City

In Town Checkin Hong Kong Airport Express

  • Published on

Saat Anda berwisata ke Hong Kong, pergi dan pulang dari Bandara HKIA opsi terbaik dan tercepat ya naik Airport Express Train.

Sudah tahu kalau di Hong Kong tersedia fasilitas city checkin? Fasilitas ini memungkinkan penumpang maskapai tertentu untuk melakukan checkin, drop bagasi, dan mendapatkan boarding pass, dalam kondisi badan masih berada di Central atau Kowloon Station. Setelah mendapatkan boarding pass, tangan sudah kosong dan masih bisa melanjutkan shopping atau travelling seharian hingga waktunya untuk menuju ke bandara.

Nah, sejak pandemi fasilitas gratis bagi penumpang Airport Express Train seperti in-town checkin ini ditiadakan karena kekurangan staff dan kurangnya frekuensi penerbangan. Juga fasilitas free shuttle bus ke hotel-hotel di Kowloon dan HK Island sampai sekarang belum diaktifkan kembali.

In Town Checkin

Kabar baiknya mulai 5 Juli 2023 lalu sudah dibuka kembali in-town checkin walaupun baru tersedia di Hong Kong Station (Central). Dan untuk saat ini baru melayani penumpang Cathay Pacific (atau yang codeshare dgn CX ini), beroperasi dari 6:00am hingga 3:00pm. Anda bisa melakukan checkin ini dari 24 jam sebelumnya hingga 90 menit sebelum jam keberangkatan pesawat.

Untuk Kowloon station masih belum bisa melayani in-town checkin hingga info lebih lanjut.

Dulunya in-town checkin melayani 60+ airlines seperti Qantas, Virgin Australia, Singapore Airlines, Scoot, Garuda Indonesia, dan tentu Cathay Pacific ditambah Hong Kong Airlines, dll.

Oh ya, fasilitas ini hanya berlaku kalau Anda membeli tiket kereta Airport Express ya. Anda bisa beli online atau direct menggunakan Octopus Card yang sama dipakai utk naik kereta MTR. Harga normal tiket kereta ini HKD 110 one-way, tapi bisa lebih murah kalau promo (misalkan tiket group of 4-orang harganya HKD 280).

Jadi prosedurnya kurang lebih seperti ini:

  1. Beli Tiket Airport Express (one-way jg bisa) di stasiun atau secara online.
  2. Datang ke Hong Kong Station (ini di daerah Central) dengan bagasi dan passport.
  3. Scan barcode tiket Airport Express atau tap kartu Octopus Anda untuk masuk ke area checkin.
  4. Cari counter airlines masing-masing.
  5. Lakukan proses checkin seperti biasa, hingga Anda mendapatkan boarding pass dari staff checkin.
  6. Keluar dari area checkin (tidak perlu tap kartu).

Selanjutnya Anda bebas mau kemana saja. Nantinya, amannya 2 jam sebelum schedule penerbangan, Anda sudah harus kembali ke stasiun Airport Express ini dan naik kereta untuk perjalanan 24 menit menuju HKIA.

Ingat, walau sudah city checkin dan pegang boarding pass, bandara HKIA itu besar dan kalo Anda apes dapat remote terminal perlu waktu 20 menit lebih jalan kaki dari imigrasi/security check hingga gate keberangkatan, biasa nomor gatenya besar; ada yang perlu naik internal airport train lagi, ada yang dikumpulkan di gate virtual lalu harus sambung naik bus (228–230, 511–513, 520–525).

At the end, walaupun harganya relatif lebih mahal dibanding Airport Bus, adanya fasilitas in-town checkin untuk arah balik dan free hotel shuttle untuk arah dari airport membuat opsi naik Airport Express menarik juga.

Salam jalan-jalan!

Jangat lewatkan: Wisatawan bisa dapat voucher 100 HKD saat ke HK

Komentar

Artikel Terbaru Lainnya

Baca juga artikel dan tips wisata terbaru.

Tentang Javamilk

Cari artikel lama? Ada di Archives