Auld Lang Syne

Published on

Akhir tahun!

Sebelum kita ganti kalender baru, mungkin ini saatnya JavaMilk melakukan recap dan refleksi atas tahun 2013.

[

Travel Statistik

Badge dari Kayak saya di tahun 2013 juga cukup impressive terutama di travel-day yang saya lakukan yaitu 46, berikut saya copy-paste ke bawah. Walaupun miles tidak terlalu besar karena tahun 2013 ini cuma main sekitar Asia saja, hehehe.


Alisanta has flown 22,954 miles, to 9 locations across 6 countries, for a total of 46 days on the road.


Tahun 2014 mungkin akan mengalami penurunan. Sampai sekarang saya belum punya rencana  jalan-jalan yang berarti untuk 2014.

Dollar USD yang melebihi Rp 12,000 menjatuhkan daya beli saya (jiahh :) ). Tiket pesawat ke luar negri yang rata-rata quote dalam dollar memang membuat tiket berasa lebih mahal 20%-30% dibanding biasa, padahal sebenarnya promo cukup menarik.

Web Statistik

Dalam hal kunjungan ke JavaMilk, terjadi peningkatan yang cukup membuat saya bahagia. Tentu saya harus berterima kasih atas dukungan dan kunjungan Anda semua.


Measure Increment Visitor +36% (10,944 visit/week dari 8,917 visitor/week) Pageview +41%


Dalam hal daily visitor, target saya untu tahun 2013 bisa dibilang telah tercapai. Ke depan, tentu saya berharap bisa lebih dikembangkan lagi; moga posting akan makin banyak, pengunjung makin ramai, dan engagement makin tinggi.

Web Design and Technical

Secara overall, website JavaMilk tidak mengalami perubahan tampilan yang drastis sepanjang tahun. Tetapi behind-the-scene, sebenarnya saya pindah webhosting (alias pindah rumah) dari shared webhosting menjadi VPS. Jadinya response-time lebih baik dan sangat stabil karena semua self-managed, mulai dari instalasi webserver (NGINX+MySQL) hingga memasang CDN (Content Delivery Network) untuk foto-foto.

Selain itu juga 'akhirnya' saya mengaktifkan JavaMilk Facebook Page, setelah 1-2 tahun berkeras tidak mau, karena dulu hanya focus di Twitter account.

2014 mungkin saya akan ganti theme jika menemukan yang cocok, atau at least akan melakukan minor tweak terhadap tampilan sekarang. Rasanya masih kurang puas dan ada yang kurang pas, hehehe.

Curhat

Nah, bagian terakhir tentang curhat saya. Untuk Anda pengunjung yang sering menulis comment atau pertanyaan saya sangat berterima kasih. Mohon maaf jika tidak semua bisa saya respond, karena kesibukan sehari-hari atau hal yang lain.

Tidak semua pertanyaan bisa saya jawab, terutama pertanyaan yang subjektif. Untuk mie instant saja kita punya kesukaan masing-masing, jadi tidak mungkin saya rekomen makanan enak dan murah di tempat wisata yang bisa memuaskan semua orang.

Juga untuk yang minta tolong dibuatkan itinerary atau rekomendasi tempat wisata yang sesuai dengan keinginan Anda. Biasa planning garis besar dan tempat wisata sudah saja bahas dengan detil, tinggal Anda sendiri yang mengatur jadwal. Walaupun saya bisa menjadi professional travel consultant, 99% tidak akan bersedia membayar jasa ini bukan? Untuk yang 1%, silakan kontak saya :)

Final Words

At the end, saya mengucapkan Happy New Year buat Anda semua, Buon Anno! dalam Italia.

For auld lang syne, my dear,

for auld lang syne,

we'll take a cup of kindness yet,

for auld lang syne.