Panduan Jalan Hemat ke Eropa

This is Indonesian version of my Travel Guide. For English version, please go to my Europe Travel Guide. I travelled from Indonesia to Europe and been there for 13 days, enjoying many aspects of Europe cities from U.K to Italy using my own pace without guided tour.

javamilk-eur

Kali ini saya mau sharing pengalaman, siapa tahu bisa jadi panduan liburan atau jalan-jalan hemat ke Eropa untuk Anda. Maret 2008 lalu saya sukses melakukan jalan-jalan ke Europe/Eropa. Total hari yang dipakai adalah 22 hari, di mana 13 hari berada di Eropa, plus 4 hari stop-over di Shanghai dan sisanya adalah di Singapore dan Malaysia. Total biaya untuk 22 hari ini adalah hampir 49 juta rupiah untuk 2 orang, dengan biaya hidup dan hotel moderat. Kota yang dikunjungi selama di Eropa : London, Roma, Florence, Venice, Paris, Brussels, Amsterdam, Mainz, dan pulang lewat Frankfurt.

Panduan ini akan terdiri dari banyak halaman meliputi:

  1. Intro
  2. Di mana beli tiket pesawat?
  3. Mencari rute penerbangan internal Eropa, kereta, dan hotel
  4. Mengurus Aplikasi Visa ke Eropa
  5. Perjalanan ke London
  6. Jalan-jalan di London
  7. Jalan-jalan di Roma
  8. Jalan-jalan di Florence
  9. Jalan-jalan di Venice
  10. Jalan-jalan di Paris
  11. Jalan-jalan di Amsterdam
  12. Jalan-jalan di Mainz Frankfurt
  13. Pulang deh

Ada artikel lagi di perjalanan saya berikutnya, juga mungkin menarik untuk Anda.

  1. Jalan-jalan di Barcelona
  2. Jalan-jalan di Swiss

    di London
    Intro

    Saya tinggal di Jakarta, Indonesia. Perjalanan ke Eropa ini dirancang tidak menggunakan bantuan tur/travel, jadi semua urusan arragement harus dikerjakan sendiri. Mengunjungi sekian banyak negara dengan banyak alat transport tentu saja memerlukan cukup banyak usaha dan tenaga, sehingga mungkin tidak cocok untuk keluarga yang membawa anak kecil atau manula. Kemampuan membaca peta juga penting karena harus mencari jalan sendiri.

    Apalagi bagi orang yang belum pernah jalan sendiri ke negara seperti Inggris, Perancis, Italia, Belanda, Jerman, dan lainnya, mungkin sebagian besar orang ragu: bagaimana bisa jalan-jalan tanpa tour guide? Untuk Anda yang senang travelling dan wisata tapi tidak mau repot, ikut tour memang pilihan yang aman. Sedangkan untuk orang yang suka pertualangan dan kebebasan, jalan sendiri bukanlah kesulitan besar.

    Kalo Anda bertanya, kenapa tidak ikut tur? kan bisa lebih murah? Coba baca paragraf pertama di atas, total cost saya apakah lebih mahal dari pada ikut tur dengan jumlah kota dan hari yang sama? Selain itu tentu ada alasannya untuk jalan sendiri:

    • Mestinya bisa lebih murah
    • Fleksibel: bebas jam berapa bangun pagi, dan kapan mau tidur malam. Ikut tur biasanya melelahkan karena checkin hotel malam jam 10, besoknya bangun jam 6 pagi, sarapan dan jalan lagi. Ikut tur tidak mungkin punya pengalaman bersepeda semacam ini lho.
    • DSC05622
    • Jalan hanya ke tempat yang kita sukai. Tur bisa saja membawa orang ke museum yang membosankan.
    • Tidur selalu di hotel. Ikut tur berarti Anda harus siap tidur malam di atas bus berjalan.
    • Ini rahasia umum: yang ikut tur kebanyakan orang tua atau manula, kadang tidak cocok untuk anak muda.

    Tapi, jalan sendiri juga ada masalah tersendiri:

    • Tempat yang dikunjungi tidak sebanyak ikut tur. Biasanya kita menghabiskan waktu cukup lama di satu tempat. Bus tur akan membawa Anda ke banyak tempat dalam satu hari. Baru saja menjejakkan kaki di spot turis, foto, dan sudah disuruh berangkat lagi.
    • Memilih hotel bisa jadi problem tersendiri, dari kualitas hingga lokasi, semua sudah harus dibooking (dan bayar) jauh-jauh hari sebelum tiba di Eropa
    • Harus membaca peta kota, subway/metro, dan belajar naik bus kota.
    • Tersesat harus dipandang sebagai jalan-jalan juga, jangan saling memarahi teman seperjalanan.
    • Sabar antri tempat-tempat wisata favorit, bayar tiket lebih mahal daripada group ticket.

    Mengapa ada travel agent yang menawarkan harga murah?
    Jika Anda sering membaca iklan di koran, mungkin menemukan harga paket tour ke Eropa begitu bervariasi, dari murah hingga lumayan mahal padahal jumlah hari dan kota yang dikunjungi hampir sama. Sama-sama menawarkan misalnya 12 hari ke 6 negara dengan jumlah kota misalkan 10, harga bisa berbeda hingga USD 500 antara travel agent.

    Yang perlu Anda cermati jika memang berniat ikut tour (istilahnya group tour) semacam ini adalah detil tiap kotanya, bukan jumlah kotanya. Jika Anda baca detil tiap hari di dalam brosur, apakah tiket masuk ke tempat wisata sudah include, atau mesti bayar sendiri, atau hanya sekedar “melewati” (berarti ada tour guide di dalam bus yang teriak, “lihat ke sebelah kiri, itulah Trafalgar Square!” :) ).

    Selain itu yang sangat menentukan harga adalah biaya transportasi dan hotel. Jika Anda ikut group tour, sudah pasti akan selalu memakai bus tour baik di dalam kota maupun pindah antar kota. Pokoknya setidaknya Anda terperangkap dalam bus hingga total 3-4 jam sehari, dan dalam satu hari bisa mengunjungi 2 hingga 3 kota sekaligus. Tiba, turun bus, foto, berangkat lagi… itu prinsipnya. Hotel yang dipakai umumnya bintang 3 atau 4, namun bisa jadi lokasinya tidak di pusat kota (karena selalu punya bus tour).

    Sedangkan jika Anda ingin jalan sendiri tanpa tour, hotel tentu saja akan dipilih yang di dekat pusat kota, bahkan kalau bisa bahkan yang punya balkon lihat menara Eiffel ya kan.. (jauh lebih mahal), dan perjalanan antar kota memakai kereta cepat (lebih nyaman tapi juga lebih mahal). Itulah beberapa hal yang membedakan harga, tergantung preferensi Anda.

    Tips dari Saya

    • Booking tiket pesawat ke Eropa setidaknya 3 bulan sebelum tanggal keberangkatan. Tiket pesawat akan lebih murah jika dibeli jauh-jauh hari.
    • Pakai kartu kredit yang menawarkan kurs valas yang wajar. Dan sebaiknya gunakan hingga 2 macam kartu kredit saja untuk transaksi online supaya tidak bingung waktu validasi.
    • Ingin murah, jangan pergi waktu summer (Juni-September). Harga hotel bisa 2x lipat harga normal
    • Apply Visa yang diperlukan. Sebagai WNI, Anda perlu Visa Schengen untuk masuk ke Eropa, kecuali Inggris/UK. Visa UK harus diurus terpisah. Khusus Swiss, diperlukan visa lagi (kalo gak salah November 2008 Swiss akan menerima visa Schengen). Anda harus punya bukti booking tiket pesawat dan hotel untuk dapat mengurus permohonan visa. Booking hotel mungkin optional di kedutaan tertentu, tapi usahakan Anda menyertakan bukti booking supaya lebih meyakinkan. Bagaimana jika visa ditolak? Yah bisa jadi semua uang yang dikeluarkan untuk booking jadi terbuang percuma, tapi inilah resiko. Detil dapat Anda baca di artikel mengurus visa ke Eropa.
    • Perhatikan cuaca negara tujuan. Bawa pakaian seperlunya saja. Sampai Eropa pasti baru menyadari kenapa ada istilah ‘orang bule tidak suka mandi’
    • Jangan bawa handuk mandi. Selain makan tempat, selalu basah dan berat, pasti bikin koper berat dan bisa jadi kena excess-baggage charge di pesawat. Handuk selalu disediakan hotel dan bersih.
    • Bawa disposable underwear, baik untuk lelaki atau perempuan. Harganya murah (saya beli 15,000 per pack isi 6-7 di Watson’s atau Hypermart). Anda terbebas dari rutinitas cuci mencuci, sekali pakai tinggal buang.
    • Ingat: airline di Eropa memakai batasan 15 kg untuk bagasi check-in. Lebih dari ini biasanya kena charge. Dan usahakan jumlah bagasi yang dibawa cuma 2 per orang. Satu untuk check-in, satu lagi backpack. Harga Tiket pesawat dihitung dari jumlah check-in piece dan beratnya.
    • Bawa obat yang mungkin perlu dan juga resep dokter. Kita bisa membeli obat dokter di apotik tanpa resep, tapi di luar negeri hal ini tidak berlaku.

    Baca Artikel selanjutnya: Di Mana beli Tiket Pesawat? >>


    Jika Anda tertarik untuk jalan hemat ke Eropa, saya menawarkan paket tour hemat ke Eropa. Untuk lengkapnya silakan baca di website JalanEropa.com – Tour Hemat ke Eropa.

     
    Hotel reservation - Venere.com
    Enter a city  
      or select a destination
     
    Select dates
     
    Arrival: Departure:
    Guests and rooms
     
    Guests: Rooms:
     
    • evaco

      Bagus bro,…
      Informasi sangat lengkap, untuk cerita dan tip perjalanan di kota nya lain ditunggu, terutama yg di amstrdm.Renc aku & istri mo kesana jg.alamat ym nya dong.
      regard.

    • alist

      @evaco thanks, lagi berusaha keras meluangkan waktu nulis artikel berikutnya :) id ym aku : alisanta

    • evaco

      Alisanta gw jg mo jln tp gak ikut tour, isi koper apa aja yg ptg selain disebut diatas? klo ngurus visa schengen dimana, sorry gw blom pernah ke eropa, pengen banget, itu visa bisa berapa negara, biaya?thx

    • alist

      @evaco isi Koper mestinya tergantung musim di Eropa. Kalo musim dingin cukup bawa 1 jacket dan 2 sweater. Baju kaos 2 aja cukup. Kalo musim panas bawa baju kaos yang tipis aja 6. Di sana juga ada Laundry murah kok. Underwear beli yang disposable aja.

      Visa Schengen harganya sekitar 600rb-an, bisa di apply ke kedutaan negara Schengen : Italia, Belanda, Jerman, Spanyol, atau Eropa Timur seperti Chech, Poland. Sebenarnya syaratnya hampir sama semua kok. Tergantung negara pertama yang kamu kunjungi atau yang stay paling lama.

    • alist

      @evaco oh ya, kalo mampir ke Inggris, mungkin bisa dipertimbangkan tidak bawa sabun dan sampo dari indonesia. Di sana harga barang Mark & Spencer sangat murah, sabun mandi cair satu botol besar cuma 1 pound.

      Kalo pergi berdua, jangan lupa bawa tripod kamera biar bisa potret berdua sepuasnya tanpa perlu minta bantuan orang lain.

      Bawa celana cukup 1-2 potong, bisa dipakai berhari-hari krn jarang berkeringat. Jadi kesimpulannya usahakan koper cuma 1 per orang dan isi koper seringan mungkin.

    • evaco

      Haloo jupa lg..
      aku dah baca syarat bikin visa schengen (Belanda) yg aq mau tanyain:
      1, Surat Undgn, Klo tidak ada yang undang kita gmn? kita kan turis apa perlu srt itu ? atau sebagai gantinya apa?
      2, Laporan Keu, maksudnya apa, buatnya spt apa? apa cuma rec tab 3 bln terakhir? brp saldo min?
      3. asuransi perjalanan sebesar euro 30.000 ? kloa cuma 10 hari apa hrs segitu? pake asuransi apa yg murah ?
      4. Dari pengalaman, masuk ke nagara mana yag visanya gampang (pasti diterima). Demikian mhn ksh pencerahan dan pengalaman @alisanta. Thx

    • alist

      @evaco:
      1. Surat undangan tidak perlu kalau turis, tapi harus menyertakan bukti booking hotel di negara schengen yang mencakup seluruh hari selama di negara Schengen. Kalo mau tinggal di rumah teman di Eropa, minta ybs membuatkan surat undangan dan dikirim ke kedutaannya di Indonesia.

      2. Laporan keuangan, bisa berupa fotokopi buku tabungan, deposito, atau rekening koran 3 bulan terakhir. Anda harus minta surat keterangan dari bank yang menyatakan rekening itu valid (bayar biaya administrasi 5000). Rekening ini tidak perlu besar2 amat jumlahnya, cuma ingin membuktikan kalo Anda punya pekerjaan di Indo (jadi masih mau pulang) dan punya uang cukup utk jalan ke Eropa.

      3. yg dimaksud itu adalah nilai pertanggungannya. Sedangkan preminya cuma sekitar $40-$100 tergantung berapa lama Anda stay di Eropa. Asuransi bisa dibeli di travel agent, dan biasanya semua merek asuransi sama saja. Kalau bersama istri/keluarga, bisa minta paket asuransi keluarga yang lebih murah.

      4. Asalkan semua bukti sudah disertakan lengkap, dan loket mau menerima aplikasi anda berarti sudah oke (90% diterima). Setahu saya semua kedutaan sama saja cara kerjanya, cuma rumor mengatakan kedutaan negara Eropa Timur, Belanda, Belgia tidak terlalu rese.

    • http://www.hino.co.id yusnaini

      Aduh..menarik banget ceritanya, aku rencana mau ke amsterdam tgl 4 oktober balik 12 oktober dari jkt. ini pertama kali kami ke Eropa, uda pesen tiket KLM, betul harganya dapet yang murah..
      ke negara mana aja kira-kira yang cukup waktunya,kalau ke Inggris pakai visa lagi ya..??
      Alisanta..kasih tahu donk gimana rute yang menurut kamu pas , karena kami dewasa 4 anak 2, mau jalan-jalan hemat ke Eropa
      tapi waktunya juga cuma 7 hari…kali ya..
      berapa negara yang bisa dikunjungi….
      thanks ya infonya.

      ditunggu ceritanya di negara2 ….lain pasti lebih menarik lagi !!
      salam kenal..
      yus

    • http://www.hino.co.id yusnaini

      Oh ya lupa.. mau tanya kalau aku rencana nginap dirumah teman, berarti temanku itu kirim undangan ke kedutaan belanda yang di Jakarta, ?? terus perlu nginap ngak sih disetiap negara?? kalau waktunya singkat ke negara mana aja yang bisa pulang hari…
      Visa Belanda sekarang sekitar 1 juta lebih..
      tiket kereta kira2 berapa ya untuk 7 hari…
      makasih ya infonya.

      salam,
      yus

    • alist

      @yusnaini betul, undangan dikirim / fax oleh pengundang ke kedutaan mereka di Indonesia.

      Krn berangkat 4-14 oct, berarti efektif hari jalannya 9 hari kali yah. Rutenya mungkin bisa dicoba Amsterdam – Brussel – Paris – Rome – Florence – Venice – Vienna – Frankfurt – Amsterdam, semua lewat kereta.

      Kalo emang cuma punya 7 hari, yah mungkin cuma bisa mengunjungi 3-4 negara. Sebaiknya jangan cuma ‘numpang lewat’ aja. Mininal nginap 1 malam biar bisa dapatin ‘sense’ dan makanan Eropa.

      Tiket kereta bervariasi sih, kalo rencana beli tiket pass , mungkin bisa lihat harga dan beli Europe Railpass di raileurope.co.uk (lihat tarif Group Pass)

    • http://www.hino.co.id yusnaini

      Dear alist, thanks infonya, cuma yang jadi pertanyaan lagi bagaimana cara bermalam dimasing-masing negara, apakah perlu booking hotel dulu, kalau boleh tahu hotel tempat alist dulu menginap mahal2 ngak yah??? dana kami pas-pasan tapi maunya pergi
      ke banyak negara?? sampai saat ini persiapan baru tiket aja, undangan dari teman untuk dapatin “visa” juga belum sampai, sementara saya ngak punya teman dinegara lain.
      mohon infonya…
      salam…

    • alist

      @yusnaini Sebagai syarat untuk mengajukan visa, perlu print-out booking hotel. Dan memang sebaiknya sudah punya booking hotel sebelum berangkat supaya bisa mempersiapkan rute perjalanan lebih baik.

      Silakan baca page Hotel Booking ada beberapa hotel yang saya tinggal selama di sana dan di bagian bawah terdapat box utk mencari hotel di tiap kota Eropa. Yang saya cari biasanya cuma hotel bintang 1 atau 2. Harganya cukup murah dari €50-80 tergantung kota dan lokasi. Itu sudah lumayan bagus, bersih dan di tengah kota.

    • ragay

      halo salam kenal.
      tulisannya bagus dan informatif sekali. sampe aku print semua infonya. siapa tau ntar ada rejeki bisa kesana bareng husband.. amiiinnn
      memang menyenangkan banget ya travelling dgn mengatur sendiri schedul kita. lebiih leluasa dan menurutku sih lebih hemat memang.
      bln maret td bareng temen ke shanghai n beijing gak pake travel agent krn mau bebas of course ya.
      tempat wisata yg didapet lebih banyak dan lebih puas..
      next time kalo butuh info aku kontak ya bos

    • alist

      @ragay Terima kasih atas support-nya, saya lagi berusaha meneruskan artikel lanjutannya (rasanya panjang sekali).

      Kalau ada rencana berangkat, bisa saja mulai booking tiket pesawat, sekarang ini bisa booking sampai Desember 2008, bahkan ada airlies yang sudah open hingga Maret 2009.

      Semoga sukses dan banyak rezeki.

    • ira

      Alisanta,
      Wow… is great!!!Terusin ya.. nulisnya. Tulisanmu Bener2 berguna untuk banyak orang Alisanta. Aduh tahun lalu saya dan misua kepengen ajak anak2 yang sudah berumur 15, 17 dan 22 tahun ke eropa tapi persiapan sangat mepet hanya sebulan jadi untuk visa yang dibutuhkan dai 3 kedutaan tidak keburu. Tahun 1986 saya pernah ke Amsterdam, London dan Paris. Jadi saya bisa ngikutin Alisanta di London.
      Tahun lalu ahirnya kami sekeluarga jalan2 di China. Beijing-Shanghai-Guilin-Shenzen-Hkg.

      Alisanta,
      kalau kita booking ticket via email, supaya kita dapat kondisi “open jaw”, apakah karena promo atau bisa kita minta?
      Ditunggu cerita berikutnya ya..

    • alist

      @ira: thanks ya, aku baru selesaiin artikel ttg London, dalam minggu ini akan di post.

      Open Jaw itu fasilitas standar airlines (bukan promo), cuma bisa diminta dari travel agent, tidak bisa dgn online booking. jika mau email dgn travel agent, coba ditanya apa airlines tsb memberikan fasilitas open jaw. beberapa contoh term open jaw dapat dilihat di sini: http://www.chanbrothers.com/flight/airfares/city_details.cfm?city=LHR

    • ira

      Alist, thanks ya. Jadi nambah trik untuk jalan-jalan ya…

    • sandra

      hai alisanta
      thanks infonya….cuma mo nanya harga ticket masuk ke tempat2 wisatanya di eropa mahal ga?.visa harus apply dulu atau ada on arrival visa?yang mana yang lebih hemat?

    • alist

      @sandra Tiket jika dikonversi ke Rupiah memang tergolong mahal, minimal Euro 10, misal naik ke Eiffel, London Eye, Colloseum di Roma. Terlebih masuk Disneyland Paris: harganya sekitar 35 Euro. Tapi kalau cuma mau foto-foto saja tidak perlu bayar tiket masuk kok.

      Visa harus di-apply di Indonesia, tidak ada fasilitas Visa On Arrival.

    • evaco

      jumpa lagi..
      aq dah booking hotel via vinere dan sdh di print, gmn caranya re- confirm ke htl tsb klo kita jd pake htl itu., apa email aja ( sy lihat di web hotel tdak ada fasilitas reconfirm nya) atau gmn (selain tlp).
      tx salam

    • alist

      @evaco Kalo udah booking kan nanti dikirim email dgn subject “Confirm Venere Reservation – Nomor reservasi”, nah cukup print email ini dan perhatikan Reservation Number nya, ini sudah cukup untuk dibawa ke hotel ybs.

      Tidak perlu confirm manual lagi ke hotel kecuali mau late checkin di atas jam 8 malam (biasanya tulis notes late-checkin waktu booking via Venera).

    • stepvany

      To whom it may concern,
      Lgi bingung nech mau pg pas october atau december ini yach, rencananya amu ke Italia, Paris, Jerman, Amsterdam, Swiss gitu, kalau bulan desember biasanya dingin banget yach? kalau desember ribet bawa pakaian pikirannya dari Indo gitu, gimana yach any advice? concern g sech lebih ke masalah cuaca gt

    • alist

      @stepvany Desember memang dingin banget, sebenarnya bawa baju dingin cukup 1-2 aja, dipakai terus tiap hari yang penting kan kaos di dalem yang rutin diganti. Utk wanita bisa beli long-john yang efektif mengusir hawa dingin.

      Saran saya sih pilih Oktober dari pada desember, karena Desember adalah peak season, dan oktober masih lebih hangat.

    • agung

      saya mau travelling tapi ngak ada teman, kalo ada yang suka travelling bisa hubungi saya hp 0812 58 013 94

    • http://- riza

      Minta info mas, kalau mau jalan jalan ke Inggris itu syarat utk visanya apa aja yah mas? apa sama seperti visa schengen?
      Saya ada rencana tapi ngga ada temennya, sama spt mas agung…

    • alist

      @riza Saya kutip dari website resmi aplikasi visa ke UK:
      - biaya multiple entry visa untuk jalan-jalan adalah IDR 1,235,000

      persyaratan visa UK (dikutip dari http://www.vfs-uk-id.com/applying.aspx) :
      - foto 4×6 warna dengan background putih
      - Sponsor Letter atau surat undangan
      - Rekening koran / bank 6 bulan terakhir
      - KTP , KK, Surat Nikah
      - Akte lahir
      - Tiket booking ke UK

    • evaco

      alisanta, aku denger klo bandara CDG paris agak rese ? cerita sebetulnya gmn sih, soalnya aku ada renc mo keluar eropa ke indo dari CDG.Klo di Amstdm apa ada tiket model spt Paris Visit Pass, aku cari di situs gak ketemu tuh,..Tx

    • alist

      @evaco Aku sih gak tahu yah CDG rese seperti apa, waktu itu sih terbang dari Italy ke CDG (bukan keluar), dan karena sesama negara Eropa jadi gak ada imigrasi cek dll. Mestinya gak ada masalah kok keluar dari CDG yang penting visa masih valid. Mungkin masalah komunikasi aja yang repot karena mereka susah sekali untuk diajak ngomong English.

      Tentang I Amsterdam Card (http://www.iamsterdamcard.com/), kayaknya kurang bermanfaat selain mahal karena cuma dapat free entry ke museum-museum. Lebih baik pay as you go aja termasuk tiket transport.

    • JAYA

      hai… saya jaya salam kenal…
      saya sdh baca pengalaman kamu dalam tourke eropa. apa anda tdk berminat utk adakan tour murah bagi peminat dgn budget terjangkau ?
      karena ikut biro tour lebih mahal.

      apa kita mau berbisnis untuk buka travel agent ?
      nanti saya kenalkan dengan investor saya ?
      kapan kita bisa ketemu langsung dan sekalian berkenalan ?
      boleh saya tahu no. HP atau no. telp. yg bisa saya hubungi ?

      thx ya, atas waktu dan perhatiannya.
      jaya.0815.8634.2288.

    • evaco

      @alisanta, mo tanya nih :
      1. bukti reservasi yang kita bw ke htl ybs pembayarannya bgn? apakah di hotel tsb pd wkt dtg? klo kita pakai kartu kridit yang beda nama/nomor dengan yg tertera di lembar reservasi gmn?
      2. sy dah ngeprint bukti reservasi untk airline lokal, bgmn cara pembayarnanya, maksud sy apa pd waktu cek in atau beberapa jam sblm cek in? dan apakah hrs pakai kartu kridit yg tertera pd waktu biikin?

      trims.

    • juni

      bagus banget artikelnya..
      hi alist, bulan okt besok aku ke jerman selama 2 minggu and aku juga tertarik mau ke inggris tapi ga tau cara apply visa inggris nya, waktu visa jerman aku dpt surat sponsor dari keluarga di jerman, and ini visa shengen aku yang pertama, bisa ga ya kalau aku apply visa inggris tanpa surat sponsor ? trus apakah masih harus pake copy rekening 6 bln itu ? makasih banget loh atas penjelasannya…

    • alist

      @juni: Kalo surat sponsor ke Inggris gak ada, kamu bisa buat surat sponsor dari perusahaan bekerja sekarang (di Indo) atau keluarga yang menerangkan masalah siapa yang meng-cover biaya perjalanan dan tujuan perjalanan (jadi turis).

      Copy rekening adalah keharusan, memastikan bahwa ybs punya uang untuk hidup nanti selama di Eropa (kalo gak salah setidaknya ada 700Euro di saldo terakhir)

    • Ita

      Hai alisanta,

      aku lagi ngelihat-lihat hotel di venice. ternyata mahal sekali ya. Aku pinginnya nginep hotel kamu itu dolomiti gimana kondisinya? kalau dibandingin di jakarta kira-kira kayak hotel apa? trus kamu ke venice san marco naik taksi air atau bus air?
      Aku di italy cuma 4 hari, 2 hari di rome and satu hari di venice trus lagi mikir2 mau ke nginep di milan atau di florence.
      Aku juga rencana naik eurail tapi mau beli tiket di sini. kayaknya pas aku itung lebih murah deh karena aku travel extensively by train.thanks a lot ya buat informasinya.

    • alist

      @Ita: Dolomiti hotelnya cukup bagus. Susah sih cari perbandingan dgn hotel di Indo. Kamarnya kurang lebih sama seperti hotel berbintang 3, hanya saja tidak ada lift. Lokasinya sangat dekat dengan stasiun St Lucia. Hanya saja hotel ini tidak ada view ke Grand Canal (tapi toh di hotel cuma tidur).

      Begitu sampai di Venice St. Lucia, beli saja tiket waterbus/vaporetto pass harian. Dengan ini bisa keliling venice, ke Rialto, San Marco, dan Murano.

      Kalo berencana beli baju-baju designer, mungkin ke Milan lebih sip. Tapi kalau hanya ingin tamasya, saya sarankan ke Florence. (belum lengkap ke Itali kalo belum ke Florence).

      Tentang Eurail, perhatikan beberapa rute mengharuskan kita menambahkan additional fee (semacam booking tempat duduk) diluar biaya pass. Kalau tidak bayar fee ini, nasib buruk duduk di lantai jika kereta pas lagi penuh.

    • Ita

      Thanks berat atas infonya. Iya aku udah bandingin beli tiket eurail yang point to point sama euro pass beserta booking feenya. Ternyata aku tetep lebih murah pake pass karena emang travel extensively pake kereta api dan kita juga bersembilan mau gak mau harus booking.
      Kata orang apa-apa serba mahal ya di venice tapi rasanya rugi kalau gak nginep.By the way kamu booking dolomiti pake apa? Aku udah liat websitenya and searching melalui asiaroom ama hotelclubnet.
      Terus di rome aku belum pilih hotel masih bingung. Udah booking mercure piazza bologna tapi kayaknya agak jauh dari termini. Ada yg bilang di termini agak krodit dan banyak copet gypsi.
      Sorry ya agak bawel maklum belum pernah ke italy.
      Tx

    • alist

      @Ita: Venice sebenarnya gak begitu mahal sih, asalkan tidak naik gondola (sejam 80 Euro!).

      Hotel Dolomiti saya booking lewat HotelClub, memang harganya sedikit lebih mahal daripada hotel di Roma.

      Memang kata orang daerah Termini itu ‘agak semrawut’, tapi pengalaman saya asyik aja, banyak toko, restoran, warnet, laundry, dan yang penting Termini adalah hub ke luar kota. Memang kualitas hotel di Termini tidak sebaik daerah lain.

    • Ita

      Hi Alisanta. Ini aku lagi. Naik gondola di venice itu 80 euro sejam untuk berapa orang. Boleh gak ber4 atau ber5 tiap gondolanya? Makanan di venice mahal gak ya? Temen gu beli gellato yg di rome cume 1 euro di sana 5 euro.
      Gak usah ikut city tour lah ya di venice kayaknya jalan kaki aja bisa kan ya?
      Pls info main tourist attraction and hotel di florence. Kayaknya hotel lebih baik cari di deket station lagi ya.
      Thanks buat infonya.

    • alist

      @Ita: Gondola itu hitungannya per kapal, kalo gak salah maksimal 6 orang (jadi bisa share expense).

      Saran aku coba aja naik dulu waterbus/vaporetto, kalo masih belum puas baru naik Gondola. Dulu pernah aku baca di daerah tertentu ada kapal yang mirip gondola, tapi fungsinya untuk penyeberangan, nah harganya cuma < 5 euro per orang bisa jadi alternatif.

      Venice semua bisa dicapai dengan vaporetto, ikut city tour malah tidak menarik. Jangan lupa minta peta dari hotel karena mudah tersesat di Venice, serta tanya nomor-nomor vaporetto menuju San Marco, Murano, dll.

      Makanan mungkin tergantung lokasi. Ada sih restoran yang persis di samping Rialto Bridge, harganya memang mahal. Tapi di daerah stasiun Santa Lucia banyak restoran, pizza, dan gelatto yang harganya sama dengan Roma.

      Restoran yang wajib dikunjungi adalah Brek Ristorante. Keluar dari stasiun St. Lucia, jalan terus ke arah kiri. 5 menit jalan di sebelah kiri terdapat restoran ini. Pesan makan Panini dan Spaghetti.

      Coba beberapa hotel di Florence di dekat stasiun St. Maria Novella.
      - Hotel Ferretti
      -
      Universo
      - Hotel Fiorentino

      Silakan baca page khusus tentang Florence di posting saya.

    • Ita

      Thanks Alisanta,
      gue jadi agak pd nih. masalahnya gue bawa orang ke italynya dan gak ada yg udah pernah ke italy. Kalo negara2 yg lain udah pernah jadi gue pd aja. Masalah hotel di rome, aku udah booking melalui travel agent hotel diana tapi setelah browsing di internet kayaknya gak worthed deh dengan harga segitu. aku juga udah mantep mau cari hotel di website yang deket termini aja biar gampang.Terus kalo kamu harus milih antara venice ama florence pilih mana?
      By the way kamu waktu dari paris atau menuju paris pernah naik thalis gak. Soalnya kayaknya booking fee atau point to point tiketnya mahal amat ya.
      Thanks a lot

    • Ita

      Oh iya. Aku rencana naik plane dari venice ke paris sebab kereta dari milan ke paris pagi jam 8.40 jadi gak kekejar dari venice. Budget plane di eropa kayak easy jet atay myair aman kan ya ?

    • alist

      @Ita: Pesan Sponsor: kalo berkenan booking hotel di Venere lewat website aku aja yah :)

      Venice dan Florence musti datengin tuh dua-duanya. Keduanya unik jadi susah deh kalo disuruh pilih. Kalo berat mungkin bisa Florence setengah hari dan langsung ke Venice.

      Aku naik Thalys dari Paris ke Amsterdam. Trik murah adalah coba di-split (misal Paris-Brussel dan Brussel-Amsterdam). Cari jam off-peak misal sore atau malam. Dan memang tiket murah didapat jika dibooking 2 bulan di muka.

      Ada flight Easyjet Venice-Paris. EasyJet bagus kok, nomor 2 di Eropa utk LCC. PAstikan schedule ke airport Venice Marcopolo sudah diatur (ada bus dari stasiun bus Venice setiap 30 menit sekali)

    • Ita

      Kalo aku jadi booking hotel lewat venere don’t worry aku pasti pesen lewat kamu asal gak lebih mahal aja. By the way naik thalysnya kelas satu atau kelas 2. Kelas 2 juga udah bagus banget kan ya.
      Trus ada possibility aku di venice cuma 1/2 hari. Sempet gak ya jalan2 dari jam 11 ampe jam 3an.
      thanks

    • Ita

      Hi Alisanta,
      Aku coba pesen tiket lewat french train website yang ada di posting kamu kok susah ya. Dia tanya collecting country sementara indonesia gak ada di list. By clicking Great Britain gue bisa dapet quotationnya. Tapi gimana cara ngordernya? Kamu dulu dari italy ke french naik apa? Trus order di mana? Ternyata emang pesen dari sini tuh mahal dibanding pesen di sana. Harga website sama harga di station sama atau lebih murah di website ya?
      Tx

    • alist

      @Ita: Pilih website di mana asal kereta berangkat (misal Paris-Amsterdam beli di SNCF, London-Paris di Eurostar UK, dst).

      Kalau pesan tiket kereta lewat website SNCF atau TGV-Europe.com, pilih collecting ticket di France. Nanti Tinggal datang ke stasiun metro besar SNCF seperti di CDG Airport, Gard du Nord, atau yg lain, cari loketnya dan tukarkan booking dengan tiket asli (jangan lupa bawa kartu kredit yg dipakai utk booking).

      Harga tiket bervariasi tergantung tanggal beli. Selalu murah jika beli 2-3 bulan di muka (lewat website maupun datang langsung).

      Kalau mau naik kereta dari Italia ke Perancis, beli tiket di website Trenitalia. Tinggal print e-ticket di rumah krn sudah valid. Kereta malam Italia ke Perancis bakalan lewat swiss (perlu visa lagi), makanya saya tidak pakai kereta. Saya pakai EasyJet dari Venice ke Paris CDG.

    • Ita

      Hai Alisanta,
      pas pesen tiket di sncf, setiap pilih collecting country as france kenapa ya selalu direfer ke french websitenya yang notabene berbahasa perancis. mana gue gak ngerti perancis lagi. Kalau gue pilih Great Britain as collecting country waktu booking, jadi masalah nggak ya ? Aku udah pernah email ke sncf dan direcommend utk klik France or GB untuk tempat pengambilan tiket.

      Thanks

    • alist

      @Ita: Yup, tadi baru aku coba booking, pilih collecting ticket di “Great Britain” supaya languange website tetap English.

      Nanti ada 2 option tiket:
      1. tiket dapat diambil di counter SNCF di Perancis sebelum berangkat.
      2. atau solusi kedua bisa pilih “Print ticket yourself”. Jadi tinggal print di rumah dan langsung naik kereta.

    • avian

      Hi Alisanta,
      Informasinya berguna banget untuk ngerencanain jalan2. Aku sekarang rasanya pengen banget langsung ngambil peta dan ngerencanain perjalanan…hehehehhe…
      Aku rencana ke europe summer depan tapi mengetahui bahwa harga bisa melonjak 2x klo summer, jadi khawatir….
      Klo spring gimana ya keadaan eropa?
      Tujuan utama adl spanyol, UK dan belanda.

      Terima kasih ya sharing nya….really help us a lot =)

    • indah

      hi alisanta… wah, asik bgt nih nemu site ini, jadi inget dulu tahun 2004 ikut exchange pas mahasiswa ke brescia, italia, sempet jalan juga ke roma, vatican, florence, venice and milan. COba udah ada info selengkap ini yah, mgkn lbh afdol kali jalannya. ANyway, aku safe buat ntar suatu saat jalan2 ama keluarga (amiiiin!!!!)

    • ming

      hai Alisanta…. ^^

      saya ingin tanya bbrp hal…
      begini loh…
      saya ingin ke Eropa Timur ( Estonia ) n stay there for 1 month.

      tapi setelah melihat persyarataannya ternyata rumit sekali ya,.
      saya ada undangan dan ticket….
      tinggal apply visa yg masih bikin bingung…
      sekarang saya tinggal di China…
      pertanyaan saya…
      1. Apa saya perlu balik ke indonesia untuk meng-apply visa? setelah saya cari2…di indonesia gak ada kedutaan Estonia.dan apa bisa konsulat negara lain membantu untuk memberikan visa?
      2. untuk meng-apply Schengen Visa…itu butuh fotokopi buku tabungan kan?tapi saya gak punya tabungan di indonesia, melainkan di china.is it possible to use that?
      dan berapa saldo minimal yg harus tertera?
      3. Dengan Schengen visa…apa bisa tinggal di 1 negara saja selama 1 bulan?
      4. mengenai asuransi perjalanan….apa benar butuh 30.000 euro?kalo benar batal deh -_-’
      5. untuk WNI yang belum pernah ke eropa, apa akan dipersulit pada saat apply visa?

    • alist

      @ming:
      1. Tidak perlu kembali ke Indonesia. Cukup datangi kedutaan Estonia di China dan isi formulirnya.
      2. Yah yang penting ada rekening bank dengan sejumlah uang di sana, tidak masalah kalo bank nya di luar negeri. Tidak ada kepastian berapa saldo uang yang diharapkan ada di tabungan. Dulu pernah aku baca di Internet bahwa mereka mengharapkan ada saldo sekitar 700 Euro/Pound.
      3. Tergantung hotel booking atau itinerary pesawat. Sebenarnya Schengen Visa diberikan sebanyak jumlah hari yang diminta.
      4. 30,000 Euro itu adalah coverage nya, sedangkan preminya mungkin di bawah 100 dollar. Silakan tanya travel agent dan beritahukan 30 hari stay di Eropa perlu coverage dan premi berapa.
      5. Asalkan semua syarat lengkap dan nama kamu tidak ada “Bin Laden” mestinya tidak masalah :)

    • Ita

      Hai Alisanta!
      Aku balik minggu lalu dari europe.Thanks buat tips dan inputnya. Hotel yang aku pesen ok semua lokasinya dan tiket kereta apinya gak ada masalah waktu aku collect di france. Aku book salah satu hotelnya pakai venere kamu lho! Sorry yang lain gak ada di venere. Kayaknya venere memang spesialisasi daerah italy ya!
      Thanks a lot

      Cheers
      Ita

    • ming

      Thx a lot ya ci Alist ^^

      hahaha…..ya pasti gak ada “Bin Laden”-nya donk.
      =D

      syarat sih lengkap…cuma 1 yang kurang…
      yaitu Letter of employment…
      berhubung saya wiraswasta saya gak bisa dapetin-nya…
      so…apa Letter from employment itu penting juga ci?
      terus kalau yang gak punya bagaimana?

    • Rossy

      Hai Alisanta,
      Boleh dong saya minta tips,berhubung kamu udah banyak baanget pengalamannya di Eropa. Rencana kita sekeluarga (5 dewasa,1 lansia 75 thn,anak 4 thn & baby 3 bln) mau ke Belanda bulan April 2009. Selain ke Belanda,mau ke Perancis,Italy,Jerman,Inggris.Tapi berhubung bawa baby & lansia, mungkin kita hanya pilih tempat2 yg bener2 ‘harus’ aja. Tolong di rekomen dong Alist,sama serviced apt yg bisa disewa. Tks a lot b4 ya. Sorry kebanyakan nanya :-)

    • alist

      @ming: maap kalo koreksi dikit… saya cowok, yang di foto itu bersama istri ;)

      Belum tahu sih Kalo wiraswasta gimana untuk ajuin visa. Lebih aman coba telepon saja dulu ke kedutaannya. Sebenarnya cuma untuk memastikan bahwa kita akan pulang kembali ke Indonesia (tidak bekerja di sana).

      @Rossy: Cukup sulit yah menentukan yang ‘harus aja’. Maksudnya kota yang penting atau objek wisata yang penting. Berikut yang saya pikir menggambarkan Eropa: Eiffel Paris, Colloseum Roma, Grand Canal Venice, London Eye, Bigben dan Buckingham Palace di London. Sedangkan di Belanda mungkin lebih ke arah menikmati kehidupan santai Eropa.

      Saya belum punya pengalaman dengan serviced apartemen, bisa coba lihat di http://www.apartments2book.com/

    • evie

      wow..thaks untuk alot untuk infonya. tp aku penasaran nich gmana ya caranya booking ticket by on line tp blm di issued. rencana january mau ke belgia karna dapat undangan dari teman aku. untuk cari tiket di indonesia mahal sekali. trus maksudnya travel insurance itu gmana? brapa ya kira2 bayarnya. dan ada asuransi 30.000 euro. mahal amat ya…bisa di informasikan ga….thanks

    • Rossy

      Thanks ya Alist, infonya ttg serv apt berguna banget.

    • vina

      Hi Alist,

      nice writing!!… lengkap dan informatif sekali.

      aku punya rencana nih buat visit temen di Madrid-Spain, Koln-German, Amsterdam-Netherland… kira2 gimana ya rutenya?

      terus kira2 di bulan2 apa ya yang cuacanya ngga terlalu dingin plus airfares nya ngga mahal-mahal banget?

      Thanks a lot
      ViNa

    • alist

      @vina: tergantung gimana rute pesawat Jakarta ke Europe. Biasanya jarang ada pesawat yang langsung dari Asia ke Madrid, mestinya hub / transit di Frankfurt, Paris, atau Amsterdam.

      Tapi kalau menurut logika adalah kunjungi Madrid dulu, trus naik kereta ke Paris, lanjut ke Amsterdam, baru kereta ke Koln. Ada juga penerbangan murah dari Madrid ke destinasi Eropa, coba lihat di EasyJet, RyanAir, AirBerlin atau Jet2.

      Bulan yang mulai gak dingin adalah Maret (sekitar 10 derajat C), April mulai masuk musim semi. Bulan Februrary – Maret adalah low season, hotel murah. Sedangkan airfares rata-rata sepanjang tahun murah asalkan di-book jauh-jauh hari.

    • raha

      bisa gak jalan2x ke eropa cuma 7 hari kira2x

    • Tri Suadji

      Terimakasih buat punulis. Saya dan isteri (57 Th) ingin/akan tour ke eropa bulan Februari/Mret 2009 dengan tujuan utama Lourdes, dengan penghematan. Mudah mudahan tulisa ini dapat saya pelajari dan gunakan sebagai acuan dengan baik. Salam

    • http://naked-traveler.com Trinity

      Hah? Judulnya ‘Jalan2 Hemat’ kok mahal banget!?

    • alist

      @Trinity: Halo mbak Trinity, definisi jalan hemat saya mungkin memang beda dengan hemat menurut naked traveler. Kita tidak tinggal di hostel tipe dorm, juga tidak hidup ala backpacker.

      Yang saya jalani dan tulis di sini lebih cocok untuk yang berkeluarga, berpasangan, dan ingin traveling in affordable price. Tidak ada keinginan untuk mengirit seirit-iritnya.

    • teehelena

      hai alist, ak br baca artikel km keren banget.Aku dan suamiku ada rencana 2009 pergi ke eropa kurang lebih 2 migg kali, tapi suamiku (yg sibuk)menyerahkan ke ak untuk mengumplkan semua data2 akomodasi beserta tempat2 yg dituju hrs komplt, sedangkan ak belom pernah keeropa duhh boleh tolong bantu ak gak wkt km ke eropa km bisa ceritaain seluruhnya perjalananmu perharinya selama 22hr itu beserta tempt2 tujuanmu dari lokasi mkn,hotel,wisata,booking2 tranportasi dieropa,beserta biaya2nya, booking pesawat pp yg murah di tahun 2009(maret-april suhunya gmn?),bisa diemail ke ak? minimal ak ada pegangan mau kemana2.. tolong bantu ya biz ak gak kebayang bs keropa suennenng buanget neee….sebelumnya terima kasih ya(pleazzeee:)) )

    • silvia

      Hi Alisanta !
      Salam kenal..
      Keren bgt baca ceritamu.
      Rencananya aku mau liburan ke German selama 1 bulan pada Februari 2009 dan tinggal dirumah temanku di Munich.
      Untuk status visa nya aku masih rada bingung.. visa apa yang harus aku apply, visa turis atau visa visit friend.
      Please ur advice ya
      Tx

    • alist

      @silvia: Kalo urus visa gini, minta temen kamu (yg WN Germany) membuat surat undangan ditujukan ke embassy mereka di Indo sini. Lalu kamu apply visa turis.

    • Heaven

      Hallo,

      Mau tanya donk, apakah bisa waktu apply visa schengen kita attached voucher hotel yang udah kita beli buat di negara2 yang bakal kita kunjungin maksudnya dari pada booking hotel online trus print reservationnya. Pertanyaan berikut, pengen stay seminggu di Belanda, pengen banget stay di hotel boat di amsterdam, ada info tentang hotel boat itu atau hotel lain, atau mungkin rent apartment seminggu, pernah liat tuh tapi lupa link nya

      Makasih yah :)

    • silvia

      Dear Alisanta..
      Tx ya buat responsenya.
      Untuk surat undangannya boleh aku tau gak ya bentuknya kyk gimana? bentuk surat undangan biasa atau isi form?

    • fels

      kalau ada paket ke eropa untuk mei 2009. mohon email ke saya. thanks

    • teehelena

      hai alisanta,
      makasih berat ya atas emailnya, hehehe mo laporan dulu ne:)moga aja lulus ke eropanya….kayak ujian aja))

    • alist

      @silvia Surat undangannya diketik aja dengan isi intinya siapa yang menampung di Eropa sana, identitas, pekerjaan, alamat dan durasi stay.

      @Heaven Bukti reservasi harus ditunjukkan dalam aplikasi visa. Kalau voucher hotelnya sudah ada informasi tentang tanggal check-in mestinya bisa dilampirkan.

      Boat Hotel di Amsterdam bisa dilihat di : http://www.amstelbotel.nl/en/

      Sedangkan kalau mau beramai-ramai, bisa sewa boat hotel seperti di sini : http://www.houseboathotel.nl/

    • nia

      alisanta, saya belum pernah ke luar negeri, mau tanya:
      kalau ke eropa membawa uang selain caxh gimana, apa kartu ATM dan kartu kredit bank2 di Indonexia bisa dipakai disana? atau perlu membuka rekening bank2 tertentu? kalau harus bawa cash euro yang aman berapa?
      terus rekening yang ditunjukkan untuk pengurusan visa apa rekening bank biasa di Indonesia (mata uang idr?)

    • alist

      @nia: Baiknya langsung bawa mata uang EUR atau GBP. Jangan bawa rupiah ke sana karena gak ada yang mau terima termasuk di money changer. Euro kan gak tebel-tebel amat kertasnya bahkan ada pecahan 500 Euro selembar.

      Dan jangan masukkan semua uang ke dalam dompet. Dibagi 2 atau 3 aja, uang receh di dompet, yang gede disimpan di passport atau amplop. Untuk keperluan sehari-hari, gunakan pecahan 10,20,50 Euro.

      Kartu Kredit bisa dipakai untuk swipe di Eropa, pengalaman saya pakai BCA dan HSBC Visa dan Mastercard tidak masalah. Mau tarik uang lewat ATM Visa juga bisa (kena charge tinggi).

      Untuk aplikasi visa, bisa menunjukkan rekening IDR di Bank2 Indonesia, jangan lupa urus surat referensi bank.

    • febrina

      Hai.. Wah ceritanya asyik bgt nih.. Ak rencana mau ke eropa jg bareng keluarga dan kebetulan punya bnyk keluarga di belanda. Tapi ak bingung mau pergi bulan apa? Antara juli atau desember thn dpn. Krn uangnya terbatas jadi nyarinya dari sekarang. Tlg infonya ya.. Apa saja yg diperlukan? Atau ada buku yg di rekomen??

    • ming

      hi Alisanta.

      pengen nanya donk…
      saya baru2 ini request visa schengen di kedutaan Estonia di china.
      hasilnya di reject -_-’
      sekertaris kedutaan bilang data2 sama document lengkap dan gak ada yang salah, lalu saya tanya ” terus alasan ditolaknya kenapa?”
      dia cuma bilang “no comment”. there is no reason >.<

      Menurut kamu kenapa ya koq ditolak gitu tanpa alasan? padahal document lengkap +ada visa invitation,jumlah saldo di bank juga cukup (sekitar 90 jutaan kalo di rupiahin).form application juga ga ada yang salah,travel insurance ada juga.
      bener2 bingung…soalnya kalo gak tau alasannya apa,kan kalo mau request lagi jadi gak tau apa yang harus diperbaiki.ticket uda di bayar lagi.. visa invitation-nya juga angus gara2 di reject.

      saya sekarang lagi prepare untuk request yang ke 2x.

      chance buat request ke 2 gimana ya? biasanya lebih tipis ?
      ada saran atau tips gak untuk pembuatan visa yang ke 2 x nya?
      mumpung masi nunggu visa invitation yang baru di confirm.

      thanks

    • Ari

      bagus bro infonya.. kebetulan aku jg mau ke eropa bulan maret 2009 ini sama istri cuma berduaan aja..
      thanx ya atas tulisannya

    • alist

      @ming Memang mereka punya hak untuk tidak memberikan alasan jika visa ditolak. Kalau memang bener2 ingin ke Estonia, memang terpaksa harus apply lagi visa ke kedutaan Estonia. Alternatif lain coba usahakan rubah tiket pesawat untuk masuk ke Eropa lewat negara lain dan apply ke kedutaan itu.

      Ada proses wawancara gak waktu itu? Mungkin ada ‘keseleo lidah’ atau ada yang tidak sesuai dengan dokumen. Jawab sejujur2nya aja yah, tidak ada yang pasti dalam aplikasi visa :D

      Good luck

    • yusuf

      Wah salut Bro, lengkap buanget. ini yg gw cari. aq print ya krn bermanfaat. moga di tambah rezekinya biar bisa keliling lagi dan jgn lupa bagi pengalaman ya. minta no emailnya ya ? siapa tau minta info pas di europe sana. tq ya sukses

    • http://belumada DianDady

      Hebat perjalanannya jadi kita bisa ikutan bagaimana perjalanan anda berdua jadi motifasi kami untuk jalan dan kalau keluarga juga ikut wach… bisa jadi tour keluarga…. gimana bisa bantu n berapa biaya yang paling murah saat ini mengingat pas2an nich tapi kepincut mau ikut jejak anda berdua… he… he… sukses buat tulisan anda. dan sangat membantu.
      God Bless U All

    • Pingback: New Travel Blog Series: Guide to Hong Kong

    • http://www.mybizrich.com Anisa DS

      Dear Alist,..salam kenal ya,..saya tertarik nie gabung, seru banget and salut bisa tau info yang lengkap banget nie.

      saya anisa, mau tanya nie, bulan aprl pengenya ngajak ibu ke amsterdam and pulangnya lewat paris. tujuan utama cuma ke keukenhoff, volendam, eiffel, menara pisa klo bisa hehe. saya ada visa dari kantor tapi ibu saya belum ada,pengennya ga ikut tour karena pengen hemat. yang mau ditanya :
      1. langkah pertama untuk buat visa ibu saya gimana?tidak ada relasi disana.
      2. hotel yang murah tapi ada tour ke tempat2 tsb dimana ya, mgkn tau?
      3. pergi dari amsterdam ke paris berapa harga tiketnya kira2?
      4. hotel di paris yang ada tour guidenya tp murah dimana?
      kalau tujuanya hanya ke tempat tsb berapa hari cukupnya?

      Terimakasih banget nie Alist,..:)
      di tunggu saranya yaa,..:)thanks alot!!

    • http://www.mybizrich.com Anisa DS

      Dear Alist,..waduuuhh,..komplit banget infonya! makasih banget ya langsung di respon :) bener2 hemat dan cepat,..semoga bisa di approved visanya ya, itu yang aku takutin. maklum ingin membahagiakan sang ibu tercinta :),..bravo JAVAMILK!! thanks alot!!

    • levina

      halo pak alisanta, mau tanya, waktu ngajuin visa, kira2 bukti booking hotelny itu untuk berapa hari? atau hari pertama yg sudah di booking saja yg perlu?

      trs kalau misalny saya pake couchsurfing (yg nginep rumah orang) kira2 itu bagaimana ya? atau ada kedutaan tertentu yg tidak minta bukti booking hotel?

    • levina

      oiya. thanks before!

    • wiken

      Hi.. saya wiken. salut deh.. infonya bagus banget..
      kami sekeluarga (saya, suami & 2 anak 8th & 2 th) berencana, liburan juni nanti mau keliling Eropa. kami sdh pernah kesana 2006 lalu (sy, suami & anak pertama 6 th) tapi kami ikut tour.. & kesannya… Ruaaaar biasa capeknya… hehehe.. dgn tulisan ini, jd pengen berangkat sendiri.. tapi kira2 dgn bw anak yg 2 th bisa nggak ya?? mohon sareannya ya…

      ok deh.. sukses selalu…

    • eunike

      mas alist ok banget infonya (ikut2an..)
      1)mo tny mengenai asuransi perjalanan 30rb euro itu harus disediakan tuh? maap y mas saya kurang mudeng..
      2)kalo saya dpt undangan dari teman WN Jerman untuk stay di sana beberapa wkt (1 ato 2bln), sebagai sponsor, apa saja yg harus teman saya siapkan? apa harus menunjukan bukti financialnya kepada pihak2 di jerman ato hanya pernyataan saja bahwa ia yg akan menanggung seluruh biaya saya selama di jerman? kalo harus menunjukan bukti tsb berapa jumlahnya?
      3)dokumen apa saja yg harus saya siapkan jika kasusnya seperti saya ini?

      mohon infonya..
      terima kasih :)

    • Diana

      Hi Mas, mau tanya kalo visa Schengen itu bisa di extend ngga ya?
      dan apa bisa extend tapi beda type nya? Misalnya mau backpacking selama 3 bulan (dari sini apply tourist visa), baru setelah disana apply visa study untuk course bahasa misalnya. Apa harus di Indonesia? Thanks untuk infonya.

    • sari

      Mas Alisanta,

      terima kasih utk semua jawaban Mas di pertanyaan2 sy sebelumnya.

      skrg sy ingin bertanya ttg visa schengen. kapankah batas maksimum kita dapat masuk ke negara area schengen sejak visa tsb di-issued Kedutaan? apakah sampai 15 hari ke depan atau 1 bulan ke depan? dan apakah ketentuan ini berlaku sama di seluruh Kedutaan negara schengen?

      sekali lagi, terima kasih banyak Mas!

    • ina

      Wah…sepertinya seru ya…Artikelnya bikin semangat buat ngerencanain perjalanan…Europe is my dream…semoga saya bisa sukses ngikutin jejak eropanya…:D

    • Maria

      saya ada rencana mau ke swedia. Mau kunjungi teman baik saya sekalian travelling di sana. bukti2 seperti surat undangan si pengundang ada di tangan saya semacam letters untuk membuktikan bahwa saya akan nginep di rumah teman baik saya selama 1 bulan, tidak di hotel. Minggu lalu travel agent ke kedutaan, permohonan visa saya ditolak! help mee please! important.. harus hadiri acara perkawinan teman baik saya sekalian.

    • Maria

      sorry saya lupa, sekali lagi, terima kasih banyak Mas! :)

    • Albertus Lais

      Kami sekeluarga mrencana mau ke eropah ,dengan utamanya ke roma dan lordes, apakah ada saran@, maksudnya kota2 sekitar yang perlu dikunjungi mumpung di eropah dan apa tipsnya supaya bisa murah dan terrencana.
      Terima Kasih.

    • donna_donni

      hi alista…aq terinspirasi bgt sm tulisan kmu,akhirnya insyaallah kesampean tgl 20-31 Okt 2009 ini,mo ke London.Rencana siy 10 hari.Aq pengennya bs nyampe jg ke negara schengen..tp sohibku insist cuma explore UK aja scr dpt tiket pahe air asia yg mang Jkt-London return,nurut dia krg efektif klo mo mampir ke paris dsb pdhl kudu balik lg ke London bwat plg ke jkt.Nurut kmu gmn?oya,bwat asuransi perjalanan ke UK,ada input ga asuransi yg murah krn kan cuma 10 hari aja?maap ni,byk nanya.Rencana kami mo stay di wisma merdeka di 44 Dartmouth Road, Willesden Green London NW2 4EX.Lbh enak disitu ato cri yg dkt pusat kota,mengingat dana yg terbatas?Klo totally explore UK plus daerah scottland,ada masukan ga daerah2 wisata yg wajib kunjung?oya,musim apa di London saat ini,dan baju apa aja yg mesti aq bawa scr aq cewe?trench coat yg dr bahan parasit ckp ampuh ga seandainya disana musim dingin?Lundry yg murah di london namanya apa n brp?krn mendaratnya di stansted airport sore hari,enaknya lgs menuju ke wisma ato stay dl di hotel terdekat?ada saran ga hotel B&B terdekat yg murmer?

      • Alist

        @donna_donni, Kalau mau puas sih memang coba saja explore UK dulu selama 10 hari itu, siapa tahu next time bisa datang lagi utk explore negara Eropa lain.

        Asuransi perjalanan semua rata-rata sama baik fasilitas maupun harga, jadi tinggal beli saja.

        Hotel UK harganya lumayan mahal, kalau mau irit mungkin bisa tinggal di hostel (www.hostelworld.com).

    • Pingback: New Travel Blog Series: Taiwan

    • Wiwid

      Dear Alisanta,informasinya lengkap deh tapi aku mo nanya jg mengenai permohonan visa semoga menambah informasi buat alist mania.. Nederlanders meminta aku utk datang ke Holland so dia menyiapkan invitation via gemeente disana. Dia yg akan sponsorin aku. Invitationnya dikirim ke alamatku or embassy? Apakah perlu surat keternagan lain karena saat ini aku tdk bekerja lg? Berapa jumlah miinimum rek. saldo aku 3 bulan terkahir? Untuk booking ticket pesawat ke Holland sebaiknya airlines mana? Bgmn iklim disana pd musin gugur? Tolongin aku ya….

      • Alist

        @Wiwid, Invitation di fax ke kedutaan Netherland di Jakarta, selain itu kamu perlu lampirkan juga copy-nya (jadi fax ke dua tempat).

        Untuk yang tidak bekerja, mungkin perlu ada surat sponsor tambahan, mungkin dari kakak atau orang tua, supaya lebih meyakinkan kesana bukan untuk bekerja.

        Tidak ada ketentukan minimum saldo, tapi kalau bisa di atas 15-20juta.

        Tiket pesawat, kalau langsung ke Netherland yah pilih KLM. Kalau visa ditolak, KLM bisa memberikan refund walaupun tiket sudah dilunaskan.

        Musim gugur cukup dingin, bawa jaket kulit dan sweater, kalau ada syal juga membantu.

        • wiwid

          @Alist, wah trimakasih atas infonya and hope it would be usefull for me. So keep writing and more progressing bro….

    • melanie

      Dear Alisanta,

      Infonya sangat2 membantu, mau tanya kalau kita ( suami Istri) apply visa schengen via kedutaan belanda ataupun kedutaan lain , apakah rekening bank boleh satu saja? misal atas nama istri saja? dan pd saat wawancara apakah keduanya harus hadir? thx atas jwbnya

    • Fe

      Dear alisanta,

      november 2009 nanti aku dinas ke amsterdam selama 3hari, rencana mo cuti seminggu utk terusin ke brussel paris dan venice.
      menurut anda waktu seminggu itu apakah terlalu lama?? saya tidak nginap di brussel, cuman stopover doang, dan rencana nginep 2-3 malam di paris, sisanya 4 hari di venice?? menurut anda apa itu terlalu lama? ada daerah deket yang bisa saya kunjungi lagi?

      tiket gw uda confirmed dari jkt – amsterdam – belgia – paris ( pake kereta) dan pesawat ke venice- trus balik ke amsterdam baru kembali ke jkt

      hotel di amsterdam dan paris uda ok, sekrang masih bingung utk yang venice. tadi baca di advise anda, kita gampang tersesat divenice. saran ada saya harus gimana yaa??

      oh iya saya travelling alone, btw, buat temen2 yg mo ke eropa jg bulan depan, kabarin yaa..sapa tau kita bisa travelling bareng, agak serem jg seh jalan sendiri.

      tnks

    • Ferry

      mas alist, salam kenal… aku berencana mo ke london neh tahun depan mungkin mei 2010 (sehingga masih banyak waktu untuk persiapan), saya terkesima ngeliat mas alist bisa dapet tiket pesawat segitu murahnya… minta informasi dounk mas, tips triknya dapet tiket pesawat yang murah2… makasih ya mas!!

    • Arthur Siwan

      Dear alisanta,

      kalau ada pacar saya sekolah di italy, bisakah pacar saya yg sekolah disana mengundang saya dan surat undangan yang dimaksud itu seperti apa ya, bisa ada contohnya ga pak?

      thanks

    • christ

      Hai Alist,
      Seneng bisa baca artikelnya. Saya pernah ke Belanda tahun 90, itu karena ada sponsor sehingga semuanya tidak ada masalah. Hanya saya waktu itu ingin ke France, urus di belanda tidak bisa/ditolak. Nyesel bener.
      April 2009 saya mau ke eropa, apakah saya harus sudah urus dari sekarang ingin ikut pengalaman Alist. Please inform untuk transaksi hotel, trasport itu dibayar langsung dari Jakarta ya?. Seandainya kita tersesat apa bisa kita ke KBRI?. ini pertanyaa awal dulu.
      thank’s.

    • putri

      hello kenalin ak putri dari solo
      ak rencana mw ke blanda desember nanti
      nie juga lagi ribet2 nya ngurus2 dokumen
      hikss sumpah perasaannya campur2 emosi,kesel,capek almost going crazy deh :cry:
      katanya visa schengen (ke belanda) klo pertama kali musti pake interview yah??harus dan g bs diwakilkan yah?huhuhu
      takutt banged
      soalnya masalahnya kan ak dibiayain ama temenku yg dsono semua akomodasi,ticket dan kebutuhan disana gtu
      kebetulan temenku cowok asli teman doank g ada hub apa2 soalnya ak sndiri dah berkeluarga
      nahh yang jadi masalah ak tuh belom pernah ketemu dia sama sekali cm komunikasi via internet ama telp
      nah ntar klo pas interview ditanyaian hub ak ama temenku itu apa trus suruh jelasin “friend” yg bagaimana ak harus jawab apa dunk??
      apa nanti dimnta bukti2 email2 trus sms2 dr dya gtu yah??
      ngeri bangedd
      soalnya g pernah kirim email
      cm masuk di salah satu web seperti http://www.tagged.com
      tpi skrg profile ku distu ajah dah ak hapus
      jadi cm komunikasi via ym ama googletalk
      pliss dunkk kasih saran buat pertanyaanku nie
      makasih buangedd yahh sebelumnya
      thanks :)

      • Alist

        @putri, Saran saya jika mengurus Visa Schengen, sebaiknya tidak menggunakan undangan atas nama teman atau pacar. Hal ini akan mengundang pertanyaan macam-macam serta proses yang panjang.

        Sebaiknya apply visa schengen turis saja, dgn bukti keuangan sendiri dan surat sponsor dari orang tua atau perusahaan tempat bekerja. Selama wawancara bilang saja pergi jalan2, tidak ada kenalan di Netherland, sehingga proses lebih mudah.

        good luck

    • munira

      halo alisanta,pengalaman jalan jalan km OK banget,senangya bisa keliling dunia,sy mo nanya,mengenai permohonan visa eropa,klw ikut tour travel apa harus menyertakn bukti bookingan tiket juga? atau pihak travelnya yg urus tiket dll,dan klw ikut travel apa kita bisa memberi tau travel keinginan kita ke eropa berangkatnya kira” tanggl 20 maret,atw pihk travelnya yg nentukn tgl? dan juanfoujoch itu eropa bagian mana,
      o ya,gmana iklim di sana kira” antara tgl 20 mart samp 15 april? trima kash ya

    • erna

      sobat..
      ada yang mau ke paris bulan september-oktober gak??
      gabung yuk!!
      kebetulan aku ada saudara di paris, cuma aku mau jalan sendiri tapi masih bingung karena terkendala bahasa

      • jojo

        @erna, pengen seh aku ke paris….tp biaya berapa ya, terus invitation letter dapat gak dari sdr km…thx

        • erna

          @jojo, iya aku udah dpt undangan dari saudaraku disana, untuk mempermudah mendapatkan visa..
          masalah biaya, pesawat garuda U$ 739 turun di belanda setelah itu dilanjutkan ke paris naik train..

          • http://twitter.com/bobbyaprillaz bobby aprilla

            @erna, mba erna tolong contact saya di twitter @bobbyaprillaz mau nanya2 nih kebetulan mau nebeng

      • Rima

        @erna, Hi Erna, aku rencana berangkat ke Paris tgl 7-11 Sept. Kebetulan solo travel dan belum booking hotel. Kalau mau jalan bareng boleh email ke Aupap1@yahoo.com

    • intan

      pagi pak alist, saya berencana pergi ke erp bln juni ini bersama teman. rute nya jkt-zurich-lucern-belanda-paris-itali.mohon info pak. karena serem ngebayangin nya bak orang buta menuntun orang buta.

    • Sianny

      Hi, kalo bulan maret ini sampai awal april cuaca/musim apa di amsterdam, brussel dan paris. Saya rencana berangkat tgl 27 sekarang. Supaya saya tidak salah bawa baju. Thanks

      • http://Javamilk.com Alist

        @Sianny, cuaca masih lumyan dingin, bisa 5-15 Celcius, bawa baju hangat yang tebell.

    • evi

      hi alista wah takjub aku baca travel tips kamu. ok banget cuma saya orang yang paling buta baca peta. bagaimana bisa hemat yah untuk 2 minggu saja trip ke eropa next year in between apr-may,karena pengen adventoure kaya kami tapi belum berani. kita mau jalan bertiga saja. bgm lis bisa bantu karena terus terang baca blog kamu yang detail aku ngebayangin bisa gak yah terutama waktu naik trem, dll

      • http://Javamilk.com Alist

        @evi, yah utk pertama kali memang perlu modal nekad. Dan sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir, paling mudah keliling naik MRT kota setempat dilanjutkan jalan kaki. Rata-rata tempat wisata pasti bisa dicapai dengan transportasi kok. Atau tanya concierge hotel juga membantu.

    • http://raileurope.apg-id.com David Raileurope

      info untuk kamu yang mau menikmati eropa dengan train ,
      bisa contact ke :

      Menara Imperium, Mezzanine Floor, Jl. HR Rasuna Said Kuningan Jakarta

      T: 021 835 3934; 835 6214 – 15

      F: 021 835 3937 // 081380012308

      E: raileurope@apg-id.com // david.craig@apg-id.com

      http://www.raileurope.fr

      • http://Javamilk.com Alist

        @David Raileurope, Thanks atas informasi ini

    • Pingback: My First Euro Trip | @dseptia

    • ridha

      hi slm knl buat mast alist
      artikel yg sgt bgs.sy jg pgn tour ke eropa hy sj blm ada wkt yg pas.2x sy melakukan tur tp brg sm sponsor.kali ini sy pgn sndrian.apakah aman tuk pergi sndri di negara2 eropa sendiri.dulu sy ke amsterdam,roma,italy,belgi dan jerman.sgt menyenangkan dan aman krn kita bepergian layaknya warga sana.tentunya akan sgt beda bila sy pergi sbg turis.nginep dmn yg murah dan aman dan dkt dg pusat kota.kl bs ksh info tmpt yg wjib dikunjungi diUK,france,spain,swiss.apa memungkinkan kota2 itu dtmph dlm wkt 10hri.2minggu total dg PP jkt.tx

    • http://twitter.com/bobbyaprillaz bobby aprilla

      Bagi yang membaca tread ini, saya berumur 17 thn, saya tinggal di makassar dan pada bulan agustus thn 2012 ini saya berencana ke europe, tetapi saya ingin pergi sendiri tanpa mengikuti tur, budget saya 25 juta, saya belum pernah ke eropa tapi sy mempuhyai paspor. Bagi ada yg ingin bepergian ke eropa, tlng hubungi saya d twitter @bobbyaprillaz saya ingin nebeng bareng orang yg berpengalaman ke eropa.

    • http://twitter.com/bobbyaprillaz bobby aprilla

      Mba erna mau dong saya ikut ke paris, budget saya 25 juta, tolong hubungi twitter saya @bobbyaprillaz atau fb bobby aprilla zahdan

    • http://twitter.com/bobbyaprillaz bobby aprilla

      Mba erna tolong contact saya di twttr @bobbyaprillaz saya rencana ingin nebeng, saya berumur 18 thn dan saya tinggal di makassar

    • widya

      hi mas alist,
      aku sangat terbantu bgt setelah baca tulisan mas dan tips2 menarik yg sangat helpful ini :D,
      Jadi saya dan calon suami berencana untuk honeymoon keliling eropa pada bulan november nanti (ke London dan beberapa negara Schengen), kira2 saat pengurusan visa nanti gmn ya mas? karena kita belum bisa melampirkan surat keterangan nikah. apakah hal ini perlu dijelaskan saat interview?
      thank you so much mas for your help :D

    • Riris

      Salam kenal mas alist,

      Tolong dibantu mas tgl 14 des s/d 15 jan 2013 sy dan teman ke Eropa. Dan rute Rute sementara yg saya buat yaitu : Paris, Spanyol, Swiss, Italy, Austria, Republik Checho, Jerman, Amsterdam, Belanda, Brussel, Belgia London dan kembali lagi ke Paris. Apakah rute negara tersebut sudah tepat untuk kami kunjungi mas?? Terima kasih sebelumnya. Riris

    • Pingback: jalan2 ke sana | .:ashadebi Go-Blog:.

    • Pingback: rimonabantexcellence site title

    • alist

      @Anisa DS, Hi salam kenal juga.
      1. Utk visa orang tua Ibu, di-apply ke kedutaan dengan tipe visa turis. Sertakan pula surat keterangan/sponsor dari Mbak Anisa yang menerangkan biaya perjalanan beliau akan ditanggung sepenuhnya oleh Mbak Anisa. Nah, baru dilampirkan surat keterangan kerja dari kantor Mbak Anisa.

      2. Hotel murah banyak kok, bisa dicoba cari lewat Internet booking Venere (atau baca di halaman Hotel Booking), cari saja hotel yang lokasinya tidak jauh dari stasiun kereta atau subway sehingga tidak sulit mencarinya.

      3. Tiket kereta Amsterdam ke Paris satu arah kira-kira 40-60 Euro. Booking setidaknya 2-3 bulan sebelum berangkat utk harga termurah.

      4. Tour guide dari Eropa justru lebih mahal (krn bayarannya Euro). Jadi kalau mau hemat mungkin bisa coba jalan sendiri, dengan membawa peta dan baca guide saya (mudah2an membantu).

      Amsterdam cukup 1 hari, Keukenhoff+Volendam 1 hari, Paris 2 hari, nah kalo mau ke Pisa jadi sedikit rumit karena lumayan jauh dari Paris dan harus ke Florence dulu. Hitung juga lamanya waktu di pesawat/kereta antar kota. Saya rasa 7 hari di Eropa cukup utk destinasi ibu.

    • alist

      @levina, Anda harus menyertakan bukti booking hotel untuk seluruh stay di Europe. Jika ingin nebeng di rumah orang, mungkin bisa minta mereka membuat surat sponsor. Kalau mau gampang, buat booking hotel tapi nanti di-cancel aja kalau visa sudah keluar.

    • http://javamilk.com Alist

      @eunike, 1. 30,000 euro dalam asuransi adalah coveragenya (Seperti beli asuransi jiwa 70 ribu rupiah untuk coverage 100juta) Premi yang harus kita bayar hanya sekitar 40-60 US Dollar tergantung lamanya tinggal di Eropa.

      2. Kalau menggunakan jalur sponsor, pengundang harus menunjukkan bukti kewarganegaraan, finansial, serta surat pernyataan. Dokumen ini minta dikirim ke Anda untuk dilampirkan bersama formulir aplikasi visa. Tidak ada angka yang pasti.

      3. Dokumen persyaratan visa antara lain :
      - Passport, KTP & KK, surat nikah
      - NPWP
      - surat keterangan kerja/sponsor,
      - surat referensi bank
      - rekening tabungan/koran di fotokopi 3 bulan terakhir
      - foto 3,5 x 4,5
      - surat sponsor dari pengundang, fotokopi passportnya, bukti finansialnya, serta alamat tinggal.