Wisata ke Bandung Dengan Kereta Api

Klook Kode Kupon 2019

Mau Wisata ke Bandung dengan membawa mobil tentu menyenangkan, tapi kalau di akhir pekan Bandung macet di mana-mana, ada baiknya pertimbangkan naik kereta. Selain mengurangi kemacetan dan polusi, naik kereta ke Bandung merupakan pertualangan tersendiri karena jalurnya yang cukup scenic.

Bagi yang cuma mau daytrip bisa banget menggunakan kereta sebagai alternatif mobil travel. Cukup pilih keberangkatan jam 5 pagi dari Gambir, dan pulang dari Bandung naik kereta jam 19.25, kita punya waktu hampir 11 jam untuk menikmati wisata dan kuliner di kota Bandung.

Bonus pemandangan sawah di sepanjang perjalanan lagi!

Jalur Kereta Bandung di Cipularang (Sumber foto)

Booking Tiket Kereta ke Bandung

Jaman sekarang ini kalau beli tiket yah cukup online, tidak perlu susah datang ke kantor KAI. Cukup kunjungi website tiket KAI, pilih tanggal dan jam keberangkatan, nanti akan dapat nomor booking/pesanan. Trus tinggal bayar deh. Kita bisa bayar secara offline di minimarket (Indomaret, Alfamart, Lawson, dkk), lewat ATM Bank, atau bayar kartu kredit online via BCA Klikpay dan CIMBClicks.

Pilihlah kelas Eksekutif untuk kenyamanan. Harga mulai dari IDR 100,000 (harga tahun 2015) kita book langsung dapat nomor kursi, juga karena jarak antar kursi yang lebar, serta dilengkapi dengan shared TV di tiap gerbong. Jadi gak bakalan pegal-pegal saat tiba seperti kalau keluar dari mobil travel.

Kalau mau cara sedikit manual bisa dengan menelepon call centre 121, nanti akan ada menu untuk pemesanan. Setelah mendapatkan nomor booking, cara sama seperti di atas kita tinggal cari tempat untuk membayar.

Setelah proses pembayaran selesai, kita harus tukar dengan tiket resmi KAI di stasiun online (Gambir, Jakartakota, Manggarai, atau stasiun besar di tiap kota). Ini bisa dilakukan beberapa jam sebelum keberangkatan kok.

Untuk periode bukan liburan, sebenarnya cukup datang ke stasiun langsung beli tiket langsung berangkat alias go-show.

Kereta Argo Parahyangan

Jakarta - Bandung (pp) dilayani dengan kereta Argo Parahyangan. Sehari ada 8 keberangkatan per arah baik dari Jakarta Gambir maupun dari Bandung. Perjalanan dengan kereta memakan waktu sekitar 3 jam 33 menit dengan beberapa stop (Gambir - Jatinegara - Bekasi - Bandung).

Normalnya di hari non liburan, kursi kereta paling hanya terisi 80%. Yah persaingan ketat dengan mobil travel sih, jadi memang kereta bukan opsi yang paling populer bagi wisatawan. Tapi sekali lagi naik kereta lebih nyaman dan tidak capek.

Tips: arah Jakarta-Bandung, pilih kursi nomor C-D. Arah sebaliknya Bandung-Jakarta pilih nomor A-B karena kita bisa mendapatkan pemandangan yang lebih mantap!

Interior Kereta Argo Parahyangan

Tiba di Bandung

Untuk yang berangkat jam 5.00 dari Gambir, kereta tiba jam 08.34. Badan tentu berasa lapar hehhe. Stasiun Bandung tergolong besar, ada 8 platform. Kita tidak perlu naik turun tangga untuk ke pintu keluar, cukup seberangi rel saja.

Stasiun Bandung

Keluar dari stasiun kita bisa naik angkot menuju destinasi (arah Pasirkaliki naik ke Dago). Jika ingin nyaman bisa naik taksi berargo. Toko kue Kartika Sari berada tepat di seberang stasiun kalau mau langsung isi perut jajanan khas Bandung.

Jadi ayo naik kereta ke Bandung!

Airbnb
Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama