Tarif Internet Roaming Seharian dari XL di Singapore Malaysia

Published on

Marina Bay Sands

Kali ini saya ingin share tentang promo tarif Internet Roaming dari XL yang menurut saya murah. Jadi dengan latar belakang saya melakukan short trip ke Singapore, tepatnya cuma 24 jam. Beli kartu perdana di Singapore harganya $15 terlalu mubazir untuk keperluan saya.

Saat tiba di Singapore seperti biasa dapatlah SMS untuk mengaktifkan XL Pass dan Roaming Combo, serta nomor telepon Kedubes Indonesia. Eh, di SMS terakhir dapat tulisan seperti ini: "Promo Internet Rp 14,999 SEHARIAN di Starhub dan M1". Pertama saya kira ini cuma XL Pass yang dibagi jadi perhari sehingga tampak murah, tapi hitungannya tidak pas karena mestinya Rp50,000 per hari jika kita ambil paket terkecil yang 3 hari. Mulai saya coba browsing (pakai wifi hotel) mencari informasi perihal paket ini.

Jika perlu pemakaian hari lebih banyak sebaiknya beli sim card lokal saja. SGD 15 di Singapore (Singtel, M1, Starhub) untuk seminggu, 20-40 Ringgit di Malaysia (celcom, digi) untuk kuota 5-10 GB.

Promo yang diberi nama Tarif Internet Seharian ini kalau dicari gak ada di website XL, karena jualan utama mereka adalah XL Pass. Promo tarif ini cuma ketemu berupa press release bulan Agustus ke banyak media outlet seperti Kompas dan juga XL Forum. Disebutkan promo Internet Roaming ini hanya ada di 6 negara; Bangladesh (Robi), Kamboja (Smart), Malaysia (Celcom dan Digi), Nepal (Ncell), Singapore (M1 dan Starhub), dan Sri Lanka (Dialog). Juga kita tidak perlu membeli paket pula, tinggal pakai, asalkan punya saldo minimal Rp 50,000.

Wah, bagimana bisa percaya paket ini ada ya dan tidak sedot pulsa karena saya punya saldo ratusan ribu rupiah. Tapi karena memang butuh, akhirnya with a little of faith, saya switch on Cellular Data Roaming di smartphone saya, dan ...

sebelum saya aktifkan roaming switch ini, semua push email dan background refresh saya matikan jadi kalau pun akan kena charge, hanya app yg benar saya pakai: Google Maps dan Whatsapp.

... langsung notifikasi Whatsapp berdenting berkali-kali tanda Internet sudah aktif. Sebelum mencoba yang lain, saya cek pulsa di *123# dan benar saya dipotong saldo Rp 15,000. Coba lagi browsing2 ringan dan cek pulsa tetap sama, berarti aman nih!

Singkatnya pada hari itu saya bisa mengakses Internet lumayan kencang walaupun tidak saya test speed-nya, karena saya tetap yakin pasti ada FUP (baca: kuota) walaupun disebut Tarif Internet Seharian. Jadi hanya memakai Internet seperlunya; Google Maps untuk rute bus, messaging, dan sedikit browsing dan Instagram. At one point di siang hari tidak sengaja terpilih Mail App, jadi email2 saya yang baru beserta attachment kena tarik. Dan benar saja sore menjelang malam Internet sudah ngadat tanda sudah kena FUP, pertama Whatsapp masih bisa, tapi akhirnya silent. Untung saya sudah berada di perjalanan menuju Changi Airport jadi tidak terlalu khawatir.

So in summary, jika Anda perlu roaming Internet yang singkat 1-2 hari, lagi di Singapura atau Malaysia, dan hanya untuk pemakaian ringan, kini punya opsi untuk memakai XL Tarif Internet Roaming Seharian. Tidak ada informasi kapan promo ini berakhir, jadi just have a little faith seperti saya :)