. Make sure aja pilih hotel yang reviewnya bagus.

      FYI, HK adalah negara yang sangat mahal utk hotel, utk USD 30-50 baru dapat kelas hostel hingga bintang 1. Jika ingin sedikit lebih nyaman, bisa dicoba Bridal Tea House.

  • Ade

    Wah… terima kasih banyak Mas Alist
    saya berangkat lusa (24 Nov 2009) beruntung sekali sebelum berangkat saya sempat melihat guidance dari Mas.

    Btw…apa ada yang akan berangkat pada tanggal tersebut?
    Mungkin kita bisa sama2 disana

  • tata

    Hi… saya berencana utk menghabiskan akhir tahun di macau, tapi yg budgeted, utk airlines saya sudah dapat tiket murah air asia.
    Nah, skarang saya lagi hunting kira2 hotel apa yg murah tapi bagus dan bersih yg ada di macau ya.. memang sih menjelang akhir tahun pasti harganya menjulang, tapi bila ada saran2 boleh dishare ke saya ya. Thanks a lot!

  • Novi

    mas, tau macau stadium yang di avenida olimpica taipa gak. kira2 klo dari terminal ferry naik bus nmr brp ya, thanks

  • julia

    mas,mau tanya saya ama temen2 rencana mau ke hk tapi melalui macau pertengahan januari,sy naek pesawat viva macau dr jkt jam 7 mlm sampai makau subuh jam1 an,enaknya bagaimana sy nongkrong di airport sampai pagi baru cari hotel,atau lsg nyebrang ke hk,trus kapal ferry yg ke hk tiap jam ada atau jam tertentu aja ,trus kalo weekend ada buka nggak? thx

    • Alist

      @julia, sebenarnya airport macau itu sangat basic, jadi cari tempat untuk selonjor mungkin agak sulit, tapi layak dicoba :)

      ferry ke HK tidak ada yang lewat dari midnight. Ferry beroperasi setiap hari termasuk hari libur.

      Saran saya sih cari hotel saja di macau, sekalian explore macau dulu 1-2 hari baru ke HK kalau pakai flight tsb.

  • indah

    Tolong donk infonya mengenai hotel yg msh baru tp dibawah 100 us/day?saya akan pergi berserta keluarga january ini ( 3 orang dewasa, 2 remaja, 1anak). udh gt kl mau ke senzhen apa perlu visa?ada yg pny info hotel di senzhen?sy ingin menginap 1 hari aja di sana. o ya tempat belanja org2 indo yg buka2 butik di jkt gt di mn ya di hknya?txs…..

    • Alist

      Kalau hotel < USD 100 sebenarnya banyak pilihan. Dari group Metropark hotel yang punya banyak lokasi, dan ada juga Ibis Northpoint. Yang lebih murah lagi seperti Bridal Tea House juga kamarnya lumayan. Ukuran hotel mungkin agak kecil sesuai standar HK.

      Silakan cari via Agoda

  • Ita

    Saya baru saja balik dari hongkong minggu lalu selama 4 hari. Dua malam pertama nginep di apartement kepunyaan Ibu Fanny di daerah Causeway Bay. Kamar di apartemennya memang kecil tapi sangat bersih dan ada beberapa kamar di apt tsb yang bisa memuat 2 atau 3 orang. Letaknya di Hongkong island di daerah Causeway bay dekat Sogo Dept Store dan sangat dekat dengan mtr station. Bagi yg berminat nanti saya cantumkan no tlpnya. Hari ke 3 dan 4 saya tinggal di Hotel Benito Kowloon. Hotelnya kecil tapi sangat bersih dan masih baru. Tarifnya juga cukup reasonable utk daerah Kowloon. Saya booking hotel tersebut dari Booking.com. Lokasi hotel tsb sangat strategis dekat dengan Tsim Tsa Tsui MRT station, Nathan Road ( Orchardnya Hongkong ), butik butik yang menjual baju2 lucu dan restaurant mie yang sangat murah dan menyenangkan.

    • debby

      @Ita,
      hai….
      salam kenal ya….
      boleh g aku minta telp dan alamatnya?
      saya rencana mau ke hongkong bulan juni 2010
      kita berangkat sekitar 20 org.
      jadi apartemen mungkin alternatif yg akan dipilih…
      thanks

      • Ita

        @debby,

        Salam kenal juga Debby, sorry baru bales sekarang. Apartemen yang di Hongkong itu lokasinya di Causeway Bay. Nonya : +85228907257 atau +85228827859. Contact personnya Ibu Fanny , dia orang Indonesia jadi bisa bahasa indonesia. Aku nggak tau aptnya bu Fanny bisa muat berapa orang tapi kalau nggak muat bisa sebagian nginep di Sun Kong Hostel yang ada persis di depan apt tsb. Hostelnya bisa dibrowsing di internet, kata adikku yang udah pernah nginep di
        sun Kong bersih juga kok. Seingatku di building itu ada juga yang namanya Fanny yang lain yang menyewakan kamar. Bisa dicek ama Ibu Fanny.
        Kalau Debby mau coba nginep di Kowloon bisa coba di http://sealandhouse.com.hk/index.php.

        Ok Debby, semoga bisa membantu.

        • dewi

          @Ita, hai salam kenal
          mau tanya dunk
          kalo di apartemen cause way bay
          harganya brapa ya?

        • Ita

          Hi Dewi,
          Kalau nggak salah harganya sekitar 600 hkd untuk kamar yang bertiga dan ada kamar mandi dalam. Untuk jelasnya telpon atau sms aja bu Fanny, dia bisa bahasa Indonesia. Semoga bisa membantu.

        • debby

          @Ita,

          Hai Ita…
          Salam kenal juga….
          Thank you buat infonya….
          Aku coba call ke sana dech….

        • dodi

          @Ita, salam kenal…

          appt ibu fanny apa namanya?
          bisa tau websitenya…
          thanks

        • Ita

          Hi Dodi,

          Nama penginapannya aku lupa dan kayaknya dia nggak punya website dech. Kalau mau informasi lebih lengkap bisa telpon atau sms dia dengan bahasa Indonesia. Dia pasti jelasin.

      • ana

        @debby,

        hi deb met kenal yah
        lo 20 org itu rombongan apa yah ?tour ?
        naik apa ? btw boleh join ga ? g lagi cari temen nih buat ke hk – macau , klo ramean kan mayan.
        kalo boleh kasih tau yah or ntar kita japri aja heheh

  • popon

    halo, blognya sangat membantu.
    jikalau saya ingin membooking online cosmic guest house lewat hostelworld.com, apakah aman jika menggunakan credit card?

    thanks.

  • david

    Hi Bro,
    wah info blog pahe macau-HK nya sangat membantu dan jelas sekali… love to read this… thanks for sharing.

    Akhir tahun ini saya memang mo rencana ke shenzen via macau-hk dengan modal nekat dan tekad. untungnya dikasih gambaran dari blog ini…

    thanks ya… ;)

  • http://beialert.wordpress.com/ indo.trader

    Info yang sangat bagus dan berguna buat saya, GBU bro..

  • stefanny

    hai…
    mao tanya ne..
    saya ada rencana mao ke HK dalam waktu dekat untuk 2 org..kira” akhir maret 2010..
    bisa minta recom plane n hotel yang ok tp tetap sesuai budget ga?
    thx before…

  • mada ayu

    Dear Mas Alist,

    Aku suka baca panduan ini, mudah2an bisa bantu aku ya..
    Aku ada rencana jalan ke macau, kebetulan bawa anak umur 7th pengen ke disneyland hongkong. Bagaimana rute paling mudah menggunakan ferry dan angkutan publik lainnya menuju disneyland dari macau. karena setau saya utk menuju hongkong ada 2 pilihan pulau ke kowloon atau Tsim Tsa Tsui.
    oiya, pemandangan apa saja yang menarik di macau selain casinonya (krn saya bawa anak).
    Thanks
    md

    • Alist

      @mada ayu, Hi juga. Kalau mau ke Disneyland dari Macau, rasanya enakan naik ferry jurusan HK Central karena terhubung dgn MTR. (Ferry jurusan Kowloon tidak terhubung langsung dgn stasiun MTR).

      Macau yang menarik tentu Senado Square, lalu pemandangan jembatan yg menghubungan Taipa dgn mainland di malam hari, selain itu bisa adu nyali terjun dari Macau Tower di Taipa.

  • zulham

    Thanks atas infonya ya mas…sangat bermanfaat !!

    zulham

  • sanny

    wahh seneng banget mas ktemu artikel ini.. kebetulan rencanaku awal tahun mau ke HK… mas tau tmpt2 blanja org Indo ga sich yg buat buka butik.. katanya murah2 yach.. trus kayaknya aku mu ksana sendiri, cewe… aman ga yach.. takut2 juga nich, tapi modal nekat aja dech. heheehe tengkyuu….

  • http:lacocos.blogspot.com cun cun

    trima ksh skl mo berbagi pengalaman, aku br pulang dr hk bw 2 anak 13,11 thn dg panduan tulisan ini .qta bertiga keliling hk tnp perlu diantar sdr disana.makasih banyaaaaaaaaaaaaaaaaaak ya.

    • Alist

      Thanks juga, boleh kok sharing pengalaman di sana, baik review hotel maupun beberapa bagian yang tidak saya tulis disini.

  • auri

    Ka..saya lagi baca2 sedikit nih tentang blog nya..saya berniat untuk pergi kesana tanggal 29 – 5 jan..nah masalah terbesar saya masih ada perasaaan takut kesana..secara ga bisa bahasa mandarin..bisa ga ka kalau saya nanti telp kaka n tanya2 lagi supaya lebih jelas..ka tolong smsin aku no kaka yah..ini no aku..08179995320..thx u GBU

  • atie

    mas selain daerah chunking and mirador ada gak hotel yg lumayan tapi ditengah kota juga yg penting daerahnya jgn terlalu ramai

    • Alist

      @atie, Karena ini Hong Kong, ‘ramai’ itu agak relatif yah. bisa coba hotel di daerah agak atas, misalkan daerah Yau Ma Tei (contohnya Bridal Tea House), atau daerah Central atau Wanchai.

      Bisa juga di Ibis Northpoint, walaupun agak di ujung namun accessible via MTR dan bus.

  • http://beialert.wordpress.com/ indo.trader

    Saya lihat ada jalur MTR, sampai ke “windows of the world” shenzhen, klo dr Tsim Sha Tsui berapa lama ya ke sini ?, spt nya jauh bgt, trus klo ke sini perlu visa kah ? saya cuma mau ke sini saja, ga nginep di shenzhen, langsung balik lg ke Tsim Sha Tsui, thanks before…

    • Alist

      @indo.trader, daerah khusus shenzhen ini tidak perlu visa, naik keretanya dari Hung Hom. Lama perjalanan mungkin sekitar 30 menit.

  • julia

    sori mas,mau numpang tanya lagi kalo misal di guangzhou mau ke makau airport naek apaan ya,trus berapa lama perjalanannya karena saya mau maen ke gungzhou tapi ticket plg sy ke jkt pesawat nya jam 10 pagi dr makau,mau nya sih subuh2 berangkat dr gungzhou ke macau jd ngak pergi sewa hotel di makau,thanks

    • Alist

      @julia, Sepertinya agak rumit karena GZ tidak berbatasan langsung dengan Macau. Cara termudah dan tercepat adalah menggunakan pesawat.

  • guntur ardani putra

    Hallo Pak,
    Selamat Tahun Baru 2010,
    Thanks banget udah mau berbagi pengalamannya mas.
    Saya guntur dari Palembang.
    Tahun kemaren sy sdh 2 kali ke HK tapi tinggalnya di New Territory bukan di Kowloonnya. Rencananya Bulan Februari nanti rencananya saya mau bawa rombongan (+ 10 org) dari Kantor jalan-jalan ke HK(kowloon – HK Island). Rencana stay nya di Kowloon deket Tsim Sha Tsui.
    Mungkin mas nya bisa kasi tips untuk memilih Hotel di Kowloon yg lumayan nyaman krn yg ikut banyak Ibu2 dan sekalian cara pembayaran yg aman utk bookingnya.
    Terus kalo mau carter kendaraan baiknya gimana ya mas?
    Berhubung di rombongan banyak yg muslim, mungkin bisa minta rekomendasi soal resto yg ada deket sama hotelnya. Kalo bisa saya minta alamat emailnya mas…Thanks before.

    • Alist

      @guntur ardani putra, Hi Salam kenal. Kalau bawa orang banyak biasanya ekspektasi mereka agak tinggi. Pengalaman saya biasanya bawa ke hotel bintang 2/3 baru lumayan puas.

      Coba saja search lewat agoda (link ada di atas), hotel seperti Metropark banyak cabangnya. Kendaraan lumayan sulit untuk daerah Hong Kong, jadi mungkin explore by foot aja.

  • http://- charles

    hi bro bisa tolong jelasin gak gimana cara naik MTR ?
    kebetulan gw ngnep di excelsior hotel causeway bay, station mana terdekatnya ya ? dan bagaimana cara beli ticket, cara naik MTR nya sperti interchange dll .. karna kebetulan saya berencana untuk ke daerah mong kok (untuk shopping) ..
    trus saya jg pengen ke tempat2 wisata spt madamme tussaud, repulse bay, n victoria peak, gimana ya caranya spy saya bisa ke tempat2 itu ? apa ada service dr hotel excelsior sendiri yang menyediakan half day tour ? atau saya harus pergi sendiri ? karna terus terang saya tdk bsa bahasa mandarin .. tlg bgt infonya ya .. kalo mau email bs jg ke charles.putra@rocketmail.com .. thx before ..

    • Alist

      @charles, MTR Hong Kong kurang lebih sama seperti MRT Singapore, jadi pertama kali beli dulu kartunya dari loket yang ada petugas. Kartu ini dapat diisi ulang dan di-refund kalau sudah tidak dipakai lagi.

      Setelah punya kartu ini, tinggal disentuh ke mesin pembaca di gate, kalau bingung ikuti saja orang di depan Anda. Setelah itu Anda tinggal naik kereta dan bebas tukar interchange hingga ke tujuan. Saat keluar, kartu tersebut harus disentuh lagi ke mesin pembaca dan saldo akan berkurang sesuai jarak.

      Lokasi hotel excelsior yang Anda tinggal terletak di Causeway bay, Hong Kong Island. Menggunakan MTR, keluar di stasiun Causeway bay. Atas stasiun ini adalah SOGO dept Store. Lanjut dgn tram ke arah Wan Chai sekitar 2 stop. Hotel ada di sebelah kanan. Jika kesulitan dan bawa koper, sebaiknya naik taksi.

      Tempat wisata hampir semua dapat dicapai menggunakan MRT. Anda dapat mengambil booklet turisme gratis di airport atau hotel untuk mengetahui lokasi tempat wisata.

  • auri

    hi..wah saya baru balik dari hongkong dan mengikuti itenary dari blog javamilk..bener2 berguna banget blog ini kita jadi puas bangeth bisa cobain semuanya..thx ya buat itenarynya…sangat amat berguna….GOOD WORKS

  • http://- charles

    bro n sis pls dong tlg infonya gw bner2 gak ngerti cara naik MTR di hongkong .. plis tlg bantu jelasin ..huhu

  • Lisce

    Hi,

    Salam kenal. Saya rencana bulan Juni/Juli mau ke Hong Kong dgn tujuan utama Disneyland. Bawa anak umur 3 dan 8, kira2 tempat yg nyaman alias dekat dgn mtr, tempat makan dan wisata di mana ya? Kalo Bridal Tea House itu spt apa tempatnya? krn saya lihat anda selalu refer ke situ… Juga tempat wisata anak2 ada apa di HK? apa ada science fair? Snow city spt di S’pore? Kira2 utk makan dan jalan2 (tanpa shopping) perlu bawa uang brp ya?

    Please send me your suggestion and advice ya… Thanks.

    • Aming / Kristina

      @Lisce,

      Kalau hotel dekat MTR,seharusnya menginap di hong kong side atau kowloon side,seperti causeway bay atau di Mongkok.

      Bridal Tea House itu kalau saya lihat kamarnya kecil,di hong kong sich katanya hotel bintang 3. tapi dulu tamu saya yang dari Indonesia bilang,,kalau di indonesia sperti guest house.

      tempat anak-anak, disneyland dan juga ocean park

      di hong kong juga ada science fair.

  • http://- charles

    thx bgt buat infonya ..
    jadi jarak antara hotel excelsior dgn station MTR itu sangat dekat ya ??
    minta tolong bisa tolong di explain ga kalo dr causeway bay ke mong kok yang ada shopping centre nya itu gmn kalo naik mtr ?hrs stop di mana n interchange di mana gitu ?tolong bgt ya bro .. thx a lot

  • nugroho

    salam kenal,
    maret ’10, sy, istri & 1 anak (5th) berencana ke hk & shenzhen. yang mau sy tanyakan : apa memang betul visa ke shenzhen masih tidak diperlukan ? atau visa on arrival ? ada biaya tambahan tidak ya seandainya kami dari hk airport langsung ke shenzhen by turbojet ?
    untuk pemesanan via agoda kalau sy sebutkan 2 adult + 1 child, dijawab tidak ada kamar. padahal kalau pesan 2 adult saja kamar, dibilang available. apa waktu check in anak kami harus nambah ext bed ?

    terima kasih sebelumnya.
    salam.

    • smatic

      @nugroho,
      Yg bebas visa utk stay 15 hari max di Cina hanya berlaku bagi pemegang paspor Singapore, Brunei & Jepang saja.
      Apabila stay di Shenzhen max 5 hari maka bisa apply VOA saja dgn biaya RMB 160/org (anak 5 thn yg ikut di dalam paspor ortu bebas biaya VOA).
      Apabila ambil ferry HKIA ke Shenzhen di Skypier HKIA (sebelum imigrasi HKG) pessanger minimal tiba di HKG @ 1 jam sebelum keberangkatan ferry & dikenakan biaya check-in bagasi @ HKG 30/bag utk transfer bagasi dari HKIA ke Shenzhen (check-in bagasi lsg diambil di Shenzhen). Bagi pessanger yg tidak ada check-in bagasi masih bisa naik ferry Skypier HKG selambat-lambatnya 30 menit sebelum ferry berangkat.

      Untuk family hotel (3 adult or 2 adult + 1-2 children) bisa coba Hyatt Regency Shatin HKG (sebelah MTR University) ada direct hotel rate special @ HKG 770 = Rp 925 rb & baru buka Agustus 2009 yl + kamarnya luas 38 m2 + landscapenya masih natural.

  • Alist

    @nugroho, Shenzhen dibagi menjadi 2 bagian dalam hal keperluan visa, ada yang tidak perlu visa (perbatasan dgn HK) dan yang perlu visa (baik on arrival atau apply di kedutaan). Pastikan dulu tujuan wisata mana di Shenzhen.

    Utk hotel berbintang, rasanya cukup sebut 2 adults untuk booking karena anak dibawah 12 tahun bisa diconsider tidak perlu extra bed.

  • alin

    HI Alist,

    worth it bgt webnya. Liburan tahun baru ku kemarin ke Hkg n Macau sukses hanya modal baca tulisan kamu n ikutin aja. Gak masalah gak bisa ngomong mandarin, tinggal minta tolong agent ato receptionist hotel tulisan cinanya tujuan dan alamat yang kita tuju, beres deh….thanks a lot.

  • tami

    Hi Alist, murahan ikut tour atau jalan sendiri ke Hongkong via macau? bisa tolong diinformasikan kalau saya mau ke shenzhen yang tidak menggunakan visa itu wilayahnya dimana aja? trus jarak hongkong – shenzhen berapa lama? dan naik apa yah? apakah bisa pulang pergi hk – shenzhen? karena saya tidak ada planning untuk menginap. thx sebelumnya

    • smatic

      @tami,
      Pasti murahan jalan sendiri, baru aza plg dr HKG (jalan sendiri) tiket Air Asia JKT-KL-HKG PP @ Rp 800 rb + airport tax CGK Rp 150 rb + hotel Novotel HKG 3 malam (twin share = sekamar berdua) @ Rp 1,1 jt/org = Rp 2,05 jt/org
      Klo mau ke Shenzhen wajib bikin visa kecuali bagi pemegang paspor Singapore, Brunei & Jepang. Visa On Arrival (VOA) khusus utk wilayah SEZ Shenzhen saja bisa dibikin saat akan masuk ke Shenzhen dgn biaya RMB 160 = Rp 220 rb yg berlaku utk 1 kali masuk & tinggal di SEZ Shenzhen max 5 hari. Sdgkan utk wilayah Shenzhen dll (spt Guangzhou) wajib bikin visa Cina di Indonesia sebelum berangkat.
      HKG ke Shenzhen bisa ditempuh sktr 45 menit dgn KCR (kereta) dari stasiun Hunghom ke Lo Wu, sebaiknya menginap di Shenzhen krn banyak yg menarik dibanding Hong Kong spt Iphone & Blackberry made in Cina dijual Rp 500rb di Shenzhen

      • tami

        Halo Alist, wah lengkap juga infonya termasuk info gadgetnya :) ….thanks banget yah, ini sangat membantu. Sepertinya saya dan teman-teman akan jalan sendiri aja, untuk waktu akan lebih banyak dan cost lebih murah.

        Thanks Again.

        Regards,
        Tami

      • GeGe

        @smatic,
        numpang nanya dunk, novotel 3hari 2,2jt/room pas lagi promo yah? g liat tarif saat2 ini kok ampe 1jt per hari?

      • GeGe

        @smatic,
        sori, lupa nanya, klo novotel naek ferry dari macau yg turun mana?

  • diin

    hi….met kenal….

    mau banyak nanya nih..mudah2an berkenan dijawab.

    saya ada rencana pergi ber-30 orang yang terdiri dari ibu2 dan anak kecil ( fam trip gitu lah ). menurut mas apakah rute mas ini applicable buat rombongan gede yg byk anak kecil nya ??.

    Saya rencananya home base di Hongkong ( sekitar 5 hari’an ), karena mau ke disneyland-macau-shenzen apakah itu benar? mana lebih bagus homebase macau atau hongkong. ?.kita menghindari pindah kota/hotel, karena itu tadi banyak anak kecil dan pasti akan repot sekali.

    Cari hotel sebagusnya di daerah mana ?? setelah browsing kayaknya L’Nina convetion center lumayan, tapi nggak tau jauh atau dekatnya? recommended nggak ?

    Naik airsia, transit berapa lama di KL ?? beli tiketnya per sektor ? jadi kalau salah satu sektor delay sehingga kita ketinggalan sektor berikutnya, berati tiketnya angus dong ?

    kita semua belum ada yg pernah ke hongkong jadi mohon saran.

    thx alot

    • indra u.

      saya dan temen2 ada rencana mau ke hk, senchen, macau. 2 malam di hk, 1 hari di senchen, dan 1 hari di macau.kami ingin mendapat kan informasi tentang tempat rekreasi apa yg menarik dan tempat belanja murah dan berkwalitas mana dr ke 3 tempat tsb yg dapat kami kunjungidan hotel apa yg sebaik nya kami pakai? kami tunggu beritanya.

      • Aming / Kristina

        @indra u.,

        Numpang jawab nich,
        Sudah dapat belum informasi tentang tempat wisata yang mau kamu tuju.
        Kalau tempat belanja yang berkwalitas pasti di Hong Kong.
        Terus kalau badgetnya cukup, lebih baik menginap di city, biar gampang kalau mau kemana-mana.
        thanks

    • irma

      @diin, numpang jawab ya…
      menurut pengalaman aku, booking airasia itu memang ga bisa connecting flight, bookingnya per sektor, ga ada istilah transit. Jadi, seperti yang kamu bilang kalo satu sektor delay, sektor lainnya hangus. Saran saya, kalo booking tiket pilih range waktunya yang agak panjang, jangan terlalu mepet, ini untuk antisipasi kalo ada delay.
      aku udh 2 kali ke hongkong, pertama nginap di parklane hotel, depan victoria park, yang ke dua di hotel regal. Kedua hotel ini recomended, tp harganya lumayan mahal sekitar 2-3 juta permalam, katanya sih karena lokasinya di Central. Enaknya, karena hotel ini dekat dengan KBRI, dan disekitarnya banyak banget warung makan indonesia, bahkan ada minimarket yang khusus menjual produk bahan makanan dari indonesia, mis: indomie, sambal ABC, nasi kuning,dll.
      Kalo mau hotel yang agak murah banyak di daerah kowloon.
      Disneyland recomended, tapi kalo mo kesini agak pagian or sore smp malam, soalnya kalo siang panasnya minta ampun… ratenya kalo ga salah HKD 350 perorang.
      Semoga membantu ya..

  • PinPin Z.

    Hi Ali,
    Bln September ini, saya & temen2(6 org wanita) ada rencana ke Macau, HK & SHZ(ini perjalanan pertama kami) kita tidak ikut paket tour, pengennya jalan sendiri, selain irit pengen irit ongkos juga pengen punya pengalaman sendiri..rencananya seh tgl 8 – 13, kita berangkatnya tgl 8 dr KL-Macau dan pulangnya tgl 13 dari Macau – KL.

    Yang ingin saya tanyakan :
    1) menurut Ali, apa rute perjalanan terbaik yg kita tempuh?
    2) Hotel apa yg bs id rekomendasikan u/ di Macau & Shenzen?yg hraganya std, bersih, nyaman & akses ke tempat wisata & shopping lbh mudah?
    3) kalau dari Shenzen ke Macau, kira2 berapa jam yg hrs kita tempuh, dan bagaimana cara untuk mendapatkan transportai umum untuk ke macau?
    4)Apakah di Macau, HK & Shenzen kita perlu VISA?
    5)Bagaimana cara booking hotel di Disneyland? dan apakah hotel di Macau & Disneyland hotel boleh nginap sekamar 3 org tanpa minta xtra bed?

    Thx :)

    • Aming / Kristina

      @PinPin Z.,

      Numpang jawab nich,
      1) Kalau ticketnya dari KL-Macau-Kl,jadi setelah/sebelum main di Macau, langsung aja ke Shenzhen naik ferry dari macau juga boleh.
      terus dari Shenzhen baru ke Hong Kong.

      2) Di macau nginap di Taipa, trs di Shenzhen nginap di Days Hotel Luohu bintang 4, atau di Green Tree Hotel bintang 3.

      3) Dari Shenzhen ke Macau, boleh naik ferry, perjalanan sekitar 1 jam. Tapi kalau dari Shenzhen ke Macau lewat darat harus melewati Zuhai,dan perjalanan juga sekitar 1-2 jam.

      4) Macau dan Hong Kong tidah perlu pake Visa,tetapi kalau Shenzhen harus pake Visa,Visanya blh bikin waktu on arrival,atau juga boleh di bukin di Indonesia.
      kalau kamu ada 6 orang, aku boleh uruskan visa kamu (Free) tapi kamu book hotel atau yang lain nya dari travel aku..hehhheehheh.

      5) Hotel disneyland booeh di booking lewat internet atau juga boleh lewat travel agent (sperti saya).
      sekamar boleh kok 3 orang,
      - Disneyland 1 kamar boleh 4 orang (official)
      - Macau pun boleh 3 orang,cuma untuk breakfastnya buat 2 orang saja,kalau breakfastnya mau 3 orang, berarti harus tambah extra bed.

      Thanks

  • aka

    salam..
    kebetulan ada yang ingin saya tanyakan ni.
    saya bulan februari ada rencana mau ke hongtkong dan tinggal disana sekitar 2 minggu. tp ini memang pertama kali saya mau ke hongkong.
    kalau ke hongkong tanpa visa tu apa nggak ada persyaratan lain?

    • irma

      @aka, numpang jawab ya… kalo ke hongkong bebas visa max 30 hari tanpa syarat, kecuali lewat 30 hari baru wajib pake visa.

  • Dhira

    Hai Mas Alist,
    Salam Kenal
    Terima kasih buat infonya yang sangat berguna
    Saya sekeluarga rencana mau liburan ke HK bulan Juni ini. Mau tanya apa di bulan Juni harga hotel/hostel lebih mahal ?
    Saya bersama anak (5 tahun), apakah aman jika menginap di daerah Tsim Tsa Tsui?
    Ada teman rekomen Seland Guesthouse di TST..apa Mas ada info mengenai guesthouse tersebut?
    Thanks sebelumnya

  • yane

    Hi..Mr. Alis..

    Tlg dibantu..sy bingung bgt..
    Sy mndapat hadiah paket liburan k hongkong disneyland 3 hr 2 mlm.
    Yang akan berangkat sy,suami dan 3 anak(10,9,5th)

    Rencananya ingin nambah 1 hari sblm mnginap di disney hollywood, sbaiknya mnginap di mana? di daerah TST or CB?

    Bisa tidak menginap hanya dlm 1 kamar tuk kami ber5?

    Slain k disneyland, tempat apa yg mnarik tuk anak2?

    Dimana tempat belanja yg mudah dicapai tuk membeli oleh2?

    please sarannya…

    • Aming / Kristina

      @yane,

      Numpang jawab ya,

      1) Kalau menginap di TST itu, memang bagus kalau mau beli barang-barang branded,di CB sich juga boleh,tp biasanya kalau mau beli-beli barang sich mending di kowloon side.

      2) Wah kalau 1 kamar 5 orang, berarti paling tidak harus pake TRIPLE Bed,biar hotel tidak curiga.tapi untuk breakfastnya jgn pesan untuk 5 orang..karena hotel pasti tanya-tanya.

      3) Selain Disneyland, coba main di Ocean Park

      4) Klau mau beli Souvenir, mending di Mongkok (Night Ladies Market) di situlah tempat beli souvenir hong kong yg murah.

      Tks

      • yane

        @Aming / Kristina, trims yaaa..

  • http://serenity_luv serenity

    Hi, sy mau tny d mana sy bs sewa flat/apartmen/ guesthouse per bulan di daerah mongkok, krn sy butuh utk menyimpan brg kulakan saya sblm sy kirim ke forwarder. Kalau bisa tarifnya tdk terlalu mahal sekitar 700-1000 hk$/bln. Tolong informasinya yaaa…” Tq

    • Aming / Kristina

      @serenity,

      Wah-wah, kalau per bulan nya hanya HKD 700-1000, pasti di Hong Kong tidak ada.
      Karena Guest House aja di Hong Kong per harinya sekitar 400.

  • http://serenity_luv serenity

    Hi, sy mau tny d mana sy bs sewa flat/apartmen/ guesthouse per bulan di daerah mongkok, krn sy butuh utk menyimpan brg kulakan saya sblm sy kirim ke forwarder. Kalau bisa tarifnya tdk terlalu mahal sekitar 700-1000 hk$/bln. Tolong informasinya di kirim ke emailku yaa…” Thank you

  • http://yahoo iin

    Hi Alist,

    Salam kenal…aku mo tanya..kalo di Hongkong..Shenzen disana ada restoran muslim ga? atau Islamic center/mesjid lah.Kalo ada di kota2 mana aja ya?Aku problemnya kesulita cari makanan halal kalo di negara2 begitu..Thx yaa..ditunggu jwb nya.

    Rgrd,
    Iin

    • irma

      @iin, numpang jawab ya… kalo di hongkong nginap aja di daerah cause way bay. Disana dekat stasiun MTR dan banyak warung muslim, dekat juga dengan KBRI.

      • http://yahoo iin

        @irma, thax a lot irma..infomu sangat berarti banget..kalo ada info tentang penginapan murah meriah dan ‘bersih’ boleh juga di bagi. Kami ber 4 soalnya dan sedang cari2 hotel yg sesuai dg budget dan kebutuhan. Aku baca kok agak serem..ada yg bilang toilet kecil..jorok..juga handuk yg mereka sediakan tdk layak..jadi agak geli jijik juga ya.Buat kami tidak perlu mewah yang penting bersih nyaman.Ditunggu info selanjutnya..Thx sekali lagi.

        • irma

          @iin, kalo di hong kong tarif hotel memang mahal2, mbak. Karena disana harga tanah mahal banget. Jadi kalo mau yang bersih dan ga jijik kayanya emang harus sedia budget agak longgar deh. Atau gimana kalo nginap nya di daerah Kowloon aja, disana kan lebih murah (liat blog diatas tentang hotel). Berdasarkan pengalaman aku yang dijamin bersih dan nyaman itu di Park Lane & Regal Hotel HK, dua-duanya hotel bintang 5, dan harganya memang mahal. Coba cari di agoda deh mbak, disana kan bisa sekalian liat foto hotel & kisaran harganya.Semoga membantu ya…

  • Nan

    hallo Allist…

    valentine day ini saya dan istri berencana ke hongkong – macau sendiri 4D/3N (ga ikut paket tour), aman ga ya kalo kita jalan2 sendiri disana ?? pesawat kita tiba malam..rencananya di hongkong mau ke disneyland, madam tussaud, victoria peak..trus ke macau pengen ke St. Paul ruins, vennetian hotel..kira2 waktunya cukup ga ya ?? bagusnya kita kemana dulu ya urutannya ?? trus transportnya jg bagusnya pake apa untuk mghemat waktu dan uang :) makasih sebelumnya :)

  • http://kaosbola.dinomarket.com alamsyah ginting

    thanks bray, panduannya mantab dan mudah dimengerti….
    karena terkadang meskipun kita pake tour belum tentu dapat gambaran yg detail seperti ini…

    rgds,

    alamsyah ginting

  • http://kaosbola.dinomarket.com alamsyah ginting

    sekalian mohon ijin aku share ya bray, mudah2an bermanfaat buat yang lainnya..

    salam

    alamsyah ginting

  • tami

    hi alist, tanya lg dong kalau beli robot voltus dimana yah? kurang lebih harganya berapaan? thx

  • christine

    hi ,all

    YM >> christineoit@yahoo.com

    gua ada trouble neh !!
    “mengingat gak pernah 1X pun jalan ke hongkong”

    tanggal 12januari > MACAU > stay di GOLDEN DRAGON HOTEL !!
    13 januari kami langsung ke hongkong !!

    bisa kasi recomendasi gak

    - kami berangkat dengan 1family langsung
    - 6dewasa + 1 anak >> total 7 orang !!

    mau nginap di hotel mana ? ( yang medium class aja )
    yang deket2 dengan SHOPING !!
    nd daerah2 buat cari MAKAN !!

    tempat2 rekreasi na ?

    tolong add YAHOOMESANGER gua dunk
    christineoit@yahoo.com

    jadi bisa share2an
    hahahahha

  • astry

    wah dapat banyak info ya dr blog ini, rencananya akhir bulan feb mau ke hongkong via macau, tp saya dpt flight malem banget tuh, nyampe macau jam 00.30, trus kalo mau terus langsung ke hongkong pake ferry apa gak kemaleman tuh? kalo hostel di hk (cosmic/usa) tuh cek-in nya jam brapa ya?
    thx

    • Alist

      @astry, Kalau sudah tiba di Macau di atas jam 10 malam, sebaiknya menginap dulu di Macau. Penerbangan 5 jam dalam pesawat tentu sudah melelahkan, dan jam biologis pasti sudah ingin tidur.

      Waktu Check-in biasanya standard, mulai dari jam 2 siang hingga malam. Jika akan late check-in, sebaiknya diberitahu saat booking supaya tidak di-assign ke orang lain.

  • andy

    hallo met kenal
    saya sedang kuliah di singapura. rencana awal maret mau jalan2 ke kuala lumpur, phuket, bangkok klo bisa samapai ke hongkong and china. ada saran ga yg cocok buat harga mahasiswa (murah meriah) kasih taw dong tips and trik perjalanannya. thx yah send ke email ku aja new_niceguy@hotmail.com

  • melvyn

    hi all,,,,

    aku rencana mau ke macau hongkong shenzhen guangzhou tgl 10-21 maret 2010 ini, tolong bagi yang mau ksana juga, contact aku yah via email ku melvyn_1986 yahoo.com biar bisa saling membantu… utk info, kami pergi 4 perempuan saja yg bisa terbilang belum pernah ke luar negeri sendirian karena biasa kami menggunakan jasa tour. sampai detik ini kami belom booking hotel apa2. padahal udah mepet yah huhuhu

    ok deh ditungu yah email nya dari teman2 smua… thanx

  • Hasma

    Salam kenal, Panduannya bagus banget…
    Mau ikutan nanya donk, SKA House itu apartemen atau Hotel ?
    Bagaimana cara beli vouchernya? Apakah ada websitenya?

    dan satu lagi Pak, apakah ke Shenzen perlu visa China?
    saya berencana untuk ke Window of the world dan Splendid of China.

    Terima kasih Pak atas informasi nya…

  • Lidya

    Hai….

    saya rencana mau ke Hongkong via Macau 9 – 12 april 2010
    cuma 3 org, dan kami semua blm pernah ke HK/Macau :D
    kalau ada yg bertepatan dgn tanggal kami, mungkin kita bisa bareng2

    buat alist….saya mau nanya, apa bener kalo mau ke window of the world gak perlu pake visa ?? tujuan saya cuma ke window of the world aja, gak nginep langsung pulang ke HK, trus ongkos train dari HK ke Shenzhen brapa yah (returned) ?

    • Ervina

      @Lidya, hi.. aq juga rencana ke hk-macau tgl 10-14 april 2010, di macao menginap dimana?

      • Lidya

        @Ervina, di macau nginep di Best Western Sun Sun Hotel
        bisa minta email/YM/FB mungkin bisa tuker2 info ttg HK & Macau

        • Ervina
        • Ervina

          @Lidya, saya nginep di venetian, karena lagi promo 50%… hiks promo pun tetap mahal

        • Dian puspita

          @Lidya, udah plng dr macau ya?? Mo tanya htl yg kmu tempatin ok nggak?? Trus akses ke mana mana mudah nggak?? Rencananya bln may aku mo ke mac and hk nih

      • Lidya

        @Ervina,
        wahhhh asik donk bisa nginep di venetian :D

        • Ervina

          @Lidya, Di hongkong nginap dimana… bingung udah mepet gini blom tau mau kemana dulu (maksudnya.. terlalu byk yang harus dikunjungin… jadi mabox)

  • nina

    halo mas2 dan mbak2,saya ada rencana ke hk macau,kalo bisa sekalian shenzen.bener ya ada daerah shenzen yg berbatasan dg hk, yg masuknya ga perlu pake visa.boleh dijelasin lagi gak naik keretanya dmn,brp?trus place of interest nya di perbatasan itu apa?n bisa nginep gak,kl menarik untuk 1 night stay,boleh dong reference hotelnya

  • nina

    tambahan 1 pertanyaan daerah taipa di macau recommended gak untuk stay.tq

  • Halim Chandra

    Hi bro, Panduan nya Ok2 byk. sgt mmbantu. Btw aq ingin nanya. kl cmn 4hr 3mlm ja bs klling Hongkong n Macau ga, soalny jadwal kami ke Hongkong sgt singkat.n kira2 landmark yg hrz kami kunjungin HK n Macau apa ja ya. thx ya advise ny.

  • ita

    Hi All…
    salam kenal….
    kebetulan aku dapat tiket murah ke hongkong tgl 7 juli – 10 juli 2010<aku pergi bersama suami dan 2 anakku , 9 tahun & 11 tahun.
    aku tertarik dengan Hotel Ramada yg mas Alif refrensi in…
    nah.. kalau aku booking skg apakah bisa utk bulan juli…? apa harga akan tetap kl kita booking skg…?
    kl aku booking melalui Agoda apakan aman buatku… sehubung aku sampainya malam disana…

    pengalaman pernah booking hotel ke singapore by travel, sampai disana sdh mlm..gak taunya gak bisa masuk…
    kl sendiri gpp kali ya… sehubungan bawa anak2….

    mohon infonya dong…
    terima kasih banyak….

    • Alist

      @ita, Booking dengan Agoda selama ini tidak ada masalah. Dan harga akan mengikat. Biasanya ada opsi utk cancel jika ternyata setelah booking ingin ganti hotel atau re-schedule. Baca term bookingnya dgn seksama saja. Cheers

      • ita

        @Alist, terima kasih banyak ya…

        aku tertarik sama ramada….,
        kalau saya tiba disana malam sekitar jam 21.45 wkt hongkong, gimana caranya supaya kita gak ke cancel…
        krn biasanyakan cek in jam 12 an…, takutnya kl kita dtg malam mrk pikir kita gak jadi….walaupun kita dah bayar….

        maaf ya nanyanya banyak..soalnya saya blom pernah booking hotel secara online…
        terima kasih

  • ita

    dear all…

    kl kita nginep di guest house… itu itungannya per kamar atau per org..?
    kalau misalnya ada kamar yg t4 tidurnya muat utk dewasa 2 anak kecil dl 1 kamar di bilang 38 usd, nah itu di itung perkamar..? or perorg ..?

    thanks

  • djuwita

    teman
    saya mau tanya dong, kl saya bersama suami dan 2 anak dibawah 12 tahun,menyewa 1 kamar apa kah bisa?
    mohon infonya dong

    thanks all

  • Yanti

    Dear Alist,
    Blog nya bagus bgt deh, Tgl 31 March ini aku berangkat ke macau via viva macau sampenya jam 8 malem pulang tgl 5 dari macau jam 12 siang maksud hati sih mau ke HK juga tolong dong aku musti kemana dulu yah bingung nih btw bawa anak 2 <12 th trus di HK and Macau kemana aja yah yg enak ajak anak jalan-jalan.Thx infonya.

  • Sri

    Hey, salam kenal.
    Saya mau pergi bulan sept. ke Macau-Hk-Guangcho-Shensen=Zuhai=Guilin
    saya berlima. Saya udh ambil htl di macau dulu , selanjutnya tujuan rutenya kemana dulu ya, bagusnya?
    Saya gak bisa mandarin, kalau ikut tur yang tidak mahal dan kira2 6 hari dari mana ya ?
    Bulan sept, musim panas? spy tdk salah kostum, hehe!
    katanya mau buka tol ke Shanghai ? apa betul? kapan?
    Apakah di Macau , hotel per room nya bisa diisi > 2 orang ? Ketat tidak? kalau 3 org?
    Thanks!

  • http://javamilk.com/panduan-jalan-hemat-ke-hong-kong-macau/ Furry

    Hi, slm kenal..

    Mksh info2nya , kayanya sangat membantu tuk info2nya..
    Sy sdh punya tiket Brangkat JKt-KL-MACAU-Jkt, dan berencana dr macau mo direct ke HK dl 1 mlm, kmbali lg k macau nginap 1 mlm, aman ng yach kl booking htlnya lewat agoda, n kl sdh ok apa perlu d reconfirm ke Hotel tsb, atau bgm? Info lg kl Newton htl d Koowloon bagus ng?
    Tks.

  • aryo

    halo mau tanya dong .
    saya june ada rencana ke hk
    nah saya udah ada tiket pesawat nya. ..
    tapi saya pengen ikut city tour di hong kong..
    apa kalian ada yg tau ada gak layanan yang cuma sediain city tour di hk (tanpa tiket pesawatnya karna kan saya udah ada) ?
    tolong bales ya penting bgt nih huhu saya ga bs mandarin jd repot deh ..

    • Alist

      @aryo, Tiba di airport HK, coba cari counter travel, biasanya ada yang menawarkan city tour.

      Sebenarnya HK sangat informatif, jadi tanpa tour mestinya bisa jalan sendiri.

    • Kristina

      Dear pak Aryo,

      Kalau bapak pengin city tour di hkg,bapak bisa mengubungi saya,,
      karena travel kami bisa arrange..

      Thanks

      • silvie

        @Kristina, aku boleh minta email kamu nggak?? karena aku banyak yang mau aku tanyaain sehubugan dengan keberagkatan aku ke HK bulan oktober nanti. tolong send ke email aku ya,nanti aku reply balik.thx be4 loch

  • shila

    Salam Alyst…Saya ingin ke Shenzen dari KL pada Julai ini. dan bercadang ke HongKong Disneyland. Naik pesawat Air Asia. terus ke Shenzen. Menginap di Holiday Inn mahal gak? Dari Shenzen ke HK Disney (tanpa menginap di HK) gi mana caranya? Mohon Alyst terangkan sejelasnya. Di Shenzen apa ole-ole yang pasti dibeli? Blackberry @ Iphone jika dibeli di Shenzen boleh diguna semua gadjetnya di Malaysia atau tidak? Saya dan 2 orang teman serta anak usia 10 tahun boleh tinggal sekamar gak utk jimatkan ongkosnya.Tkasih ya jika mahu menjelaskan.

    • Alist

      Memang memilih hotel gampang2 susah. Tapi kalau mau yang sudah standard, pilihan group InterContinental (Holiday Inn) atau Accor (Mercure, Novotel) sudah pasti tidak mengecewakan. Untuk rate USD 50-80/night rasanya cukup moderate.

      Dari Shenzhen naik kereta KCR menuju Hong Kong, perlu ganti kereta di Tsim Sha Tsui atau Central, utk menuju Disneyland. Sebaiknya pagi sekali jalan dari SZ karena antrian imigrasi kadang bisa lama.

      Utk Blackberry dan iPhone, pastikan barangnya asli (lihat detil finishing, jangan lihat box). Bisa ditanya ke penjual apakah itu adalah unlocked, supaya bisa dipakai di My.

      Total 3 orang dewasa mestinya tinggal 2 kamar, kalau mau nekad, check-in nya cukup 2 orang dgn koper semua, nanti yang lain menyusul naik ke hotel after that.

    • Aming / Kristina

      @shila,

  • fiera

    halo…mau tanya dwoong enakan stay di hongkong ato di macau yah
    secara waktu gue cuma 4 hari aja ..pls share ur exp..cheers

  • fiera

    nanya lagi ..kalo holiday inn hotel itu di macau di center city ato taipa sih pasti letaknnya soale kalo baca google map gw rada rada oon he he he

  • tami

    Hi alist,

    Tolong dibantu, saya bulan may berangkat ke hongkong, ada rencana cari mainan robot voltus, boleh tau dimana carinya yah daerah mana gitu….kira2 berapaan? thx yah

  • Leni

    Halo, saya sdh 5x ke hongkong untuk “kulakan” saya sedang mencari apertemen/flat yg disewakan /minggu atau /bln daerah Mongkok yg harganya tidak mahal, bisa tlg bantu saya..? Thx a lot

  • santy

    hi,mas allist,
    akuingin nanya dikit, mohon bantuannya, aku ke hk tgl 12 ini, next daynya aku mau berangkat ke guang zhou, naik apa sih supaya bs direct kesana, ada yg bilang naik mtr,jurusan east rail,trn ke lowu trus dr lowu barusan msk guangzhou.pusing nih mas, tolong bantuannya ya.tq

  • Dian

    mau tny apa betul Cirque de Soleil bentar lagi abis contractnya di Macau?
    ada yg pny info? Liat diwebnya jdwl yg tertera hny smp mid June, apa krn online booking cuma bs 3bln ke dpn?

  • iphoenk

    hi, gw iphoenk
    mo nanya2 nih tentang jalan2 ke hongkong, rencana mau jalan di juni 2010 ini
    bisa japri ke saya ?
    please..
    thanks

    • ana

      @iphoenk,

      hi iphoenk, boleh gabung ga? g pengin ke hk – macau tp ga ada temennya
      klo boleh, share flight detail dunk

      or anyone can help ?

  • Pingback: Say Goodbye to Viva Macau Airlines

  • Feriani

    Hi, Pak Alist,

    Saya mo tanya dikit, kalo dr Macao ke Szhenzhen apa ada ferry yg langsung or harus ke TST dulu baru lanjut dgn KCR ke SZ ? TKs

    • Alist

      Dari Macau ke Shenzhen ada ferry langsung. Ada 2 jalur, yang pertama ke Shekou dan satu lagi ke Shenzhen airport ferry terminal. Perusahaan ferry juga sama yaitu Turbojet. Berangkat sekitar 1-2 jam sekali dengan harga tiket MOP 170-190.

      • Feriani

        @Alist, Tks 4 ur info.
        Bila saya menginap di sekitar LOWU, apakah saya harus ambil jalur Shekou ?

  • Arief Witjaksono

    hallo Alist. Senang menemukan web ini, very2 informatif. Saya dan istri serta anak (6 th) berencana ke hongkong – macau – Szhenzhen pad atgl 8 mei nanti, maybe till 13 mei. Krn ada ada kecil saya ingin waktu yg fleksible, jadi penginnya cuma pesan akomodasi dari jakarta, sedangkan untuk tour guide pengin cari freelance tourguide di hongkong. Bisa tidak saya mendapat informasi mengenai no telp freelance tourguide. Tks

  • ana

    hi anyone

    ada yg mau join ga ke hk n macau?
    rencanaku sih mungkin bulan nov or des 10, ada yg punya ide alin?
    males klo musti jalan sendiri kesana

    serius yah

    • cen

      @ana, aq xie mao brangkat tgl 29 juni 2010..
      macau hk..
      rencanana gag ikut tur aliaz jalan sendiri..hehe..

      • ana

        @cen,

        tgl 29 juni pulang kapan? naik apa ? boleh join ga ? kan biar seru , share flight schedule mu dunk , jadi aku bisa prepare :)
        boleh ?

  • Vina Tjajadi

    Alist, terima kasih banyak mailnya, blogmu bener2 bagus dan membantu saya memberanikan diri ke macau dan hongkong bawa ponakan n ortu kesana tanpa ikut tour…..saran saya kalau bisa alist bikin tour dong, saya daftar pertama nih ikutan….. jg murah meriah dan padat acaranya…. soalnya klo ikut tour gak seru banget dah…

    planning saya kemacau n hk tgl.15/6 sampai 21/6. saya ikuti rencana perjalanan kamu… tapi saya macau dulu baru hk.

    sekali lagi TQ jah…..

  • nina

    halooooo,mau memastikan lagi nih……..emang bener ya kalo ke shenzen,windows ot the world ga usa pake visa???yakiiin???naek mtr nya dari hung hom??kalo emang bener cuma 30 menit aku mau PP aja gak pake nginep,yg penting uda nginjek shenzen n foto2,hehhehe!!!tp bener nih ya mas alist???tar kl harus pake visa aku bisa di tangkep dong!!!matursuwun sanget jawabannya yaaa,ditunggu!!!

    • Alist

      @nina, maksud saya di komentar2 di atas adalah tidak perlu mengurus visa di indonesia. Cukup VOA di imigrasi sana, jadi santai saja. MTR ke Lo Wu dari Hung Hom antara 30-45 menit, ini belum menghitung waktu antrian di imigrasi.

    • ana

      @nina,

      nin gabuang dunk…aku ga ada temennya niih . lo kapan mo pergi ? heheh

  • irne

    hai, mau nanya nich, aku ada rencana 28 april mau ke hk… kalo mau ke victoria peak posisiku di causeway bay bagaimana caranya? trus kalo naik tram ( kreta merah itu kan? ) naiknya di dpn sogo-kah? ada nomer kretanya ta? trus berhentinya dimana apa di dae central? spt yg saya baca di ulasanmu dari causeway bay naik tram berhenti central trus naik peak tram? peak tram itu kreta ijo itu ta? trus stanley market di mana-nya causeway bay? tolong donk dijelasin ya? spy aku ndak bingung??? tx maaf lho tanyanya kebanyakan….

  • sufian tan

    Hai, salam kenal… thanx buat info yg sangat menarik disini (walau masih bingung dgn nama daerah Hkg yg blom di kenal).
    saya akan ke Hkg tgl 19-24 Augustus 2010 (sudah beli tiketnya); berdua dgn teman. Ada rencana ke Macau juga dan SenZhen (tapi ke senZhen harus ada visa). Yang jadi perhatian utama saya adalah penginapan; sudah pasti di hostel tetapi blom memutuskan yg mana karena masih bingung: manakah hostel yg memiliki posisi strategis untuk bisa keliling dan belanja di Hkg sampai puas dalam waktu 3-4 hari?
    Apakah perjalanan ke Macau bisa di nikmati dalam sehari (bermaksud utk PP Hkg-Macau) namun bila rekomendasinya adalah menginap maka saya akan mencari tau lokasi hostel di Macau lagi.

    Terimakasih atas bantuan dan informasinya, sukses selalu!

  • sheing

    Hello, kelihatannya perjalanannya menarik. Saya ingin menerapkannya, tetapi saya dari Macau/Hongkong ingin melanjutkan lagi ke China. Dan kembali ke Jakarta langsung dari China. Apakah hal ini memungkinkan? Haruskah kita kembali ke kota (negara) tempat tujuan pertama dari Indonesia lagi?
    Terima kasih.

  • edotina samad

    Hai…

    Pak saya mau menanyakan apakah tersedia tour guide orang indonesia di hongkong ? Apakah tersedia paket tour di hongkong yang menyediakan tour ke hongkong-shenchen-mau dengan guide orang Indonesia ? boleh minta informasinya. Thanks

  • tia

    Hi..

    Saya akan ke HK brsama 2 tman saya bulan mei ini dan ada rncana mau ke shenzhen dari HK. Kalau boleh minta saran, lebih baik urus visa u/ msuk shenzhen di Jakarta atau di perbatasan aja? thx. Oh iya, biayanya brp ya u/ bikin visa k shenzhen? terus jadinya brp lama?

    • Kristina

      Hi Tia,

      1) Kalau waktunya masih cukup untuk pembuatan China Visa,kamu mending ngurus di Jakarta.karena kalau di perbatasan takutnya nanti
      ribet.

      2) Biaya untuk pengurusan visa (kalau on arrival) kira-kira HKD 180.00 per orang..

      Tapi kalau kamu lebih dari 6 orang, dan pesen hotel atau ikut tour dr kantor aq, china visa aq yang ngurus..FREE / gratis.

      Karena aq kerja di travel yang lokasi nya di Hong Kong

      Tq

  • http://www.nuclearwarproduction.blogspot.com fuske

    Untuk Backpacker Budget terendah selama 10 hari kira” nyampe berapa yah ? [ termasuk tiket peswat dari jakarta ] jadi pengin nggelandang ke hongkong nih.mumpung lom merried

  • erfina

    saya pingin ke HongKong , macau , shenzhen, bertiga sm suami dan anak umur 10 th. plus 3 keluarga yg lain. bisa rekomendasikan guide hong kong berbahasa indonesia yang bagus? ada yg tau “shizhou’..?? or? biasanya dipakai oleh tour di surabaya.

    • Alist

      @erfina, Menurut saya ke Hong Kong tidak perlu pakai guide, cukup ambil peta yang tersedia di airport atau tourist office, kita bisa jalan sendiri ke tempat wisata dengan MTR atau bus.

      Kesulitan terbesar biasa cuma masalah makanan dan cara memesannya. Namun tentu ini tidak masalah kalau cuma ‘tunjuk gambar’.

      Atau ikuti saja itinerary seperti posting saya, mungkin bisa membantu. Cheers :)

  • zack yen lee

    bang mo tanya nih …. Saya rencana mau ke hkng bulan juni ini … Sendirian …. Tp saya masih bingung persiapan apa2 aja yg di perlukan termasuk uang saku ! Yg ingin saya tanyakan minimal brp uang saku yg harus kita siap kan … Dan secara kesuluruhan kira2 brp biaya untuk langsung ke hongkong …! Mohon pencerahan nya bang … Terima kasih sebelmnya …..

    • ana

      @zack yen lee,

      hi zack :)lo mau ke hk sendiri? boleh gabung ga ? g cari temen tp blom dapet btw lo co apa ce yah? naik apa ?

      • zack yen lee

        @ana, yah … Aku cwok …mank kpn mau kesana nya ? Kirm ke email ku aja yah zack_zero80@yahoo.co.id

  • http://www.tesyas.blogspot.com tesya

    Mas, thanks ya artikelnya bermanfaat banget. Kami dapat hotel bagus namanya Hop Inn. Buat yang mau baca cerita perjalanan kami and for more info klik aja blog kami http://www.tesyas.blogspot.com May 2010 Archive ya untuk perjalanan hongkong macau dan spore :)

    Rgds,
    Tesya

  • Ance

    Hi Alist,
    Mau tanya nih,
    saya 18 Mei 2010 akan ke Macau via Hongkong, mungkin sampai Hkk siang dan lanjut ke Macau by ferry, ferry ticket nya beli dimana atau di Hongkong Airport jg ada? dan apakah bisa utk return ticket namun open time krn balik dari Macau nya tgl 20 Mei tapi belum tau jam berapa….thanks ya atas bantuannya

    Cheers,
    Ance

    • Alist

      @Ance, Jika mau masuk Hong kong dulu, tiket ferry bisa dibeli di Ferry terminal (Central atau Kowloon).

      Ada juga rute Ferry dari HK Airport langsung ke Macau, tanpa harus melalui imigrasi HK, dengan TurboJet seharga HKD 215 satu arah.
      Jadi begitu mendarat di Airport, cari counter Sea Transfer.

      Tiket pulang dibeli nanti saja saat mau kembali ke HK karena tidak ada istilah tiket return.

      • Ance

        @Alist,
        apakah diperkenankan dengan tidak melalui imigrasi sedangkan proses itu harus dilalui? atau begitu tiba di Macau dengan ferry, baru menuju imigrasinya? thanks banyak ya Alist atas infonya…blog ini sangat berguna seklai buat saya yg baru pertama ke Macau… :)

        • Alist

          @Ance, Fasilitas ini memberikan kemudahan bagi penumpang (tidak perlu antri masuk imigrasi HK dan keluar imigrasi pada hari yang sama), dan pihak HK tidak direpotkan oleh penumpang yang cuma numpang lewat.

          Memang nantinya kita harus melewati imigrasi saat tiba di Macau.

  • quyat

    hello Alist.. salam kenal..
    waah awalnya iseng2 googling nyari wisata hemat ke hongkong setelah kemaren ketagihan backpeckeran ke singapore dan malaysia.. akhirnya ketemu ini dengan info yg lengkap & membantu banget.. jadinya aku kepengan backpecker kesini juga tapi buat rencana liburan taun depan aja karna jatah cuti taun ini udah habis.. hehehe..

    tapi akan lebih baik kalo nyari tiket murahnya dari sekarang aja.. mana tau dapat harga promo dari airasia..

    Alist aku boleh tanya2 banyak gak mengenai hongkong & macau maklum perdana nih.. minta YM nya dunk.. atau add aku aja YM ku quyat_ramsus@yahoo.com

    thanks yah..
    best regard..

    • Alist

      Thanks sudah mampir ke sini. Semoga artikel di sini bermanfaat.

      Saya biasa aktif dan dicontact lewat twitter @GoJavaMilk

  • daniel

    hi, alist…
    terima kasih atas artikelnya yg sangat2 membantu, saya belum pernah ke HK tp 2 minggu lagi sudah mo jalan, kebetulan saya & istri mau jln ke HK – Macau – Shentzen, cm mo memastikan kembali,apakah :

    1) HK – Macau – Shentzen tdk perlu urus visa dari Indonesia & cukup Visa On Arrival saja?
    2) Ke Shentzen, daerah mana saja yang cukup menggunakan VOA,apakah Splendid China, China Folks Culture Village & Window of the World cukup menggunakan VOA saja?
    3)Apakah di Macau & Shentzen, kita bisa menggunakan mata uang Hongkong Dollar? atau musti punya mata uang China? kurs nya seperti apa jika saya membayar dalam mata uang Hongkong Dollar?

    Mohon informasinya, karena 2 minggu lagi saya sudah akan berangkat & belum urus Visa Hongkong & China…need your information asap…thanks ya…

    • Kristina

      Dear Daniel,

      1) Kalau HKG dan Macau tidak perlu Visa,tetapi kalau Shenzhen harus pake Visa,visa blh di urus di Indonesia atau boleh juga on arrival.

      2) Untuk di Macau dan Shenzhen, lebih baik menggunakan mata uang RMB, atau USD, karena kalau HKD kebanyakan disana tidak boleh.

      Kalau kurang jelas, kirim e-mail ke saya ya,karena saya kerja di travel yang lokasi nya di Hong Kong.

      Thanks
      Kristina

      • ibeth

        Hi Kristina,

        Aku dan temen-temen akhir Juni rencana mau ke HKG + 1 day city tour ke Shenzhen. Karena kami ada acara di HKG sebelum pulang rencana mampir ke Shenzhen 1 hr. Berapa kira-kira tarif city tour guide 1 hari/mlm ? (dan kalo + VOA ?).

        Boleh tau website Travel tempat kerja kamu ?

        Thanks

        • Aming / Kristina

          @ibeth,

          Maaf, kira-kira berapa orang ya yang mau ikut tour,dan apa termasuk hotel juga..karena dengan jumlah orang yang berbeda,
          maka harganya juga berbeda.
          Saya bisa menguruskan China Visa (Free) tapi harus lebih dari 6 Orang, kalau kurang dari itu maka di kenakan biaya sekitar USD 25 per orang nya.

          Jadi coba kirim e-mail ke saya, nanti saya buatkan harganya beserta tempat yang akan di kunjungi.
          ini alamat e-mail saya. aming@ali.com.hk

          Sementara ini website kantor masih dalam pembuatan.

          Thanks

  • irma

    Hi alist,
    mo nanya2 soal macau & shenzen boleh yaa…
    Aku udh booking tiket dengan rute : KL-Macau, shenzen-KL. Jadi rencananya dari macau ke shenzen naik fery or bus or train. My questions are :
    -alternatif mana yang lebih murah dari macau ke shenzen apakah naik ferry, bus or train?
    -rencananya di macau aku nginap di emperor hotel, deket ga dari airport & terminal ferry or train station? transportasinya gimana?
    -katanya setiap hotel di macau nyediain shuttle bus gratis, kemana aja tuh rutenya? bisa ga jemput dari airpot dan nganter ke terminal ferry?
    -kalo di shenzen nginap di hotel holiday inn espress lou hu, transportasi dari terminal ferry dan dari hotel ke airport, naik apa ya?
    -overall susah ga jalan2 di macau-shenzen tanpa guide secara aku ga bisa bahasa mandarin & portugis sama sekali? apa petunjuk naik train dan ferry tersedia juga dalam bahasa inggris?
    Mohon dijawab ya… sori pertanyaannya kebanyakan.. hihihi
    Thanks anyway..

    • Alist

      - ada Ferry langsung dari Macau ke SZ, saya rasa ini moda transportasi yang cukup hemat selain bus.
      - Emperor hotel tidak cukup dekat dari kedua tempat tsb, tapi tersedia shuttle gratis dari hotel menuju ferry terminal. Kalau shuttle ke airport mesti tanya ke hotelnya langsung.
      - Saya rasa MRT bisa menjadi transportasi dari hotel SZ.

      • irma

        @Alist, thanks infonya ya… tapi pertanyaan ku terakhir belum dijawab tuh hehehe… kalo jalan2 keliling shenzen dan macau ga pake travel susah ga’ ya cari info nya, maksudnya apakah informasi mengenai jalan, stasiun dan pusat perbelanjaan ada yang pake english dan tulisan latin kaya di HK, soalnya aku ga bisa bahasa mandarin n portugis nih. thanks before..

  • http://- dilo

    aku mau nanya..klo 14-18 Seb 20010 lg musim apa yah???
    klo hostel yang paling murah bangat didaerah mana?hehehe..kan buat tidur 5 jam doank…klo dari airport k kota dekat g?bisa sambil jalan g?

  • http://- dilo

    satu laGI…HOSTELNYA MESTI DI BOOKING DULU?NGAK BISA LANGSUNG AJA PPAS DATANG?

  • zira

    hallo mas alist…saya mau pergi ke hk sekeluarga, deg 2 anak (9 dan 6), selain disneyland tempat apa lagi yang patut dikunjungi ya? mengingat kami hanya 4 hari 3 malam. kedua, kira2 tempat penginapan yg murah tetapi cukup nyaman, di mana ya???? mengingat budhet berpergian terbatas….Ditunggu infonya ….

  • niny chandra

    haii…mas alist..mo ty nih…kira2 susah ga kalo sesampai di airport HK…u mengurus di bag.imigration???dgr2 kabar…ktnya ribet banget….byk bagian yg musti dilalui…atas saran saya ucapkan thank’s mas alist… ^^’

  • Viandy

    salam kenal,saya..istri dan adiknya besrta 2 anak kecil saya tgl 6 jul berangkat ke HK dan pulangnya jg melalui macau selama 4 malam 5 hari.rencana hari pertama begitu tiba Macau langsung ke HK dulu selama 3 malam barusan malam terakhir kami balik ke Macau utk nginap semalam sambil jalan2.Yang ingin saya tanyakan apakah 1.Apakah rencana perjalanan ini sudah betul mengingat tiba dan pulangnya kami harus melewati Macau? 2.Utk 3 dewasa dan 2 anak kecil apakah hotel memperbolehkan kami masuk dgn 1 kmr saja? 3. Di Macau kami menginap di Best Western Taipa..apakah hotel tsb menyediakan shuttle bus dari ferry terminal ke htl dan htl ke airport? Ditunggu ya balasannya!thanks a lot..

  • Marthen

    mau tanya donk : Saya, Istri, Ipar dan anak saya rencananya mau ke Hongkong terus ke Hangzhou (cina)…bisa lewat darat ga ya…maksudnya nyebrang pake boat/kapal ferri.perlu visa kah? thanks u bantuan nya

  • Shanty

    Dear Temans,

    Saya ada planning ke HK tgl 12-17 Agustus 2010. Apakah ada teman2 lain yg akan berangkat ditgl itu ?? Karena saya pergi sendiri…lebih mudah dan nyaman kalau ada beberapa teman kan….? Tolong hubungi saya di email : reilia_shanty@yahoo.com

    Atau mas Alist ada ide unt saya ?

    Tks

  • Dotty

    Tolong dong sy mau minta tlg hotel / hostel murah di Macau … kalau ada travel yg menyediakan dng guide tour bhs Indonesia jg boleh utk city tour … krn sy akan membawa rombongan 20 org an … Tlg 1 org kena charge price brp ya utk 3 hr 2 mlm … Thanks infonya …

  • martin

    Dear mr.alist,

    Saya 9 januari 2011, mau brgkt ke hongkong tiba jam 10 malam dgn itungan 4 hari dr tertanggal kedtgan denagn 4org Adult, yg saya mau tanyakan, mengenai beberapa pertanyaan berikut mengingat saya baru pertama kali ke hongkong:
    1. Transportasi apa saja yg dapat mengantarkan kita ke hotel? Kira2 biayanya brp?apa harus negosiasi spt malay?atau seperti SinG yg kita cuma kasih tau jln saja sudah dia antar sampai tujuan tanpa disasarkan?
    2. Kira2 utk hostel atau guest house mana saja yg kira2 recomended utk org yg baru pertama kali dtg ke HKG yg termasuk LoW Budget?dan yg terletak di tgh kota sperti Orchard Rd misalnya dg Lucky pLaza atau malay dg KL pLaza?

    Regards

    Martin

  • http://javamilk.com Alist

    @Debby, Di Hong Kong saya tinggal di SKA House Hotel (HKD 310 per malam) sedangkan di Macau tinggal di Holiday Inn (MOP 690/malam).

  • http://javamilk.com Alist

    @Charles, Kamar di Cosmic Guest House harus tipe triple baru bisa masuk 3 orang. Standar di HK: ukuran kamar hotel kecil kecil. lingkungan hotel ini adalah flat rumah orang, mungkin jangan dibayangkan seperti hotel berbintang, yang ini lebih mirip Lucky Plaza atau flat di Chinatown Singapore. Untuk yang cuma ‘numpang tidur’ karena seharian di luar, guest house ini rasanya sudah cukup karena harganya yang cukup murah.

    Tapi jika ingin lebih nyaman, bisa dicoba Bridal Tea House Hotel atau Ramada Hotel.