Hotel Review: Tentrem Hotel Yogyakarta

Klook Kode Kupon 2019

Kali ini Javamilk akan memulai review Tentrem Hotel di Jogja, sebuah hotel berbintang 5 yang baru dibuka di kota gudeg, dari aspek yang tidak lazim: fasilitas sauna dan whirlpool nya.

[

Saya suggest untuk memakai fasilitas sauna dan whirpool ini karena tempatnya tergolong besar, tentunya nyaman, dan tidak ramai. Waktu itu saya cuma berendam sendirian di kolam air panas sampai puas. Pas untuk melepas penat setelah nyetir seharian ke Borobudur...

Ruang sauna dan kolam air panas terletak di lantai dasar, tepatnya jadi satu dengan fitness centre (yg cukup lengkap dan besar juga). Ruang pria dan wanita terpisah, jadi saya berikan hanya sisi ruang pria saja :)

[

Tentrem Hotel terletak di Jalan Sangaji, sebelah utara lagi dari Tugu Yogyakarta. Dengan jumlah lantai mencapai 8, jumlah kamarnya mungkin mencapai 300. Dari luar gedung hotel tampak modern dan megah, namun style interior-nya bercorak Jawa. Lobby-nya juga luas dan berkesan lega, tentu begitu sampai di hotel ini kita merasa nyaman.

[

[

Nah, guest roomnya ini tergolong luas, sampai istri saya bilang anak-anak bisa main sepeda di dalam kamar hahaha..  Kebetulan dapat kamar tipe Premier seperti saya 'sedikit' lebih besar, serta mendapat balkon.

[

[

Kamar mandi seperti yang kita expect dari hotel bintang 5: ada bathtub dan standing shower terpisah, amenities lengkap hingga shaving dan sewing kit. Yang saya suka adalah power rain showernya (coba juga mandi di fitness centre bawah, airnya lebih kuencengg).

[

[

Koridor kamar juga terasa nyaman.. dan AC nya brrr dingin.

[

Jika ingin menuju Malioboro, tidak jauh dari hotel ini ada halte Trans Jogja jalur 2A. Namun untuk keperluan mobilitas, saya sewa mobil di Jojga, dengan tarif Rp 300,000 per 24 jam (tanpa sopir), mobil city car matic.

Tapi tinggal di hotel begini tentu fasilitasnya harus dimanfaatkan dengan maksimal. Sarapan disajikan model buffet di dining hall yang besar (bayangkan seperti Satoo di Shangri-la Hotel).

[

[

Bagi yang mau coba gudeg, breakfast juga disediakan gudeg (alternate day gantian dengan pecel), yang menurut saya lumayan enak juga.

[

[

Breakfast dari jam 6.30-10.00 ini cenderung ramai dan kadang perlu menunggu sesaat untuk mendapatkan meja makan. Jadi either datang pagi-pagi sekali atau telat sekalian.

Jika malas keluar makan siang atau malam, ada restoran Grand Duck King di samping kolam renang, yup.. that same Duck King.

Bagi yang bawa anak, tersedia kids club yang menurut saya huge untuk ukuran hotel. Bisa tahan berjam-jam deh anaknya tidak mau keluar.

Selain itu kolamnya juga cukup asyik, baik kolam anak maupun kolam dewasa.

[

[

Semua petugas melayani dengan ramah, mulai dari front desk, concierge, hingga kids club staff. Kebersihan kamar juga tergolong cukup baik.

Seperti biasa, sekalian saya share satu lokasi makan di luar hotel. Malam-malam mau cari makan apa? Untuk western food, cobalah menuju Aglioo! di Jalan Prawirotaman (Italian cuisine) untuk menjajal pizza yang dipanggang dalam tungku kayu bakar, atau menu ayam goreng yang bikin kebayang-bayang: Ayam Goreng Tojoyo 3 (Jalan Urip Sumoharjo). Fotonya tidak justify karena seperti ayam goreng biasa, namun rasa bumbunya meresap hingga ke dalam. (Tips: makan 1 potong tidak akan cukup).

[

Kembali ke Tentrem Hotel, beberapa notes yang saya bisa share:

  • Housekeeping akan datang 2x, pagi untuk pekerjaan seperti biasa dan malam untuk merapikan bed. Nah, sepertinya belum standar untuk beres-beres pagi (mungkin karena baru opening), ada perasaan yang mengerjakan kamar saya (stay 3 malam) orangnya beda-beda dan kerapihan di kamar mandi beda-beda.
  • Lantai kamar sebagian marmer yang tidak ditutup karpet. Jika lantai atas kamar kita ada tamu juga dan geser-geser kursi, muncullah bunyi di malam-malam.

Overall, tinggal di hotel dan kamar seperti ini tentu nyaman and mengasyikkan. Harganya juga sebanding dengan kualitas dan pelayanan yang didapat. At the end, sepertinya saya tetap prefer Phoenix Hotel untuk stay di Yogyakarta, walaupun hanya bintang 4 namun suasana dan pelayanannya ngangenin..

Airbnb
Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama