Itinerary Daytrip ke Singapore

Published on

Berlibur ke Singapore bisa dilakukan dengan daytrip. Artinya pergi pagi dan pulang malam. Biasa dilakukan orang untuk keperluan business meeting, namun sebenarnya bisa dilakukan untuk tujuan travelling. Mungkin ingin lepas dari kesibukan sehari-hari, atau ngidam makanan seperti laksa, ambillah cuti 1 hari. Karena begitu banyaknya airlines dan jadwal yang ditawarkan, dijamin kita bisa melakukan daytrip semacam ini.

Artikel ini adalah penyegaran dari artikel sebelumnya juga tentang Daytrip ke Singapura.

Jangan membuat rencana ambisius jika memilih berlibur ala daytrip. Jika sudah familiar dengan Singapore mungkin akan lebih mudah melakukan daytrip, tapi kalau baru pertama kali mungkin harus lebih konservatif dalam menentukan lokasi. Saya sarankan daytrip hanya untuk yang sudah pernah ke sana, atau yang cuma ingin escape sejenak, menikmati suasana lain dan juga kulinernya.

Saya coba jelaskan itinerary perjalanan 'standard' kalau mau daytrip ya. Oh ya untuk hemat ongkos pertimbangkan parkir mobil inap di Bandara Soekarno-Hatta.

Beli penerbangan yang paling pagi, di 2018 adalah pesawat Lion Air (yeah I know), berangkat 06:15 tiba 09:00. Opsi lain adalah AirAsia yang tiba 09:50. Pulangnya bisa ambil pesawat paling malam; Batik Air berangkat 22:00 dari Changi, atau Lion 21:20 (dan berharap delay jadi bisa tambah lama di Changi). Total cost penerbangan pp ini jika beli jauh2 hari adalah 1 juta rupiah kurang.

Tiba dan lewat dari imigrasi sudah hampir jam 10 pagi, naik MRT menuju pusat kota. Bagaimana kalau mau berfoto dulu dengan background Marina Bay Sands? Turun di MRT City Hall atau Esplanade.

Marina Bay Sands dengan double-helix bridge

Lanjut ke Chinatown (MRT Chinatown), Anda bisa membeli souvernir kecil sambil melihat arsitektur rumah yang masih terjaga, lalu jalan ke arah Maxwell Food Centre, saatnya makan siang. Bisa pilih nasi lemak sampai Hainamese Chicken Rice asal perut kuat nampung.

Berikutnya bisa naik MRT sampai Bayfront, siapkan kaki untuk jalan ke Garden By The Bay, foto di pohon raksasa yang iconic ini.

Menjelang jam 3-4 saatnya menuju Bugis MRT, di sini bisa menghabiskan waktu di Bugis shopping street, atau foto-foto di tempat yang lagi happening di Arab Street / Haji Lane. Daytrip bukan berarti jalan tanpa istirahat juga. Jika kaki mulai pegal, saatnya cari tempat makan untuk sekalian beristirahat. Kedai seperti McD, Ya Kun Toast, atau Toastbox bisa menjadi tempat istirahat sambil minum (dan charge smartphone).

Sore saatnya menuju tempat shopping yang katanya dipenuhi orang Indonesia tajir: Orchard Road. Tergantung dompet dan incaran, Anda bisa menghabiskan waktu 2-3 jam jika ingin masuk ke mall seperti Takashimaya, ION Orchard, Tangs, dan 313 Somerset.

Tempat wisata yang dijelaskan di atas saya sajikan dalam satu buah peta.

Pulang

Jangan lupa sebelumnya untuk web checkin untuk flight pulang jika memungkinkan. Jam 7.30 Anda sudah harus berada di dalam kereta MRT menuju Changi Airport. Saat peak hour seperti ini, kemungkinan besar adalah berdiri di dalam kereta MRT hingga Tanah Merah, baru bisa dapat duduk di kereta sambungan ke Changi Airport.

Tiba kembali di Soekarno-Hatta, tinggal ambil mobil yang di parkir tadi pagi.

Dan besok muncul di kantor dan kembali kerja seperti biasa... recharged!