Lokasi Rapid Test di Bandara Soekarno Hatta

Klook Kode Kupon Promo 2020

Memiliki ktp dan tiket saja tidak cukup untuk bisa berangkat di tahun 2020 ini. Anda perlu punya dokumen satu lagi yaitu surat bebas Covid-19. Dokumen ini dikeluarkan oleh klinik atau rumah sakit, biasa berlaku 14 hari untuk tujuan 'berangkat'.

Berkat berita mengunjungi Bali wajib melakukan rapid test, mendadak orang jadi heboh (atau panik) bagi yang sudah merencanakan liburan akhir tahun 2020 di pulau Bali.

Basically ada 3 jenis test yang disediakan oleh fasilitas medis Indonesia :

  • Rapid Test, ini yang paling murah, cuma ambil sample darah dari ujung jari kita untuk mendapatkan apakah kita mempunyai antibodi Covid-19. Akurasi paling 80% dan harganya dipatok pemerintah paling mahal 150.000. Hasil keluar dalam 5-10 menit.
  • Rapid Antigen Test, ini harganya bervariasi dan tidak semua menyediakan. Tarifnya 200-500K, hasilnya sekitar 30 menit. Cara ambilnya adalah dengan mengambil sample cairan dari hidung.
  • PCR, ini yang paling mahal tetapi diyakini paling akurat. Harganya hampir 1 juta, bahkan ada yang 1,5jt tergantung rumah sakit.

FYI menurut peraturan, yang naik pesawat ke Bali wajib PCR 2 hari sebelum keberangkatan. Sedangkan yang naik mobil (jalan darat) menyeberang lewat Ketapang, wajib ada hasil Rapid Antigen Test.

Bagi yang ingin berangkat lewat Soekarno Hatta, persiapkan surat PCR (Tidak bisa rapid test atau rapid antigen ya). Jadi jangan coba-coba datang ke bandara pada hari H tanpa test 1-2 hari sebelumnya.

Lokasi Rapid Test di Soewarna

Jika Anda pernah mencoba parkir inap di bandara, mungkin familiar dengan lokasi parkir yang dikelola oleh Soewarna (saya bahas parkir inap di artikel ini.) karena dia yang paling murah. Nah di lokasi sebelum lokasi parkir inap, tepatnya di sebelah SPBU Shell terdapat tempat untuk drive-thru test rapid dan antigen.

Anda duduk di dalam mobil sepanjang 'aksi' ini mulai dari bayar sampai terima hasil. Bawa motor juga bisa. Anda bisa juga beli voucher secara online sebelum tiba di lokasi (lewat Traveloka).

Sumber foto: traveloka.

Tarif Rapid Test adalah Rp 99,000 dan Rapid Antigen Test Rp 200,000.

Hasilnya akan keluar antara 15-30 menit.

Tapi ingat ya untuk ke Bali yang diperlukan adalah PCR, bukan Rapid Test.

Lokasi Rapid Test di Terminal 3 Bandara

Lokasi di Terminal 2 ada di terminal skytrain, jadi kira-kira di depan terminal 2E. Hanya ada Rapid Test di sini.

Lokasi di Terminal 3 ada di terminal domestik (ngakunya 24 jam), SMMILE Center. Tarif yang telah ditentukan adalah:

  • Rapid Test Rp 85,000 , hasil kurang dari 30 menit
  • Rapid Antigen Rp 385,000 , hasil kurang dari 30 menit
  • PCR Rp 885,000 (hasil baru keluar sehari berikutnya)
  • PCR Express (ID Now) Rp 1,385,000 hasil keluar 15 menit.
Airbnb

Follow @javamilk

Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama