Cara Mengumpulkan dan Menukarkan Miles

Klook Kode Kupon 2019

[

Lanjutan dari artikel Mengenal Frequent Flyer Program.

Cara Mengumpulkan Miles

Semua orang bisa menjadi anggota dan mengumpulkan miles. Yang paling mudah adalah mengisi form registrasi secara online, atau bisa juga mengisi form yang biasa diselipkan di dalam in-flight magazine airlines. Misalkan saya contohkan cara join program GarudaMiles.

Pertama kita ke website GarudaMiles, lalu cari link untuk menjadi anggota. Setelah itu akan muncul form isian yang minta informasi seperti nama, alamat, dan seterusnya. Begitu kita submit dan sukses, maka otomatis akan diberikan nomor anggota yang perlu kita catat, atau print kartu sementara. Kartu aslinya (yang keras seperti kartu kredit) baru akan dikirim setelah kita melakukan penerbangan pertama atau aktivitas yang menghasilkan miles/points.

Setiap kali melakukan reservasi (online atau pun lewat agent), kita harus menyebutkan nomor anggota ini. Juga saat checkin in case data belum diinput.

Point atau miles yang akan kita dapat bisa dilihat di tabel yang disediakan oleh airlines, bisa dalam link yang namanya Earn Mileage Calculator, untuk Garuda di sini. Intinya berdasarkan jarak, juga berdasarkan booking class yang ada di tiket kita. Misalkan CGK-SUB satu arah di kelas T akan dapat 104 miles, sedangkan kelas J dapat 628 miles.

Booking Class seperti U,T, V, menentukan persentasi miles yang bisa dikumpulkan, apakah 0% (untuk tiket promo seperti V class atau group fare), 25%, 50%, atau 100% (biasa untuk full flexible ticket). Sedangkan business class (J) biasa dapat lebih dari 100%-125%.

Menukarkan Miles

Untuk menukarkan miles, kita harus lihat dulu berapa miles yang kita miliki lalu dibandingkan dengan tabel penukaran miles, mampu-nya sampai mana :) Riset rutenya, lalu coba cek online. Untuk Garuda harus redeem via call centre.

Tiap maskapai punya tabel penukaran miles sendiri. Walaupun umumnya miles yang diperlukan sama, yaitu berdasarkan jarak. Untuk Korean Airlines memakai tabel berdasarkan region. Untuk advanced user yang perlu connecting flight, biasa memakai website ini untuk menentukan jarak aktual penerbangan (actual flight mileage) yang nantinya baru dicari ke dalam tabel miles airlines.

Sebenarnya tidak ada yang istilahnya terbang gratis. Menukarkan miles juga harus disertai membayar airlines surcharge dan tax, ini yang angkanya beda-beda tiap maskapai.

Garuda Indonesia tergolong cukup 'mahal' dalam penukaran miles, untuk Jakarta - Singapore pulang-pergi perlu 30000 miles, dan biaya sekitar USD 97. Sedangkan Singapore Airlines perlu lebih sedikit mileage untuk penukaran award flight rute ini, return untuk Saver Ticket hanya perlu 15000 miles (12,750 kalau redeem online), tapi fee-nya lebih tinggi: USD 109.

Selain award/free flight, kita bisa menukarkan miles menjadi shopping voucher, atau membeli barang merchandise seperti di katalog airlines, walaupun tidak disarankan karena mileage kita tidak terlalu 'berharga'.

Perlu Anda perhatikan Miles point yang dikumpulkan mempunyai masa berlaku. Biasa miles akan expired 2-3 tahun dari tanggal earn miles. Mendekati expiration date ini, biasanya kita harus menukar sesuatu, atau extend miles dengan memotong sejumlah miles yang ada.

Artikel selanjutnya: Tips Mempercepat Pengumpulan Airlines Miles.

Airbnb
Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama