Review Sofitel Hotel Guangzhou

Published on

Sebagai pemegang kartu Accor Plus, preferensi hotel saya memang mengutamakan menginap di hotel jaringan Accor dulu sebelum mencari hotel lain. Maklum lah, umur sudah tambah tua jadi mulai tidak suka kejutan-kejutan kalau nginap di hotel yang self-managed. Jadi umumnya saya stick ke chain Accor dan Starwood Hotels. Kesempatan ini saya review satu hotel dari Accor yang ada di Guangzhou.

Sofitel Guangzhou Sunrich terletak di distrik Tian He, area CBD nya Guangzhou yang penuh dengan gedung-gedung tinggi. Seperti Sofitel di kota lain, hotel bintang 5 ini memang menonjolkan luxury dan design hotel hybrid campuran French dan China.

Saya menginap 2 malam di sini, satu malam dengan complementary night voucher dari Accor Plus dan satu malam tambahan dengan rate 1jt-an, tidak terlalu mahal untuk brand Sofitel. Proses checkin dilayani di meja VIP, jadi saya juga ikutan duduk sambil menikmati segelas welcome drink. Tidak lama kunci kamar diserahkan dan meluncur ke atas pakai lift.

Room

Mari kita cek ke dalam kamar-nya. Kamar yang saya dapat adalah Superior room dengan King size bed beraksen merah di sana-sini dengan dekorasi modern. Ukuran kamar 38 sq.m terasa luas di sini, dan sangat tenang karena lantai dilapisi karpet.

Parisian accent room

Suasana sedikit berbeda saat malam tiba, diterangi lampu kamar saja, lukisan pyramid merah di Louvre Museum di atas ranjang warnanya semakin menonjol dan seolah hidup.

Seperti luxury hotel lainnya, menjelang malam kamar akan kembali dirapikan oleh housekeeping, jadi pulang malam pun kamar tetap rapi.

Kamar luas

Tersedia free mineral water di kamar, yang penting jangan buka botol air Evian aja :). Selection of chinese tea bag tersedia, maaf tidak saya foto karena udah dihabiskan saat masuk pertama kali.

Selection of liquor

Pengen punya dekorasi gini buat meja kerja di rumah hahaha.. Kursinya enak cuma sayangnya kaki kursi terbuat dari plastik.

Working Desk

Area kamar mandi bisa dicapai 2 arah, satu dari selasar dekat pintu masuk dan satu lagi dari sebelah ranjang. Dengan membuka pintu geser ini, terasa sangat lega baik kamar mandi mau pun kamar tidur.

Tersedia bathtub, standing shower, dan toilet secara terpisah. Amenities yang diberikan adalah merk Lanvin, yang wanginya cukup saya suka walaupun bentuk botolnya tidak terlalu istimewa.

Bathtub

Area Kamar Mandi

Perhatikan cermin di atas wastafel, ada TV kecil yang bisa dinyalakan jadi bisa berendam atau sikat gigi sambil nonton tv.

Location

Jika Anda naik taksi ke hotel ini, tunjukkan nama hotel dalam huruf kanji (广州圣丰索菲特酒店) karena semua driver rata-rata beda spelling English sama kita.

Hanya berjarak 1,5km dari Tianhe Parc Central, jadinya cukup nanggung naik taksi. Kita bisa naik BRT nomor 6 atau 12 (Bus Rapid Transit seperti Transjakarta) dari pusat interchange bus Tianhe Zhongxin(天河中心) yang sekaligus terkoneksi dengan mall di area tersebut ke Sofitel. Tapi rute BRT ini tidak berlaku sebaliknya. Kita harus menunggu bus di seberang jalan kalau mau naik bus ke arah Tianhe atau ke stasiun metro terdekat.

Lokasinya yang terletak di jalan besar sedikit menyulitkan kalau mau nunggu bus di sisi seberang, tapi sebenarnya pasar hotel ini kan bukan untuk turis naik bus kota kayak kita hahaha!

Summary

Overall layak lah hotel ini mendapat rating tertinggi, tidak ada yang bisa di-complain di sini. Spotless clean, comfortable, dan tentunya good value stay.