Selamat Tahun Baru 2021

Klook Kode Kupon Promo 2020

Well, mendekati akhir tahun 2020 ini saat yang tepat untuk menulis lagi postmortem: melakukan kilas balik apa yang sudah saya lakukan setahun belakangan ini. Sebenarnya ini lebih sebagai catatan buat saya sendiri, tetapi mungkin juga bermanfaat bagi pembaca.

Kegon Waterfall

Tentang Travel Blog ini

Catatan akhir tahun tidak rutin saya buat, adanya akhir tahun 2013 dan akhir tahun 2016, well berdasarkan cocoklogi mestinya 2019 nulis juga, eh molor ke 2020.

Tidak banyak perubahan selama setahun terakhir ini dari sisi tampilan, artikel juga tidak banyak yang nambah. Untuk page travel guide saya melengkapi halaman Australia, page baru tentang Gala Yuzawa di Jepang, dan wisata ke Guangzhou.

Dengan adanya pandemi Covid-19 ini, otomatis semua kegiatan traveling berhenti. Visitor javamilk juga hilang 80% dari normalnya. Ya siapa yang masih mikirin jalan-jalan di saat seperti ini. Namun saya masih melihat ada yang planning untuk wisata tahun 2021, sesuatu yang bagus dan optimis.

Secara revenue, tahun ini kategorinya adalah nol. Ya, beneran booking agoda dan klook affiliate saya otomatis di cancel semua, bahkan saldo saya minus di klook.

Perjalanan saya

Tahun 2020 bisa dibilang grounded. Perjalanan ke luar negeri saya terakhir adalah Desember 2019. Sedangkan awal 2020 melakukan perjalanan domestik singkat, lebih urusan pribadi/bisnis bukan jalan-jalan.

Rencana ke Bangkok, trip ke Eropa, dan Korea semua batal. Untung tiket berhasil di refund (setelah berusaha sekian lama), kecuali tiket AirAsia yang menjadi kredit shell.

Karena saya ada travel insurance dari AXA, ada satu tiket yang bisa saya klaim asuransi flight cancellation. Lumayan loh 6jt-an (seharga nilai tiketnya) uang asuransi cair. Sepertinya hanya AXA Insurance yang bisa cover travel disruption di saat pandemi Covid. Jadi kalau saya boleh recommend, untuk mempunyai annual travel insurance, untuk ketenangan jiwa jika kita perlu medical treatment atau flight disruption yang tak terduga.

Pandemi yang kita kira cuma 3-4 bulan ternyata Desember ini sudah bulan ke-9 belum terlihat akan berakhir, hanya terlihat jarum vaksinnya saja.

Untuk Anda

Walaupun terlihat WFH bisa melakukan banyak hal, ternyata tetap menulis artikel di javamilk tidak lebih banyak frekuensinya. Cita-cita menulis ulang panduan jalan ke Eropa tetap menjadi cita-cita, hiks.

Semoga artikel2 yang saya tulis bermanfaat untuk Anda, membantu Anda merencanakan perjalanan, atau sekedar memberikan inspirasi atau ide untuk travelling.

Maaf jika ada komentar yang tidak sempat saya balas atau artikel yang Anda tunggu2 tapi belum juga saya publish. Terakhir seperti kata mutiara, semoga tahun depan lebih baik!

Buon Anno! Happy New Year!

Airbnb

Follow @javamilk

Komentar

Panduan Wisata

Cari Artikel Lama