Visa

Syarat Membuat Visa Australia Update 2023

  • Last updated on

Halaman ini tidak akan diupdate lagi di masa mendatang karena dipindahkan, silakan buka versi terbaru Syarat Visa Australia.

Kali ini saya sharing pengalaman mengajukan visa Australia, saya urus sendiri semua (group), tanpa bantuan travel agent seperti kebanyakan orang. Prosesnya sebenarnya simple, hanya saja dokumen dan form isiannya cukup panjang. Yang saya tulis di sini adalah untuk keperluan turisme (subclass 600), bukan untuk sekolah (student visa).

Anda bisa pilih mau apply dengan cara datang sendiri atau mau dengan cara submit online (tidak perlu datang). Kedua metode ini pernah saya lakukan dan cara mengurus visa Australia akan saya jelaskan di bawah.

Update: sejak pandemi 2021, pengurusan visa hanya bisa apply lewat online (ImmiAccount), dan kantor VFS Australia di Jakarta sudah tutup.

Klook.com

Syarat Visa Australia

Dokumen yang diperlukan untuk membuat visa Australia (dalam format scan/pdf) adalah:

  • Isi formulir aplikasi visa di ImmiAccount (Form 1419)
  • Foto 3.5 x 4.5 cm latar putih
  • Copy Passport
  • Copy Akte Lahir, KK
  • Copy rekening tabungan 3 bulan terakhir atau slip gaji
  • Itinerary selama di Australia atau bukti booking pesawat dan hotel
  • (opsional) Mengisi form 956a jika aplikasi akan diajukan oleh orang lain
  • (opsional) Mengisi form 1229 jika untuk anak di bawah 17 tahun
  • Biaya visa AUD 190 (mulai Juli 2023) AUD 145 (dibayar dalam mata uang rupiah) ditambah VFS fee (IDR 165,000)

Form isian 1419 memang cukup banyak halamannya, Anda perlu waktu dan ketelitian untuk mengisinya. Yang pernah mengisi Form Visa Inggris, yah mirip-mirip lah. Jangan takut kalau ada yang ragu pengisiannya, Anda kosongkan saja, terutama di bagian cara bayar visa, nanti petugas VFS akan membantu Anda saat datang.

Sudah punya visa Australia? Saatnya baca artikel Panduan Wisata ke Australia, berisi kota-kota tujuan turis, serta tempat-tempat wisata di Australia.

Sydney Opera House

Pengajuan Walk-In Visa Australia

Notes: Walk-in ke kantor VFS sudah tidak bisa sejak 2021, submit visa harus dengan cara online (baca di bawah). Anda mau pakai bantuan agent juga mereka akan submit online, jadi sebaiknya Anda submit sendiri.

Pengajuan visa bisa diwakilkan (yaitu dengan mengisi form 956a), atau Anda bisa datang langsung. Sebelumnya Anda harus membuat appointment dulu lewat web VFS ini, setelah dapat jam dan tanggal appointment baru boleh datang ke kantor VFS Australia, di Kuningan City (dalam mall) jika domisili Anda sekitar Jakarta.

VFS Australia juga mempunyai kantor di Bali, tepatnya di Benoa Square.

Setiap applicant (individual) harus mendapat 1 appointment, jadi kalau sekeluarga 4 orang berarti harus ada 4 appointment.

Supaya tidak deg-deg-an, sebaiknya mengajukan permohonan visa 1-2 bulan sebelum keberangkatan.

Jika Anda hanya ingin mengajukan Transit Visa (Subclass 771) misalkan dalam rangka penerbangan ke New Zealand, tidak bisa dilayani lewat VFS lagi. Anda harus isi dan submit secara online, biayanya free, lewat ImmiAccount. Caranya mirip seperti cara yang saya jelaskan di bawah.

Passport asli tetap harus kita bawa saat proses pengajuan tetapi bisa langsung dibawa pulang lagi. Visa yang dikeluarkan akan berbentuk electronic visa, dikirim via email, tinggal kita print utk keperluan jaga-jaga in case diminta oleh pihak airlines saat checkin.

Proses antrian tergantung keramaian, tapi expect Anda perlu 1 jam baru dilayani. Basically tidak ada interview proses di sini, hanya pemeriksaan dokumen. Petugas VFS Global akan memeriksa kelengkapan dokumen kita. Jika bisa melewati proses administrasi dokumen, tinggal bayar dan kita akan mendapat semacam nomor referensi. Nomor ini dipakai untuk mengecek secara online status pengajuan aplikasi kita.

Tanpa mengecek status aplikasi setiap saat, jika kita mengisi alamat email di form visa, maka lebih cepat kita dapat email informasi visa di-approve dengan attachment e-visa.

Lama proses approval visa ini bervariasi, terakhir untuk saya visa keluar 2 hari kerja setelah pengajuan, luar biasa express. Tapi ada teman yang baru dapat approval sekitar 10 hari kerja, padahal destinasi dan tanggal berangkat sama, hanya beda hari masukin dokumen aplikasi.

Tergantung nasib (atau dokumen kali yah) bisa dapat visa jenis single entry atau hoki-hoki multiple entry yang berlaku 3 tahun. Denger2 kalau yang mengajukan visa dengan surat sponsor (undangan dari relatives yg PR Aussie) kemungkinan dapat multiple entry lebih besar.

Pengajuan Visa Australia Online

Sejak tahun 2017 Warga Negara Indonesia dimungkinkan untuk mengajukan permohonan visa Australia secara online/via Internet. Jadi kita bisa tidak perlu datang ke agent VFS di Kuningan City, hitung-hitung lebih hemat sekitar 150ribuan per orang, juga hemat waktu. Anda bisa mengajukan Visa Kunjungan (600-Tourism) dan Visa Transit Australia (subclass 771) lewat cara online ini.

Silakan start dari halaman ini untuk mengetahui persyaratan lebih detil dan cara submissionnya. Basically semua dokumen yang saya sebutkan di atas harus Anda siapkan dalam bentuk scan/file (PDF/JPG), baik foto maupun dokumen2 lain, kecuali form 1419 yang akan diisi online.

Berikut saya jelaskan step-step pengisian form secara online. Anda perlu laptop/PC untuk urusan ini, spare waktu sekitar 30-45 menit per applicant, dan tentunya koneksi Internet harus konstan. Pembayaran juga dilakukan online menggunakan kartu kredit.

  1. Pengisian form secara online dimulai dengan cara membuat login account di ImmiAccount. Setelah account berhasil dibuat, akan ada email verifikasi yang harus Anda klik sebelum bisa lanjut prosesnya. 1 Akun bisa untuk apply visa multiple person.
  2. Login ke ImmiAccount, klik New Application, lalu pilih Visitor Visa (600).
  3. Masukkan lokasi Anda (Indonesia), dan alasan pengisian visa (Tourism, Study, dll)
  4. Isi data pribadi seperti biasa, lanjut terus isi sampai step Upload
  5. Perhatikan di section upload ini ada yang "Required" dan "Recommended". Pastikan semua yang Required ada dokumen uploadnya (Passport, KTP, Foto, Itinerary, Employment, Family, Financial), termasuk Evidence of Previous Travel (scan semua halaman passport).
  6. Setelah selesai bisa klik tombol "Submit Application"
  7. Status akan berubah menjadi "Received" dan Anda akan mendapat email "IMMI Acknowledgement of Application Received"

Tidak perlu tiap hari track status di website karena Anda akan langsung di email jika status pengajuan sudah selesai, atau jika perlu dokumen tambahan. Kita akan menerima email PDF Visa Grant Notice (sebenarnya tidak perlu di print) jika aplikasi telah disetujui. Pengalaman saya mengajukan online visa ini selesai diproses dalam 2 hari kerja saja, mantap, tapi expect normal processing time 5-10 hari kerja.

Mau SIM Card Australia murah? Cuma 200 ribu untuk 15 hari. Kartu akan dikirim ke alamat rumah di Indonesia. Beli lewat Klook link ini. Gunakan kode kupon SWEETSAVING atau MOBILE10 khusus user baru klook.

Komentar

Artikel Terbaru Lainnya

Baca juga artikel dan tips wisata terbaru.

Tentang Javamilk

Cari artikel lama? Ada di Archives