Tarik Uang di ATM Luar Negri dengan CIMB

Published on

Tarik Tunai di CIMB Thai

Biasanya kalau saya berangkat ke luar negri, pasti sebelumnya sudah tukar mata uang negara tujuan di Indonesia. Money changer favorit saya adalah Peniti, (eh endorsement gratis nih), karena gak pake nawar lagi ratenya bisa dibilang kompetitif mendekati yang terbaik.

Tapi ada kalanya uang yang dibawa sampai sana tidak cukup akibat belanja atau pengeluaran yang melebihi perkiraan. Nah kebetulan saya punya tabungan di bank CIMB Niaga (lagi-lagi endorsement gratis), jadi coba saya share ilmunya dikit.

Btw, tarik tunai di ATM pake jaringan Maestro atau Cirrus tidak disarankan ya, selain kena spread kurs yang besar, juga kena biaya tarik tunai sekitar Rp 50rb-100rb. Apalagi tarik tunai pakai kartu kredit, BIG no-no.

Bank CIMB Niaga

CIMB Bank itu sebenarnya adalah bank asal Malaysia. Di Indonesia dia beli Bank Niaga, lalu merger dengan Lippo Bank, jadilah bank CIMB Niaga. Sedangkan di Thailand juga buka consumer banking dengan nama CIMB Thai. In summary, CIMB Bank ada di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Kamboja.

Nah, ATM CIMB Niaga kita jadinya bisa dipakai utk tarik mata uang lokal di ATM negara setempat. Jenis tabungan apa saja bisa kok, mulai CIMB X-Tra, AirAsia Saver, hingga ON Account, yang penting ada kartu ATM.

Kena biaya tidak? Jawabannya tidak. Kena rate sesuai kurs banknya di Indonesia, CIMB ambil untung dari spread jual-beli saja (dugaan saya yah). Pengalaman saya kurs yang dipakai beda sekitar 1%-2.5% dari money changer Peniti di Indonesia. Jadi bisa jadi dapat sama atau lebih baik dibanding kalau kita tukar uang Rupiah di money changer negara itu.

Cara pakai ATM CIMB di Malaysia/Thailand/Singapore tidak beda jauh kok. Masukkan kartu ATM, nanti akan ada warning yang bisa di skip, lalu masukkan PIN ATM. Pilih jumlah uang yang ingin diambil, simsalabim uangnya nongol deh.

Bahasa cacing, tapi ada English kok

Lokasi ATM di Singapore: di Orchard Road punya cabang di sebelah Paragon Mall.

Lokasi ATM di Bangkok: buanyak, di-google aja. Paling gampang ada di mall Platinum.

Lokasi ATM di Malaysia: sama kayak nyari ATM BCA kalau di Indonesia.. hehehe.

Bank HSBC

Pengalaman dengan kartu debit HSBC juga bisa tarik tunai, cuma ATM HSBC Bank di negara lain tidak terlalu banyak. Di Singapore tergolong cukup mudah, juga di Hong Kong. Di kota lain rata-rata ATMnya tidak lebih dari 5 lokasi.

Kalau di HSBC sebelum tarik biasa ATM akan nanya dulu mau tarik dari rekening mana, nanti bank akan melakukan konversi foreign exchange. Paling aman kalau punya sub-account USD, jadi saat konversi tidak terlalu kalah kurs.

Pengalaman saya di Hong Kong utk tarik HKD dari rekening USD bisa dibilang dapat rate bagus alias tidak kalah kurs. Maklum, kurs mata uang HKD itu di-pegged/kunci ke USD.

Bank DBS, OCBC, dan UOB

Nah kalau punya tabungan di salah satu dari DBS, OCBP, dan UOB Indonesia, kita bisa tarik di ATM Singapore. Memang terbatas hanya di Singapore, jadi hanya cocok bagi yang sering ke negeri Singa ini.

So, let's go shopping