Transportasi London Airport (LHR LGW STN LTN)

Klook Kode Kupon 2019

London memiliki beberapa airport yang bisa dijangkau dalam waktu satu jam-an dari pusat kota. Tergantung airlines yang kita pakai saat mendarat di London, mau mendarat di bandara mana tidak terlalu penting, yang penting tiketnya murah, betul gak?

Tidak juga, Anda harus berhitung cost transportasi dari Airport ke pusat kota (atau sebaliknya). Kadang kala akan kejadian tiket transportasi dari/ke bandara lebih mahal daripada tiket pesawatnya sendiri. Saya pernah dapat tiket pesawat RyanAir £13 dari Stansted Airport ke Roma, berapa ongkos transport dengan keretanya?

London Heathrow Airport (LHR)

LHR adalah bandara terbesar di Inggris, salah satu tersibuk di Eropa, jadi jangan heran bisa punya terminal sampai 5!! Karena dibangunnya tidak serempak, jadi agak jomplang fasilitas dan design terminal antara terminal 1 hingga 5. Hampir semua maskapai utama dari Asia dan Amerika mendarat di Heathrow ini. BA pakai Terminal 5, group Skyteam pakai Terminal 4, OneWorld pakai Terminal 3, dan Sky Alliance pakai Terminal 2. Sedangkan Terminal 1 yang jadul sudah ditutup.

Heathrow Express Train

Untuk menjangkau airport ini atau dari airport menuju kota transportasi yang disarankan dalam menggunakan kereta. Di Heathrow terdapat 2 terminal kereta, tergantung Anda mendarat, tapi tidak sulit tinggal ikuti papan petunjuk saja.

Ada beberapa jenis kereta yang bisa di pakai.

  • Yang paling mahal dan paling cepat menuju pusat kota adalah menggunakan Heathrow Express, biayanya adalah 26 Poundsterling satu arah utk perjalanan 15 menit nonstop ke Paddington Station. Interval setiap 15 menit. Tapi jika Anda beli jauh-jauh hari, tersedia tiket diskon, paling murah adalah 90-day Advance seharga 7 Pound.
  • Yang lebih murah sedikit ada Heathrow Connect, yaitu £10.10 satu arah. Bedanya adanya beberapa perhentian sebelum sampai Paddington Station, perjalanan 27 menit. Interval setiap 30 menit.
  • Sedangkan metode kereta paling murah dan bisa lebih ke pusat kota adalah menggunakan Tube/Underground Piccadilly Line. Ini adalah kereta subway biasa, perjalanan sekitar 40 menit, sekitar £7. Kita bisa bayar pakai kartu Oyster utk kereta ini. Kalau Anda pilih kereta ini, pastikan cek jadwal di tfl karena biasa di weekend ada disruption atau closure. Naik Piccadilly Line ini kita bisa berhenti di Hammersmith, Earl's Court, hingga King's Cross Station.

Opsi lain yang bisa lebih murah (£7 one-way, book 30 hari in advance) adalah naik bus National Express, turun di Victoria Bus Station. Perjalanan memakan waktu sekitar 45 menit.

London-Gatwick airport (LGW)

Bandara ini adalah bandara tersibuk kedua di UK, persis di bawah LHR. Untuk penerbangan low cost, seperti RyanAir dan EasyJet umumnya menggunakan London Gatwick Airport (LGW). Penerbangan dengan British Airways (BA) sebagian juga menggunakan bandara ini sebagai hub. Dan tak lupa maskapai kebanggaan kita Garuda Indonesia juga mendarat di Gatwick Airport (via Amsterdam) hingga 2015.

Kabarnya Garuda akan pindah ke Heathrow, direct flight CGK-LHR di 2016.

Paling gampang akses dari/ke airport ini adalah dengan kereta Gatwick Express, turun di London Victoria Station, 30 menit perjalanan seharga £17.

Karena harganya yang mahal, saya suggest kalau dari/ke Gatwick Airport sebaiknya pakai pakai bus saja, dengan bus National Express (£7 one-way, book 30 hari in advance) atau EasyBus (anak perusahaan EasyJet, harga mulai £2 one-way). Perjalanan memang menjadi lama, sekitar 1,5 jam ke London Victoria atau 1 jam 15 menit ke Waterloo Station.

London Stansted Airport (STN)

Maskapai RyanAir berbiaya murah memilih Stansted sebagai basenya. Airportnya tergolong kecil dan sederhana, dan hingga sekarang amsih melayani rute-rute ke Eropa.

Untuk menuju pusat kota London, pilihan dengan kereta adalah menggunakan Stansted Express, harga mulai £8 one-way, tiba di London Liverpool Street Station dalam waktu 45 menit.

Sedangkan jika Anda lebih dekat ke Victoria Station, pertimbangkan juga naik National Express bus, perjalanan sekitar 75 menit.

London Luton Airport (LTN)

Bandara yang ini tergolong paling kecil dari sisi trafik. Walaupun begitu jika Anda pilih naik RyanAir, Wizz, atau EasyJet, beberapa destinasi mengharuskan kita naik dari Luton Airport.

Perusahaan kereta Thameslink mengoperasikan rute dari Luton Airport hingga pusat kota London (Blackfriar, Farringdon, dan St Pancrass). Nah stasiun kereta di Luton sebenarnya di luar kompleks bandara, namanya Luton Airport Parkway Station. Tersedia shuttle bus gratis yang membawa penumpang dari/ke gedung terminal.

Penerbangan Pagi Buta

Nah, tambahan tips dari saya mengenai penerbangan pagi buta. Karena pesawat RyanAir dan EasyJet suka pakai jam terbang ajaib, bisa jadi kita terpaksa beli (karena murah) tiket yang terbang jam 6 pagi atau tiba jam 11-12 malam. Di jam seperti ini, tidak semua moda transportasi masih beroperasi, termasuk bus. Solusinya adalah sebaiknya bermalam di hotel yang dekat airport. Ada yang punya shuttle bus, ada juga yang cukup jalan kaki.

Pengalaman saya utk penerbangan pagi buta (jam 6) di Luton Airport, saya pilih bermalam di ibis Hotel Luton. Jadinya malam-malam checkin di hotel, jadinya pagi-pagi tinggal jalan kaki menuju gedung terminal.

Airbnb
Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama