Selamat Tahun Baru 2017

Published on

Well, ini saat yang tepat untuk menulis postmortem: di penghujung tahun 2016 dan melakukan kilas balik apa yang sudah saya lakukan setahun belakangan ini. Sebenarnya ini lebih sebagai catatan buat saya sendiri, tetapi mungkin juga bermanfaat bagi pembaca.

foto di atas EuroMast Rotterdam

Tentang Travel Blog ini

Terakhir saya tulis catatan akhir tahun ternyata di akhir tahun 2013! Di saat itu saya masih nge-blog menggunakan Wordpress. Di tahun 2015 blog ini sudah dibangun dengan Pelican, sekaligus berarti theme yang saya pakai ini umurnya sudah hampir 2 tahun.

Tidak banyak perubahan selama setahun terakhir ini dari sisi tampilan, juga jumlah artikel yang saya publish. Sebulan kira-kira 4 artikel/page, dan ini rasanya sudah mentok. Selain karena kurang waktu, memang artikel yang saya tulis biasanya 'agak' panjang, jadi membutuhkan fokus dan waktu yang cukup susah dikumpulkan.

Target 2017 adalah melakukan update halaman Panduan Jalan Hemat ke Eropa, sudah lama sekali tidak saya update, terutama foto-fotonya masih di-upload resolusi rendah sesuai jamannya saat itu (ditulis di tahun 2008-2009!).

95% foto yang ada di blog ini di-serve menggunakan teknologi CDN (Content Delivery Network) yang serving-cost nya lumayan. Baru bulan lalu saya switch ke KeyCDN, dari sebelumnya Amazon CloudFront setelah biayanya membengkak. Lumayan bisa saving cost hingga 60%. FYI, CDN itu adalah teknologi yg memungkinkan kita load gambar atau video youtube dengan cepat padahal server aslinya ada di US jauh sono.

Secara revenue, booking Agoda merosot drastis, bersamaan dengan booming-nya travel booking platform di Indonesia: Traveloka, Wego, Tiket, dll. Untungnya penghasilan dari Google Adsense malah meningkat, jadinya operasional travel blog ini belum nombok hehehe.

Secara statistic, jumlah session meningkat menjadi sekitar 16,000/week. Pengunjung meningkat dari 36,000 per bulan di awal tahun menjadi 52,000 di akhir tahun ini, dengan total 1,2juta pageview sepanjang tahun 2016. Peningkatan yang cukup impresif walaupun saya merasa masih bisa ditingkatkan lagi.

Perjalanan saya

Saya coba ubek-ubek Kayak trips saya, ternyata fitur travel badge (semacam statistic) sudah tidak ada lagi. Padahal semua data travelling saya paling akurat ada di Kayak dibanding di TripIt.com. So saya coba tulis data dari TripIt.

49 travel day di tahun ini (weekend staycation juga dihitung), 56rb Km travel distance dan mengunjungi 11 negara dan 23 kota. Well, sepertinya ini tahun tersibuk dibanding beberapa tahun terakhir.

Highlight saya tahun ini adalah mengunjungi Jepang bersama keluarga di summer 2016.

Furano Lavender Farm

Sukses di tanjakan di kelok 44 dan kelok 9 di Padang...

Selesai gowes di Kelok 9 - Payakumbuh

Juga syukur bisa arrange JalanEropa private tour ziarah dengan baik. 16 hari perjalanan, melewati 9 holy doors (pas di Tahun Kerahiman), dan tentu naik kereta di Eropa sampai puas.

Untuk Anda

Semoga artikel2 yang saya tulis bermanfaat untuk Anda, membantu Anda merencanakan perjalanan, atau sekedar memberikan inspirasi atau ide untuk travelling.

Maaf jika ada komentar yang tidak sempat saya balas atau artikel yang Anda tunggu2 tapi belum juga saya publish, semoga 2017 utang artikel saya lunas semua :)

Buon Anno! Happy New Year!