Family

Doraemon Museum dan Cara Beli Tiketnya Di Jepang

  • Published on
Klook.com

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi bagi wisatawan jika ke Jepang adalah mengunjungi Doraemon Museum. Nama asli tempat ini adalah adalah Fujiko F Fujio Museum, sesuai dengan nama pencipta kisah robot kucing ini.

Fujiko-F-Fujio Museum

Museum Fujiko F Fujio dibangun sebagai penghargaan atas dedikasi dan karya maestro Fujiko dalam memperkenalkan imajinasi yang luar biasa bagi tua dan muda.

Lokasi museum ini sebenarnya bukan di Tokyo, tetapi di kota Kawasaki, bisa dicapai menggunakan kereta dari Stasiun Shinjuku-Tokyo sekitar 23 menit.

Beli Tiket Museum

Kalau berencana ke sini, kita harus reservasi dan beli tiketnya dulu. Tidak bisa go-show karena tidak ada loket tiket di museum ini.

Cara beli tiket museum Fujiko F Fujio adalah dengan beli di minimart Lawson yang tersebar di seluruh Jepang. Yah, Lawson yang tulisan dan logonya sama seperti yang beroperasi di Indonesia. Bisa dibeli beberapa jam sebelum ke sana, atau berhari-hari sebelumnya.

Spesifiknya, saat anda masuk ke Lawson, cari mesin yang biasa ada di dekat pintu, namanya Loppi.

Step by step pembelian tiket di mesin Loppi bisa Anda download di PDF ini, karena menunya dalam bahasa Jepang dan perlu menulis nama dalam bahasa kanji.

Jika Anda mengalami kesulitan, bisa minta tolong kasir Lawson untuk bantu beli, namun jika toko sedang sibuk belum tentu bisa dibantu.

Di mesin itu kita pilih tanggal dan slot jam datangnya (ada 4: jam 10 12 14 16).

Setelah selesai nanti keluar struk dari mesin, lalu bayar di kasir (cash or credit card bisa). Harga tiket museum adalah ¥1000 dewasa, anak 4-12 tahun ¥500.

Usahakan nanti tiba di lokasi sesuai dengan jam yang sudah kita pilih.

Cara Menuju Museum

Pertama Anda menuju ke Shinjuku station di Tokyo dulu, ibaratnya stasiun kereta besar antar kota. Lalu cari platform Odakyu Line.

Odakyu Line ini terpisah dengan JR Line dan Tokyo Subway, jadi jika Anda bingung navigasi di dalam Shinjuku, perhatikan papan petunjuk atau garis di lantai.

Anda bisa naik kereta express maupun local, sebenarnya kereta yang sama untuk menuju Odawara (destinasi Hakone, kaki Gunung Fuji), yang penting yang berhenti di Noborito station (bisa cek jadwal pakai Hyperdia). Bayar tiket kereta pakai Pasmo saja supaya simpel, cuma ¥250.

Odawara Line Platform

Begitu tiba di Noborito, jalan keluar stasiun ke arah halte bus. Nanti Anda akan menemukan sebuah halte khusus untuk bus shuttle ke Museum. Setiap 20-30 menit pasti shuttle bus ukuran medium akan lewat. Body bus bergambar Doraemon atau Per-Man, jadi gak bakal salah lihat. Tiket bus ¥200 yen bayar pakai IC Card (Pasmo/Suica).

Keluar Stasiun Noborito

Halte Bus dan Jadwal Shuttle ke Museum

Kalau mau coba jalan kaki, jangan turun di Noborito, tapi Mukougaoka Yuen, 1 stop setelah Noborito kalau pakai Odakyu Line. Jalan kaki sekitar 15 menit, jadi mungkin sekitar 1 km dari stasiun hehehe.

Shuttle Bus menuju Fujiko F Fujio Museum

Dekorasi dalam shuttle bus ini yang bikin tarif bus mahal. Misalkan bus gambar Doraemon yah gantungan tangan hingga tombol bel untuk bus stop juga gambar Doraemon.

Doraemon theme

Doraemon dan P-Man

Yang cukup mengejutkan saat masuk di museum ini adalah tidak boleh ambil foto di dalam gallery. Hanya bisa foto nanti di waiting room bioskop dan area outdoor. Whew jadi cuma bisa saya descripsikan saja di sini.

Jadi museum ini menceritakan hidup Fujiko F Fujio sebagai kartunis, dari tahun awal hingga tutup usia. Bagaimana isi meja kerja, alat gambar yang dipakai.

Sebagian karyanya yang menarik dipajang di dinding museum beserta kisah dibaliknya. Misalkan halaman pertama komik Doraemon, bagaimana munculnya robot kucing ini. Lalu ada 5 halaman kisah Standby me Doraemon di komik, di mana kisah perpisahan Doraemon dengan Nobita yang penuh haru.

Fujiko F Fujio Exhibition Room Sumber: http://fujiko-museum.com/english/

Selain Doraemon, sang maestro juga menghasilkan komik lain seperti Perman, Chimpui, Q-taro, dan Bakeru-kun.

In summary, bagus deh, wajib dikunjungi bagi penggemar komik apalagi Doraemon.

Jangan lewatkan juga pemutaran film di bioskop kecil. Setiap 1 jam ada pemutaran film durasi pendek, sayangnya dalam bahasa Jepang dan tanpa text. Pas saya dapatnya film Chimpui.

Theater

Di rooftop, ada exhibition outdoor, yan ini boleh foto sepuasnya. Ada object 'pintu ajaib', juga ada patung tokoh seperti Doraemon dan Giant.

Outdoor Sumber: http://fujiko-museum.com/english/

Takeshi Giant

Museum Cafe

Tentu sampai di sini yah harus cobain Dorayaki, kue kesukaan Doraemon menurut kisah di komik. Ada cafe yang menghadap outdoor, menyajikan snack Dorayaki serta kue lainnya.

Dorayaki dan Latte Art

Komentar

Artikel Terbaru Lainnya

Baca juga artikel dan tips wisata terbaru.

Tentang Javamilk

Cari artikel lama? Ada di Archives