Tarik Uang di ATM Bank Thailand

Published on

Kalau mau berangkat ke luar negri, biasanya sebelumnya orang sudah tukar mata uang negara tujuan di money changer Indonesia. Minimal untuk uang 'pangkal' awal, buat beli minum snack atau sekedar transportasi ke hotel. Untuk sekitar Asia, kebanyakan saya tarik di ATM negara setempat menggunakan kartu ATM tabungan, karena kurs konversi yang lumayan kompetitif sebanding dengan money changer.

Ini berlaku juga untuk negara Thailand, tarik uang di ATM Bank Thailand bisa dibilang malah lebih mudah dibanding tukar di money changer. Hanya saja gak tau sejak kapan, bank di Thailand mengenakan biaya tarik uang sebesar 220 Baht per sekali tarik untuk kartu atm negara lain, berarti hampir 100 ribu rupiah!

Kok bisa tahu? ATM Bank itu akan kasih informasi charge 220 baht saat kita mau narik uang sesaat sebelum uangnya keluar, cukup cancel maka transaksi tidak terjadi dan tidak ada biaya apa-apa. Saya sudah coba di ATM Siam Commercial Bank, Bangkok Bank, TMB, dan Krungthai. Keempat bank ini yang paling banyak terlihat ATM nya.

CIMB Thai ATM

Untunglah masih ada trik nya supaya tidak kena biaya ini, menggunakan ATM CIMB Thai.

Sebelumnya sudah pernah saya bahas sih di artikel ini, tapi baiknya saya bring up lagi menjadi artikel khusus ini. Jadi bagi nasabah bank CIMB Niaga Indonesia, jika pakai kartu ATM ini di ATM CIMB Thai selama di Thailand, tidak dikenakan biaya. Kurs yang dikenakan juga sangat kompetitif.

Persoalannya adalah mencari ATM CIMB Thai lumayan sulit. Sepertinya (baru dugaan saya) bank ini mengurangi atm nya. Dulu di Platinum Mall pernah tarik uang, di 2018 putar-putar mall ini tidak ketemu lagi. Di MBK Mall juga seingat saya pernah tarik ATM, kali ini datang juga tidak ketemu. Buka website nya CIMB Thai ATM Locator, lalu pergi ke SIAM Center, gak ketemu juga malah ketemunya Money Exchange milik CIMB Thai. Sampai pada kesimpulan kalau di search "CIMB Thai" di Google Maps tidak ada list nya berarti tidak ada lagi.

Setidaknya ada 2 tempat yang masih bisa saya confirm ada, sebenarnya masih banyak cuma saya mainnya hanya di sekitar Pathumwan (sekitar BTS Siam sampai Nana).

  • Kantor Cabang di 44 Langsuan Road, Lumpini (di seberang Hotel Muse MGallery)
  • ATM depan 7-Eleven, Soi Sukhumvit 13, tidak jauh dari exit BTS Nana.

Bagi yang belum pernah tarik ATM di luar negeri, sebenarnya jangan terlalu khawatir. Aman dan praktis kok, juga selalu ada pilihan bahasa Inggris di menu ATM. Cuma memang kalau bisa jangan hanya tergantung pada 1 kartu ATM saja, tetap harus ada backup ATM kartu bank lain.

Pernah lihat ada ATM UOB Thailand, tapi tidak saya coba karena tidak punya rekening UOB Indonesia. Mungkin Anda bisa coba jika punya.