Mengenal Frequent Flyer Program

Kali ini mari kita mengenal lebih jauh tentang loyalty program yang ada di industri penerbangan, yang sering disebut Frequent Flyer Program (FFP).

Artikel ini dibuat berseri, berupa 3 bagian

  1. Pengenalan FFP
  2. Cara Mengumpulkan dan Menukar Miles
  3. Tips Mempercepat Pengumpulan Miles

Tujuan utama Frequent Flyer Program adalah untuk mempertahankan kesetiaan (loyalty) para pelancong atau businessman untuk selalu menggunakan airlines yang bersangkutan supaya tidak noleh-noleh ke kompetitornya. Konsep program cukup sederhana: setiap kali melakukan penerbangan dengan airlines bersangkutan, maka akan dapat point atau biasa disebut miles. Nantinya point yang ada dapat ditukar berbagai reward yang disediakan, tapi biasanya yang dikenal orang adalah award atau free flight, alias terbang gratis, atau bisa juga dalam bentuk upgrade (misal economy ke business classs).

Ada dasarnya hampir semua full-service airlines mempunyai loyalty program. Setiap airlines mempunyai program dan nama tersendiri. Misalnya kalau untuk Garuda Indonesia (GA) dulu pakai nama GFF (Garuda Frequent Flier), sebelum berganti nama di tahun 2014 menjadi GarudaMiles. Atau maskapai tetangga Singapore Airlines (SQ) dengan KrisFlyer, KLM dan AirFrance dengan FlyingBlue, dan lain-lain.

Tiap program ini juga ada level atau tiernya ibarat kartu kredit. Misalkan untuk Garuda ada Blue, Silver, dan Gold. Tier ini didapat dari jumlah/frekuensi penerbangan kita dalam setahun, tidak efek ke pengumpulan miles, ini hanya lebih ke benefit lain seperti lounge, baggage allowance yang lebih, atau counter checkin khusus.

Untuk industri hotel, juga mengenal loyalty program atau reward program. Silakan baca di artikel Tips Maksimalkan Hotel Point Reward di Javamilk.

Selain program masing-masing airlines, juga ada program aliansi (Alliance Program). Di dunia kita mengenal 3 besar:

Star
Alliance

Ada 26 peserta dalam Star Alliance, notably : Singapore Airlines, Air China, ANA, Asiana, Lufthansa, dan United Airlines.

SKYTEAM

20 peserta di SKYTEAM: KLM/Air France, Korean Airlines, Eva, China Airlines, Garuda, China Southern, China Eastern, Delta.

oneworld

15 peserta di oneworld: British Airline, Cathay Pacific, JAL, Malaysia Airlines, Qatar, Qantas, American Airlines.

Jadi dengan terbang bersama partner airlines di sesama alliance, kita tetap bisa mengumpulkan point/miles keanggotaan kita. Misalkan terbang dengan Lufthansa, poin KrisFlyer SQ tetap bisa terakumulasikan. Juga saat menukarkan award-flight, bisa memakai maskapai partner (kadang kena konversi point), reservasi tetap harus lewat call-center maskapai membership kita.

Tidak semua maskapai dunia tergabung ke dalam 3 besar itu. Karena persyaratan yang ketat dan juga menjaga eksklusivitas, hanya airlines yang mendapat minimal rating/bintang Skytrax yang bisa ikut ke dalam aliansi.

Bahkan low-cost carrier seperti AirAsia juga punya reward program yang namanya AirAsia BIG. Cara pengumpulannya hampir sama juga cara redeemnya. Hanya saja karena tiket pesawatnya saja kadang sudah promo, jadi mengumpulkan BIG Point menurut saya tidak terlalu efektif.

Lanjut Artikel berikutnya : Cara Mengumpulkan Reward Miles

Airbnb
Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama