Travel

Bandara Don Mueang Bangkok - Update 2022

  • Last updated on

Don Mueang Airport

Sebagai salah satu destinasi wisata utama di Asia Tenggara, Bangkok mempunyai kunjungan wisatawan yang jumlahnya mencapai jutaan. Nah sebenarnya Bangkok mempunyai 2 bandara International: Suvarnabhumi International Airport untuk penerbangan full-service dan Don Mueang International Airport untuk domestik dan budget airlines. Kali ini Javamilk akan membahas dengan Don Mueang Airport, dengan kode DMK.

Secara jarak, bandara Bangkok yang satu ini relatif lebih dekat dengan kota, 25 km di sebelah utara. Dulunya dipakai sebagai military airbase, namun setelah disulap, sekarang malah menjadi hub airport low cost airlines seperti Nok Air, Thai Lion Air, dan Thai Air Asia.

Perhatikan cara tulis dan bacanya yah, yang benar adalah bandara Don Mueang. Bukan Dong Mueang atau Dong Muang... Dong itu artinya lain :)

Transportasi dari/ke Bandara Don Mueang

Bagi yang tiba di Don Mueang Airport, ada beberapa pilihan transportasi untuk menuju pusat kota Bangkok. Yang ikut tur biasa tidak perlu pusing karena sudah dijemput begitu tiba di bandara. Bagi yang independent traveller, bisa coba moda transportasi berikut ini.

Taksi

Pertama, menggunakan taksi resmi airport, paling nyaman, dengan tarif sekitar 300 baht jika menuju daerah Siam atau Pratunam, belum termasuk toll dan airport surcharge 50 baht. Kalau bertiga atau berempat, opsi ini layak jadi pertimbangan. Satu yang bisa kalah adalah kalau kena macet begitu masuk inner city Bangkok hehehe, macetnya tidak lebih kacau dari Jakarta kok.

Kereta MRT

Di depan Don Mueang Airport terdapat stasiun kereta. Kita bisa naik kereta (ada MRT mulai Agustus 2022) menuju kota Bangkok, turun di Bang Sue station, interchange dengan Blue Line MRT line.

Stasiun kereta Don Mueang ada tepat di seberang airport, ikuti papan petunjuk menuju "Train Station" saat tiba di arrival. Beli tiket di loket. Juga bagi yang ingin langsung ke Ayutthaya dari Don Mueang station ini (kereta diesel biasa).

Peta Jaringan Kereta Bangkok

Bus & BTS

Dari Airport juga bisa naik bus express nomor A1 atau A2. Naik bus ini langsung dari pintu keluar arrival hall, keberangkatan setiap 20 menit. Naik bus sekitar 20-25 menit Lalu turun di Mo Chit di mana kita bisa sambung dengan BTS Skytrain atau sambung masuk ke MRT Chatuchak Park Station menuju pusat kota.

Tarif bus A1 dan A2 adalah 30 baht per orang, bayarnya cash di dalam bus ke kondekturnya (pakai baju seragam dan selalu bunyiin kaleng silinder berisi uang koin). Nanti kita akan dikasih karcis mirip perangko sebagai bukti bayar. Kondektur akan teriak 'Mochit' kalau sudah dekat, jadi jangan takut nyasar.

Bedanya A1 dan A2 adalah rute A2 lebih panjang, bisa sampai Victoria Monument, juga di sini bisa sambung dengan BTS atau bus lain.

Sebaliknya jika ingin menuju Airport, caranya sama. Anda naik BTS/MRT menuju Mo Chit station. Lalu cari Exit Number 3, turun tangga, cari papan petunjuk bertulis "A1 Bus Stop". Stop ini adalah halte depat di depan exit stasiun MRT Chatuchak.

Ada metode naik bus yang bisa langsung ke MBK Center atau ke Khao San Road, tetapi saya suggest naik BTS saja untuk menghindari macet dan banyaknya stop, ingat ini bus kota biasa.

Shuttle to Suvarnabhumi Airport

Bagi yang punya penerbangan lanjutan di Bandara Suvarnabhumi, tersedia shuttle bus gratis dari Bandara Don Mueang. Anda harus bisa menunjukkan boarding pass atau tiket pesawat untuk dapat menikmati airport shuttle ini.

Jangan lewatkan artikel Panduan Jalan ke Thailand, Bangkok juga ada.

Fasilitas Bandara Don Mueang

Jika Anda mendarat di DMK, sebenarnya cukup sederhana, tinggal keluar imigrasi, ambil koper, lalu keluar bandara. Tapi sebaliknya jika ingin berangkat dari DMK, tersedia beberapa fasilitas yang bisa kita pakai.

Don Mueang Airport Arrival

Sepanjang pengamatan saya, tidak ada toko yang menjual SIM CArd atau Internet Card di bagian arrival, jadi mending nanti beli di kota saja kalau mau punya akses Internet di smartphone (7-Eleven pasti jual).

Pertama restoran ada baik di sisi public maupun di airside (lewat checkpoint domestik atau imigrasi utk International). Jika sudah punya boarding pass (AirAsia, dkk) dan tidak ada bagasi yang perlu di-checkin, langsung saja masuk ke bagian Imigrasi. Nah pemeriksaan barang lewat X-Ray agak tidak konsisten, tapi most of the case bawa air dikit-dikit sih bisa lewat.

Restoran seperti MacD dan Subway tersedia di sesudah imigrasi area International. Tidak ada water fountain di area ini, jadi pastikan Anda beli minum sebelum naik pesawat, atau beli on-board.

Free Wifi tersedia juga di Bandara Don Mueang, cuma prosesnya tidak mudah. Anda harus mengisi nama dan detil passport untuk mendapatkan account.

Komentar

Artikel Terbaru Lainnya

Baca juga artikel dan tips wisata terbaru.

Tentang Javamilk

Cari artikel lama? Ada di Archives