DIY 3D Puzzle: Tower of London

Klook Kode Kupon 2019

Membeli souvenir saat jalan-jalan tentu menjadi hal yang dianggap wajib bagi travellers. Mulai dari gantungan kunci hingga postcard adalah barang standard yang pasti ada ke mana pun kita jalan.

Tujuan souvenir itu tentu sebagai pengingat atau kenang-kenangan buat kita kalau pernah mengunjungi tempat wisata sebuah kota. Jadi souvenir seperti ini bukan buat dibagi2 ke orang lain, yang pergi aja belum, gimana bisa diingat :)

Nah, kalau saya selain magnet kulkas, sejak dulu tertarik untuk koleksi dan membuat 3D puzzle bangunan dunia. Sesuatu banget gak? hehehe.

Ini kira-kira bentuk jadinya:

[

3D Puzzle ini terbuat dari semacam lempengan styrofoam, tinggal kita detach, dilipat, lalu dirangkai sesuai petunjuk.

Beli 3D Puzzle semacam ini di mana? Kalau di Jakarta paling mudah ke toko Gramedia, merek CubicFun, harga sekitar 100rb-300rb-an satu set, tergantung jumlah pcs yang harus dirangkai dan kerumitan pembuatannya. Ada yang lebih mahal lagi kalau dilengkapi lampu LED di dalam bangunan :)

Opsi lain adalah coba cari di eBay atau Taobao, banyak kok yang menjual model mulai dari Tower Bridge of London, Eiffel Paris, Colosseum di Roma, hingga bangunan gereja seperti Basilica St Peter Vatican.

Kali ini saya coba buat model Tower of London, 40 pcs. Total pekerjaan sekitar 2-3 jam tergantung semangat yang bikin :) Ini saya beli di pasar grosir (Changsin-dong Toy Wholesale Market) di Myeongdong, Seoul.

Jangan lewatkan artikel: Panduan Jalan-Jalan ke London.

[

Instruksi tersedia dalam selembar kertas, biasa tiap bagian diberi nomor lalu tinggal kita rangkai sesuai instruksi.

[

Pertama setiap piece harus kita detach dengan jari tangan. Kadang perlu sedikit hati-hati untuk bagian sudut yang agak tipis. Semakin bagus 3D Puzzle, biasa machine cutting-nya lebih presisi sehingga kita tidak perlu extra tool untuk mencopot dan memasang.

[

Begini kira-kira setelah dinding Tower dirangkai. Sama sekali tanpa lem dan gunting, kita tinggal memasang lidah ke sambungannya.

[

Karena bentuk dasarnya styrofoam dan kertas, jadi kadang ada bagian yang tidak sengaja kita tekan terlalu keras sehingga berubah bentuk. Tapi basically aktivitas ini bisa dikerjakan anak-anak usia SD kok.

Beberapa detil yang dipikirkan oleh designernya, seperti bentuk kubah yang cukup dipasang dari 2 pcs berbentuk X.

[

Beginilah setelah bangunan atap dipasang. Bahkan ada bendera England pula.

[

Setiap bangunan biasa ada base-nya, jadi kokoh dan tinggal dipajang. Begini kira-kira penampakan lengkapnya.

[

[

Menarik bukan? Mencari tempat pajangan itu yang lebih sulit, karena semakin banyak koleksi bakalan makan tempat. Makanya masih saya simpan next projectnya:

[

[

Menarik kan? Selamat mencoba juga!

Airbnb
Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama