Review: Sunway Hotel Penang

Published on

Sunway Hotel adalah hotel keempat yang pernah saya pakai menginap saat liburan ke Penang. Setelah TuneHotel Downtown Penang, FourPoints by Sheraton, dan HolidayInn di Batu Ferringhi, kini saatnya kita bahas hotel yang ada di pusat kota Georgetown.

Terletak di New Lane, sodetan di Macalister Road, sekitar 300 meter dari KOMTAR Penang, bisa dibilang hotel berbintang empat ini cukup strategis ke mana-mana, bahkan dengan berjalan kaki bisa mengelilingi pusat kota Georgetown.

Proses checkin saya tergolong cukup lama (antrinya), tapi no big deal. Staff checkin bekerja professional dan saat giliran saya tiba ia juga tidak kaget saya sedang checkin untuk 12 kamar, yup lagi bawa rombongan kali ini :) Oh ya, mulai tahun 2015 dikenakan city tax sebesar RM 3 per kamar per malam, yang mana angka ini di-charge saat kita checkin/checkout, tidak di-charge saat kita book online misalnya lewat Agoda atau pun website mereka sendiri.

Kamar yang saya dapat adalah tipe double, ukuran queen, jadi cukup lega untuk berdua, atau muat berempat ala keluarga Indonesia, hehehe. Ukuran kamar juga lega, dengan design modern, dan juga berlantai karpet yang nyaman dan bikin kedap suara.

Kamar ukuran cukup besar

Modern design

Kelengkapan standar bintang 4 tersedia di sini mulai dari working desk, sofa dan coffee table, televisi LCD besar dengan channel International, hingga deposit box dan mini bar. Wifi yang diberikan gratis tergolong cukup stabil dan kencang, jadi urusan eksis bisa tetap dipertahankan.

Working Desk

Kamar mandi berupa standing shower yang dengan pancuran yang kencang, bikin badan segar setelah lelah naik pesawat AirAsia hampir 3 jam dari Jakarta. Pas badan sudah basah, ternyata apes kamar mandi saya tidak diberi botol shampoo dan shower gel, sepertinya housekeeping-nya lupa satu barang checklist ini.

Satu lagi point yang menurut saya agak kurang dari hotel ini adalah jumlah lift yang cuma 3 untuk melayani belasan lantai, jadi perlu extra waktu untuk menunggu.

Malam hari di jalan depan hotel adalah kawasan makanan, jadi pas buat yang suka ngemil besar. Mulai dari curry mie, fried oyster, hingga kuliner khas yaitu Penang Char Kway Teow. Jalan lebih jauh lagi bisa menyusuri Macalister Road bakal ketemu makanan yang sedap, termasuk duren! Jadinya saya tidak ambil paket breakfast di hotel, mending makan pagi di luar deh kalau di Penang.

Tersedia juga kolam renang dan fitness centre, tapi tidak saya coba karena full jalan-jalan :)

Kolam Renang dan view ke kota Penang

Secara overall tinggal di hotel ini sangat nyaman dan recommended bagi yang ingin explore pusat kota Georgetown di Pulau Penang. Jika tertarik silakan booking di website Sunway Hotel, atau coba compare dengan rate di Agoda.